• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914

  • 0813 1066 1358

What is Uji Kelistrikan???

Selasa, 30 Mei 2017

Seiring dengan kemajuan teknologi , kebutuhan akan listrik terus meningkat. Bayangkan !! Berapa banyak peralatan rumah tangga yang memerlukan energi listrik seperti TV, radio, microwave, kulkas, kompor listrik dan masih banyak lagi. Masing-masing mengubah energi listrik menjadi energi bentuk lain, misalnya energi cahaya, energi kinetik, energi bunyi, atau energi panas. Karena kebutuhan akan listrik yang sangat besar, perlu diketahui seberapa efisienkah alat yang digunakan dan apakah penggunaannya optimal ?!? Maka diperlukan pengujian untuk melihat kualitas dari listrik yang kita konsumsi mulai dari tegangan listrik, arus listrik, hambatan listrik, kualitas daya, faktor daya, dll. Nah sebelumnya kita harus mengetahui apa itu listrik sendiri.

 

Apa itu LISTRIK ???

Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya perpindahan muatan listrik positif (proton)  ke muatan negatif (elektron) karena adanya beda potensial yang kemudian menghasilkan arus listrik.

 

Gambar 1  Pepindahan muatan listrik

Komponen-komponen yang dihitung dari listrik, yaitu :

1.   Arus Listrik

Arus merupakan aliran  muatan listrik terhadap waktu. Selama muatan tersebut bergerak maka akan muncul arus tetapi ketika muatan tersebut diam maka arus pun akan hilang. Dalam teori rangkaian listrik, arus merupakan pergerakan muatan listrik positif. Ketika terjadi beda potensial disuatu elemen atau komponen maka akan muncul arus dimana arah arus positif mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah dan arah arus negatif mengalir sebaliknya.

Lebih ringkasnya arus listrik merupakan gerakan kelompok partikel bermuatan listrik dalam arah tertentu.  Arah arus listrik yang mengalir dalam suatu konduktor adalah dari potensial tinggi ke potensial rendah (berlawanan arah dengan gerak elektron). Satuannya arus adalah Ampere (A).

Dimana,

I           = Arus Listrik (Ampere)

Q         = Muatan listrik (Coloumb)

t           = Waktu (sekon)

Macam-macam arus :


a.       Arus searah (Direct Current/DC)

Merupakan arus yang mempunyai nilai tetap atau konstan terhadap satuan waktu, artinya dimana pun kita meninjau arus tersebut pada waktu berbeda akan mendapatkan nilai yang sama.

 

Gambar 2 Grafik arus terhadap waktu

 

b. Arus bolak-balik (Alternating Current/AC) 

Merupakan arus yang mempunyai nilai yang berubah terhadap satuan waktu dengan karakteristik yang akan selalu berulang untuk perioda waktu tertentu (T)

 

Gambar 3 Grafik arus terhadap waktu

 

2.  Tegangan Listrik


Akan mudah menganalogikan aliran listrik dengan aliran air. Misalnya kita mempunyai 2 tabung yang dihubungkan dengan pipa seperti pada gambar 4. Jika kedua tabung ditaruh di atas meja maka permukaan air pada kedua tabung akan sama dan dalam hal ini tidak ada aliran air dalam pipa. Jika salah satu tabung diangkat maka dengan sendirinya air akan mengalir dari tabung tersebut ke tabung yang lebih rendah. Makin tinggi tabung diangkat makin deras aliran air yang melalui pipa

 

Gambar 4 Aliran air pada bejana berhubungan

Terjadinya aliran tersebut dapat dipahami dengan konsep energi potensial. Tingginya tabung menunjukkan besarnya energi potensial yang dimiliki. Yang paling penting dalam hal ini adalah perbedaan tinggi kedua tabung yang sekaligus menentukan besarnya perbedaan potensial. Jadi semakin besar perbedaan potensialnya semakin deras aliran air dalam pipa.

Konsep yang sama akan berlaku untuk aliran elektron pada suatu penghantar. Yang menentukan seberapa besar arus yang mengalir adalah besarnya beda potensial (dinyatakan dengan satuan volt). Jadi untuk sebuah konduktor semakin besar beda potensial akan semakin besar pula arus yang mengalir. Arah aliran listrik karena adanya beda potensial digambarkan pada gambar 5

Gambar 5 Aliran tegangan pada suatu rangkaian listrik tertutup 

 

Untuk menentukan besarnya tegangan elektrik maka dirumuskan dengan,

 

 

 

 

 

 

di mana V= tegangan(Volt), I = arus listrik(Ampere) dan R = Hambatan listrik (Ohm)

 

3. Hambatan listrik 

Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor) dengan arus listrik yang melewatinya. Hambatan listrik yang mempunyai satuan Ohm dapat dirumuskan sebagai berikut:

di mana V= tegangan(Volt), I = arus listrik(Ampere) dan R = Hambatan listrik (Ohm)

 

  

4.  Daya listrik

           Daya listrik didefinisikan sebagai laju hantaran energi listrik dalam rangkaian listrik yang mengalir setiap satuan waktu (detik). Satuan daya listrik adalah Watt.

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

   

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Listrik

http://id.wikipedia.org/wiki/Daya_listrik

http://id.wikipedia.org/wiki/Arus_listrik

http://id.wikipedia.org/wiki/Tegangan_listrik

http://id.wikipedia.org/wiki/Muatan_listrik

http://id.wikipedia.org/wiki/Hambatan_listrik

http://dunia-listrik.blogspot.com/2010/03/kualitas-daya-listrik-power-quality.html

http://konversi.wordpress.com/2010/05/05/memahami-faktor-daya/

http://en.wikipedia.org/wiki/Electric_current

a.       Arus bolak-balik (Alternating Current/AC) 

Merupakan arus yang mempunyai nilai yang berubah terhadap satuan waktu dengan karakteristik yang akan selalu berulang untuk perioda waktu tertentu (T).



 





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)