• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Rockwell Hardness Tester (Solusi Pengukuran kekerasan Material)

Jum'at, 19 April 2024

Rockwell Hardness Tester adalah metode umum untuk mengukur kekerasan massal dari logam dan polimer bahan. Meskipun pengujian kekerasan tidak memberikan pengukuran langsung dari setiap sifat kinerja, kekerasan bahan berkorelasi langsung dengan kekuatan, ketahanan aus, dan properti lainnya. pengujian kekerasan secara luas digunakan untuk bahan evaluasi karena kesederhanaan dan biaya rendah dibandingkan dengan pengukuran langsung dari banyak properti.  

 

Secara khusus, grafik konversi dari Rockwell Hardness Tester kekuatan tarik yang tersedia untuk beberapa paduan struktural, termasuk baja dan aluminiumRockwell Hardness Tester adalah metode pengujian lekukan. indentor adalah salah berlian berbentuk kerucut (brale) atau bola baja keras. Berbeda indentor bola diameter dari 1/16 ke 1/2 di. Yang digunakan tergantung pada skala pengujian. Untuk memulai pengujian, indentor yang "mengatur" dalam sampel pada beban ringan yang ditentukan. Sebuah beban besar kemudian diterapkan dan ditahan untuk jangka waktu yang ditetapkan.  

 

Gaya pada indentor ini kemudian menurun kembali ke beban ringan. Jumlah kekerasan Rockwell dihitung dari kedalaman deformasi permanen dari indentor ke sampel, yaitu perbedaan dalam posisi indentor sebelum dan sesudah penerapan beban utama. Beban kecil dan besar dapat diterapkan menggunakan bobot mati atau mata air. Posisi indentor diukur menggunakan dial indicator analog atau perangkat elektronik dengan pembacaan digital. Berbagai jenis indentor dikombinasikan dengan berbagai beban uji membentuk matriks skala kekerasan Rockwell yang berlaku untuk berbagai macam bahan.  

 

Setiap skala kekerasan Rockwell diidentifikasi oleh surat penunjukan menunjukkan jenis indentor dan beban besar dan kecil yang digunakan untuk ujian. Jumlah kekerasan Rockwell dinyatakan sebagai kombinasi dari nilai kekerasan numerik yang diukur dan surat skala didahului oleh huruf, HR. Misalnya, nilai kekerasan 80 di Rockwell A skala dilaporkan sebagai 80 HRA. 





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji