• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Radiasi Berbahaya Bagi Tubuh

Selasa, 23 April 2024

       Radiasi merupakan pancaran energi melalui suatu benda atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton) dari sumber radiasi. Ada beberapa sumber radiasi yang dapat kita kenal di sekitar kehidupan kita, contohnya adalah televisi, lampu penerangan, Handphone, komputer, dan lain-lain. Radiasi dalam bentuk gelombang elektromagnetik atau disebut juga dengan foton adalah jenis radiasi yang tidak mempunyai massa dan muatan listrik. Misalnya adalah gamma dan sinar-X, dan juga termasuk radiasi tampak seperti sinar lampu, sinar matahari, gelombang microwave, radar dan handphone, (BATAN, 2008).

 

       Radiasi dapat di bagi menjadi 2 jenis antara lain :

1.Radiasi non ionisasi (Non ionizing radiation)

2.Radiasi Ionisasi (Ionizing radiation)

 

A. RADIASI NON IONISASI


Pengertian :
Radiasi non ionisasi adalah radiasi dengan energi yang cukup untuk mengeluarkan elektron atau molekul tetapi energi tersebut tidak cukup untuk membentuk /membuat formasi ion baru (Handley,1997)

Jenis Radiasi non ionisasi :
Radiasi ini berupa gelombang elektromagnetik seperti gelombang mikro (microwave), sinar ultra violet, sinar infra merah & sinar laser

 

B. RADIASI ION


Pengertian :
radiasi elektromagnetik atau partikulat dengan energi yang cukup untuk menghasilkan ion saat berinteraksi dengan atom-atom dan molekul.

Jenis ion :
1.proton
2.neutron
3.elektron
4.sinar α (alpha) 
5.sinar β (betha) 
6.sinar γ (gamma)
7.sinar x

 

Dengan adanya alat uji radiasi dapat mengukur radiasi yang diserap oleh media lain seperti tubuh kita sendiri terutama radiasi nuklir. Bahaya dari radiasi nuklir paling kecil adalah mual-mual, diikuti dengan diare, sakit kepala dan demam sedangkan bahaya yang paling besar adalah cacat seumur hidup dan kematian.

 

Alat uji radiasi ini penting karena beberapa negara pada zaman modern ini memakai sumber energi yang berasal dari nuklir, sehingga tingkat radiasi di bumi kita ini akan semakin tinggi.

 

Berikut ini produk alat uji radiasi yang  tersedia di alatuji.com, untuk keterang lebih lengkap silahkan klik pada produk berikut, untuk lebih detail dan lengkap silahkan anda menghubungi bagian pemasaran kami disales@alatuji.com





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji