• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914

  • 0813 1066 1358

Bagaimana Cara Penggunaan Anemometer Dan Juga Fungsinya?

Kamis, 25 Mei 2017

Anemometer adalah sebuah alat pengukur kecepatan angin yang paling banyak dipakai dalam bidang Meteorologi dan Geofisika atau stasiun prakiraan cuaca, alat ini masih diyakini alat yang paling akurat untuk mengukur kecepatan angin. Nama alat ini berasal dari kata Yunani anemos yang berarti angin.

 

Fungsi yang paling utama dari Anemometer ialah mengukur kecepatan angin, apakah hanya angin saja yang dapat diukur? Tentu tidak, Anemometer juga dapat digunakan untuk mengukur gas. Fungsi Anemometer ultrasonik dapat digunakan untuk mengukur kecepatan angin dan juga dapat menentukan arah mata angin, pengamatan cuaca dan meteorologi, tidak sedikit yang menggunakan Anemometer ultrasonik ini untuk kegiatannya.


Melalui Anemometer Ultrasonik dapat diukurnya kecepatan angin dengan cara mengirimkan gelombang nada pada transduser pada alat anemometer altrasonik. Selain dari pada kegunaan tersebut, anemometer juga dapat digunakan untuk mengukur tinggi gelombang laut, dan mengukur tekanan udara. Banyak bukan manfaat anemometer? Lalu bagaimana aplikasi atau cara penggunaan anemometer?


Cara Menggunakan Anemometer

Untuk mendapatkan fungsi Anemometer dengan semaksimal mungkin, Anda harus menggunakan Anemometer dengan cara yang baik dan benar tentu sesuai prosedur penggunaan alat tersebut. Pengukuran Anemometer yang tepat dilakukan dengan memegang Anemometer secara vertikal.


Untuk memastikan Anemometer bekerja dengan efektif, Anda harus menstabilkan Anemometer dengan penyangga, agar saat penggunaan alat tersebut berjalan dengn stabil, dan biasanya kecepatan angin akan muncul secara otomatis pada spedometer yang terdapat pada layar LCD Anemometer.

 

Thermo Anemometer merupakan alat pengukuran yang mempunyai fungsi untuk mencatat data kecepatan angin dengan tepat dan akurat. Dengan Thermo Anemometer ini mulai dari person (seseorang) sampai perusahaan dapat mengukur kecepatan angin pada suatu tempat atau wilayah yang ditempati.

Thermo Anemometer ini sangat mudah digunakan karena pembacaannya yang sangat cepat dan mudah digenggam.


Alat Anemometer ini mampu mengukur kecepatan angin dengan tingkat ketilitian sangat tinggi yakni berkisar 0.5 meter setiap detiknya. Dilihat dari tinggkat ketelitian pada Anemometer itu sendiri merupakan alat pengukur kecepatan angin yang sangat efektif dan efisien.

 





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)