• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914

  • 0813 1066 1358

Cara Mudah Kalibrasi Coating Thickness Gauge

Kamis, 25 Mei 2017

Alat Uji Ketebalan adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur seberapa tebalkah suatu benda/material.

Hal ini menyangkut kemudahan penggunaan dan menampilkan pengukuran langsung. Selain mengukur ketebalan material beberapa alat uji ketebalan lain memiliki fungi dan mampu mengukur hanya ketebalan lapisannya saja sehingga data yang tampil hanya informasi ketebalan lapisan. Kemudahan menggunakan alat uji ketebalan ini memberikan durability dan efektifitas karena beberapa tipe bersifat portable sehingga memberikan efisiensi waktu dan praktis dalam mengaplikasikannya.


Beberapa metode penggunaan pengukuran ketebalan dalam aplikasinya terdapat beberapa cara diantaranya yaitu, dengan alat uji portable tadi yang hanya meletakan perangkatnya ke media uji maka data yang diinginkan dapat tampil, namun ada juga yang menggunakan dengan alat pendeteksi suara atau ultrasonic.


Pada Alat Uji Ketebalan yang menggunakan menggunakan metode pendeteksi suara atau ultrasonic. dimana Alat ini terdiri dari transmitter, receiver gelombang ultrasonik dan up counter Transmitter dilengkapi dengan trasnduser ultrasonik pemancar khusus medium padat dan receiver sama dengan tranduser.

 

Coating Thickness Gauge merupakan adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur ketebalan cat professional yang praktis dan didesain untuk mengukur lapisan non-destruktif. Untuk cat stoving standar sebagai dasar dalam melakukan pengujian ketebalan sebesar 35-55m. Alat ukur ini mampu melakukan pengukuran dengan lebih cepat dan tepat dengan hasil pengukuran ketebalan yang presisi. Cara menggunakan alat ini sangatlah mudah, Anda harus menempelkan alat ukur ini pada benda yang dicat atau material lain yang akan diukur dan kemudian hasil angka akan muncul pada displat thickness gauge. Tingkat ketelitian thickness gauge ini mencapai ± 0,1 mm. Untuk membaca skala dan hasil Anda dapat melakukannya Setelah Coating thickness gauge ditempelkan pada benda kerja, kemudian pada layar akan menampilkan data-data hasil pengukurannya.

 

Alat ukur ketebalan ini memiliki beberapa bagian, diantaranya adalah Display, Power Key, Zero key, Plus Key, Minus key dan Direct mode key. Nah, berikut ini adalah panduan kaliberasi alat ukur ketebalan:

 

  • Siapkan 1 unit alat thickness gauge, jauhkan dari bahan-bahan besi minimal 10 cm.
  • Nyalakan thickness gauge dengan menenkan tombol ON.
  • Kemudian masuk ke menu calibration dan pilih enable.
  • Lekan tombol biru untuk kembali ke menu utama.
  • Letakkan vertical probe alat di atas bahan tanpa coating.
  • Kemudian ombinas angka x.x μm akan muncul pada layar.
  • Angkat probe dan unit, jauhkan jarak dari besi minimal 10 cm.
  • Tekan dan tahan tombol ZERO selama 2 detik.
  • Angka 0.0 μm, “Cal1″“ZeroY” akan mucul pada layar dan alat ukur Thickness gauge sudah dapat dipakai.


Dapatkan alat ukur berkualitas dengan penawaran harga coating thickness gauge yang ideal dan bersaing hanya di www.alatuji.com disini menyediakan banyak sekali pilihan model, jenis dan merk alat ukur ketebalan dan aneka jenis alat ukur lainnya dengan jaminan kualitas, harga bersaing dan tentu saja dukungan pelayanan yang professional memuaskan.





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)