• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Seberapa Efektifkah Holiday Test Menggunakan Holiday Detector?

Sabtu, 20 April 2024

Sebagian orang masih asing mendengar kata “Holiday Test”. Apa yang dimaksud dengan holiday test dan apa saja kegunaaan holiday test?.


Holiday test merupakan sistem pengujian yang digunakan untuk mengetahui adakah lubang-lubang kecil atau pinhole pada suatu material. Material yang dimaksud adalah material yang telah dilakukan pengelasan dan coating pada materialnya. Mengingat pada las-lasan material ada penguatan lapisan yang mana permukaannya tidak rata maka untuk memastikan coating pada las-lasan material tersebut sudah sempurna maka dilakukan Holiday test tersebut  untuk mengetahui apakah coating tersebut telah menutupi semua lapisan material atau tidak.


Holiday test ini biasanya dilakukan mengingat biasanya pada proses coating pada las lasan material sering ditemukan lapisan yang tidak tertutupi sehingga dikategorikan cacat dan harus direpair kembali. Karena jika tidak dilakukan holiday test akan mengakibatkan kebocoran pada material tersebut. Material-material tersebut seperti pipa baja, pipa beton, tangki minyak dan lain-lain.


Pengujian holiday test pada material tersebut dapat menggunakan alat holiday detector. Holiday detector adalah merupakan alat pengujian untuk pengukuran atau inspeksi lubang kecil atau crack, yang juga dikenal sebagai pendeteksi porositas, pengujian crack, percikan tester, tester atau jeeper jip. Holiday detector bekerja pada deteksi non-destruktif atau uji tak rusak dan lokasi lubang kecil, tempat kosong atau titik tipis pada lapisan pelindung yang diterapkan untuk perlindungan korosi dari logam atau beton permukaan.


Prinsip Holiday detector mengalirkan arus energi listrik pada material yg telah di coating baik baru atau lama dimana alat tersebut akan berbunyi atau memberi sinyal apabila ada lubang kecil atau pinhole  pada coating ( baik baru atau lama ) untuk coating baru biasanya berupa bubble atau porositas . Untuk coating yang lama biasanya terdapat regangan antara coating dengan logamnya. Holiday detector akan menerangkan untuk aplikasi berapa KV voltase yang di aplikasikan untuk ketebalan coating tertentu .


Holiday test dengan menggunakan holiday detector ini dilakukan pada pipeline yg sudah di coating tujuannya adalah untuk maintenance dari coating tersebut bila ada yg rusak maka akan dilakukan perbaikan pada coating yg rusak tersebut sehingga sangat efektif untuk menghindari kebocoran pada material tersebut. Holiday detector cocok untuk operasi produksi pelapisan pipa, tangki dan struktur kerja.  




Produk Terkait dengan artikel Seberapa Efektifkah Holiday Test Menggunakan Holiday Detector?


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji