• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

NDT Radioactive Meningkatkan Produktivitas dan Keselamatan

Selasa, 23 April 2024

Saat sekarang ini, dengan banyaknya teknologi yang dapat diciptakan dan di pakai, berbagai hal bisa dilakukan, namun untuk hal itu tentang produksi  dan keselamatan pasti diutamakan.


Bagaimanapun keselamatan adalah hal utama yang perlu dipertimbangkan untuk melakukan berbagai aktifitas, agar kegiatan yang dilakukan tersebut sesuai dengan yang diinginkan, dan produksi yang dihasilkan aman untuk digunakan.

 
NDT merupakan alat yang pas untuk masalah produktivitas dan keselamatan, karena NDT (Non- Destructive Test) adalah  suatu metode atau teknik untuk memeriksa kualitas produk, tanpa mengganggu kinerja produk tersebut.

 

Dengan NDT maka produk yang tidak memenuhi standar kualitas dapat diketahui, seperti dimensi tidak sesuai, adanya retak, gangguan yang tidak terduga, dan sebagainya.

 
Dari berbagai sektor industri, NDT telah banyak digunakan sebagai peningkat kualitas produk, mulai dari industri makanan bahkan sampai ke industri penerbangan. Hal ini sangat diperlukan karena metode utama dari NDT ini yang tidak merusak  yang biasa dinamakan dalam bahasa kita UTR (Uji Tak Rusak).


NDT Radioactive merupakan salah satu metode dalam NDT, selain dari metode Ultrasonics dan Eddy Current Inspection. NDT Radioactive menggunakan sinar-X untuk mendapatkan gambaran dalam material.


Walaupun untuk  benda tebal sekalipun tidak akan mempengaruhi pengujian. Radiasi yang digunakan dalam pengujian radiografi adalah energi yang lebih tinggi (panjang gelombang lebih pendek. Radiasi dapat berasal dari generator X-ray atau sumber radioaktif.

 

Penggunaan NDT radioactive ini biasa digunakan untuk rincian perakitan yang menjamin kualitas yang optimal dalam pengujian yang akan dilakukan. Dan juga dapat digunakan untuk menjamin aman atau tidaknya produksi yang dihasilkan untuk dipakai atau dikonsumsi.

 

Selain itu juga meningkatkan keselamatan operasi instalasi diseluruh sektor industri. Pemeriksaan kualitas suatu produk sangat tepat jika NDT radioactive yang digunakan, karena keselamatan dari pengguna produk tersebut bergantung dari produk yang dipakai.

 

Kualitas baik dan amannya produk dapat di deteksi dengan NDT radioactive tanpa merusak komponen atau bagian – bagian lain dalam produk, hanya mendeteksi kekurangan produk tersebut, sehingga baik atau tidaknya produk untuk dipasarkan dapat dideteksi dengan aman.

 
Setiap industri selain menjamin kualitas produk pasti akan memikirkan keselamatan pemakai, dan yang teramat penting sekali keselamatan dalam operasi setiap sektor industri. Maka dari itu banyak industri – industri yang menggunakan NDT sebagai pendeteksi.


Tidak hanya industri, dalam bidang penerbangan pada pemeriksaan barang di bandara juga menggunakan sinar-X sebagai pendeteksi tiap-tiap barang penumpang tanpa terkecuali. Demi alasan keamanan bersama.


Cara ini merupakan sistem deteksi yang mampu melihat secara jelas benda-benda yang melewati tanpa harus membongkarnya dengan sistem non-destructive test.

 

Sistem ini di yakini mampu mencegah benda-benda berbahaya masuk dan sekaligus menjaga privacy pelanggan.

 

(mila/thc)





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji