• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Cara Mengukur Kecepatan Rotasi Menggunakan Tachometer

Jum'at, 24 November 2017

Tachometer adalah alat instrument yang dirancang untuk mengukur kecepatan rotasi dari sebuah objek, seperti alat pengukur dalam sebuah mobil yang mengukur putaran per menit (RPM) dari poros engkol mesin. Tingkat ketelitian batas ukuran terkecil pada tachometer yaitu 0,01 1/min. Kata tachometer berasal dari kata Yunani tachos yang berarti kecepatan dan metron yang berarti untuk mengukur.

 

Alat pengukur putaran mesin yang biasa disebut dengan tachometer rpm ini sebelumnya dibuat dengan dial, jarum yang
menunjukkan pembacaan saat ini dan tanda-tanda yang menunjukkan tingkat yang aman dan berbahaya. Pada saat ini seiring dengan perkembangan teknologi, dikembangkan tachometer digital yang memberikan pembacaan numerik tepat dan akurat yang hasilnya ditampilkan pada layar LCD berupa angka.

 

Penggunaan Tachometer :

 

Pada Mobil : Alat ini digunakan untuk mengukur kecepatan putaran perangkat mekanik atau mesin, yang biasanya ditunjukkan dalam satuan RPM. Alat ini digunakan untuk memantau RPM dalam mobil karena jika mesin dipacu dengan nilai RPM yang terlalu tinggi maka dapat mengurangi umur pemakaian mesin secara drastis menjadi lebih pendek.


Penggunaan dalam Pesawat : Pesawat biasanya ditempatkan satu tachometer pada tiap tiap mesin. Pada pesawat yang masih menggunakan menggunakan baling-baling seperti Helicopter, tachometer juga diperlukan pada tiap baling-baling. Putaran mesin pesawat biasanya memiliki nilai RPM yang lebih tinggi dari pada nilai RPM pada baling-balingnya. Dengan menggunakan rpm meter secara terpisah pada tiap tiap bagian yang berbeda, maka pilot pesawat atau awak pesawat dapat mengetahui apakah ada masalah dengan bagian tertentu pada pesawatnya.


Penggunaan dalam Medis: Baru baru ini rpm meter juga dikembangkan dalam dunia medis / kedokteran. Dengan menempatkan turbin kecil, seperti pada alat yang disebut haematachometer dalam arteri atau vena, maka seorang dokter dapat memanfaatkan prinsip kerja pengukur kecepatan ini untuk menyimpulkan laju aliran darah dengan cara melihat kecepatan putaran turbin. Dari situ seorang dokter dapat mendiagnosa masalah peredaran darah seperti penyumbatan arteri dll.

 

Cara Menggunakan/Mengukur :


a. Tekan tombol “mode” pada jam tangan Anda hingga Anda berada dalam mode chronograph. Setelah itu, jarum detik pada jam Anda akan berhenti bergerak ketika mencapai jam 12.

b. Pilih titik penentu di mana Anda ingin memulai pengukuran kecepatan Anda. Untuk percobaan pertama Anda, gunakan penanda mil atau kecepatan saat mengemudi. Ketika Anda melewati tanda ini, tekan tombol set untuk memulai fungsi chronograph tersebut. Jarum detik akan melanjutkan searah jarum jam di sekitar wajah. Tekan tombol set lagi ketika Anda telah bepergian dengan batas yang Anda tetapkan.

c. Lihat jarum detik jam tangan Anda. Tentukan dimana posisinya menunjuk pada dial tachometer. Jumlah ini merupakan kecepatan di mana Anda bepergian dalam satuan per jam. Contohnya, jika Anda memerlukan waktu satu menit untuk mencapai jarak 1-2 km, kemungkinan akan mengarah ke angka 90, ini artinya Anda melaju dengan kecepatan 90 km per jam.

d. Mengukur benda yang bergerak lebih lambat dapat menyebabkan pembacaan dan penunujukkan tachometer secara terbagi. Contohnya, tidak mungkin pelari dapat melakukan perjalanan satu mil dalam satu menit. Sebaliknya, jam akan mencatat jumlah waktu yang ia perlukan untuk pergi dalam fraksi preset satu mil. Misal, mengukur seperdelapan dari satu mil, lalu membagi hasilnya pada tachometer (anggap saja, 60, jika ia menyelesaikan satu mil dalam satu menit) dibagi delapan. Anda akan mendapatkan hasil bahwa ia berjalan atau lari 7,5 menit / mil.

e. Lakukan hal yang sama untuk objek yang bergerak terlalu cepat pada tachometer, melainkan kali ini kalikan hasil Anda, tidak membaginya. Kenaikan terkecil yang dapat tercatat secara umum adalah 7,5 detik.

 

 

Alat Uji Indonesia sebagai penyedia alat atau instrument teknik di Indonesia, menjual Tachometer murah dengan kualitas terbaik. Jika anda berminat, silakan hubungi staff atau tim kami melalui fitur chatting yang ada di pojok bawah website ini, atau bisa juga hubungi nomor telpon yang tertera di website ini.





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)