• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Dibutuhkannya Alat Coating Thickness Gauge Untuk Industri Migas

Kamis, 21 September 2017

 

Industri dibidang minyak bumi dan gas memang memiliki prospek yang menjanjikan ke depannya. Dalam sebuah perindustrian tentu menggunakan banyak alat untuk mengeksplorasi sumber daya yang ada untuk mendukung industri itu sendiri.

Dalam perindustrian minyak bumi dan gas, alat yang dibutuhkan salah satunya adalah pipa. Pipa tersebut merupakan bagian terpenting dalam sebuah industry minyak bumi dan gas.

Sebelum membahas pipa pada industri tersebut, mari kita mengulas tentang apa itu pipa dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari - hari terlebih dahulu.

Sebagian dari kita pasti tidak asing lagi dengan benda yang berbentuk tabung ini, bahkan mungkin semuanya tahu apa itu pipa. Pipa merupakan alat yang berbentuk tabung yang memiliki manfaat sebagai penyalur. Yang namanya penyalur tentu yang disalurkannya berupa cairan seperti air atau minyak. Dengan kata lain, pipa merupakan jalur transportasi bagi benda cair tersebut.

Sesuai dengan manfaatnya, pipa pada perindustrian ini juga memiliki manfaat yang sama dengan pipa yang sering kita jumpai. Sebagai media transportasi minyak dan gas minyak dari sumur-sumur pengeboran menuju tempat penyimpanan atau pengolahan.

Sebagai media transportasi, system perpipaan dalam perindustrian merupakan sarana yang sangat vital dalam kegiatan industri. Karena tidak hanya menimbulkan dampak kerusakan dan kegagalan dalam perindustrian, tetapi juga ancaman keselamatan dan kerusakan lingkungan hidup.

 

Oleh karena itu, dalam sebuah perancangan system perpipaan diperlukan analisis yang menyeluruh dari berbagai aspek. Salah satunya pengukuran ketebalan dinding pipa yang digunakan dalam dalam industri itu sendiri.

 

Perhitungan ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan pipa dari pengaruh tekanan baik yang bersumber dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal). Apabila perhitungan ketebalan pipa tersebut tidak sesuai dengan aturan yang berlaku, maka akan fatal kemungkinan dan, dapat menyebabkan suatu masalah kebocoran yang bisa mengundang bencana.

 

Kesalahan dalam perhitungan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan alat pengukur ketebalan yang detail dan akurat seperti Coating Thickness Gauge.

 

Penggunaan Coating Thickness Gauge untuk mengukur ketebalan pipa dalam system perpipaan perindustrian merupakan keputusan yang sangat efektif dilakukan sebelum perangkaian system perpipaan dilakukan.






NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)