• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Pentingnya Mengukur Getaran Mesin Dengan Vibration Meter

Sabtu, 20 April 2024

Getaran adalah gerak bolak-balik berskala di sekitar keadaan di mana suatu benda berada pada posisi diam jika tidak ada gaya yang bekerja pada benda tersebut (kesetimbangan). Getaran mempunyai jarak simpangan terjauh dengan titik tengah yang sama (amplitudo).

 

Nah, sekarang kenapa kita penting mengukur getaran suatu mesin ? Dalam zaman perindustrian seperti saat sekarang ini mesin yang digunakan terdiri dari berbagai macam bentuk, ukuran dan harga. Apabila terjadi kerusakan pada mesin tersebut maka produksi akan terganggu dan industri tersebut bisa saja mengalami kerugian.


Mesin yang dioperasikan secara terus menerus akan rentan mengalami kerusakan secara mendadak, sebagai tindakan pencegahan akan hal itu maka pengukuran getaran mesin akan sangat penting dilakukan.

 

Getaran mesin biasanya terjadi pada alat-alat atau mesin seperti motor, roda gigi, kipas elektrik, kompresor udara dan lainnya. Kita dapat mengukur getaran tersebut dengan Vibration Pen/Vibration Meter.

 

Pengukuran getaran mesin biasanya dilakukan berdasarkan tujuannya, diantaranya :

  • Pengukuran rutin

Dimaksudkan sebagai tindakan pencegahan dini apabila mulai terjadi kelainan pada mesin tersebut dapat segera diperbaiki.

  • Pengukuran referensi

Pengukuran ini dilakukan saat kondisi mesin berada dalam peforma terbaik. Ini bertujuan agar ketikan mesin mengalami kerusakan dapat diperbaiki dengan berpatokan pada data pengukuran referensi ini.

  • Pengukuran sebelum dan sesudah perbaikan

Bertujuan untuk memilih bagian yang akan diperbaiki dan membandingkan kondisi mesin sebelum diperbaiki dan setelah diperbaiki.   

  • Troubleshooting

Pengukuran yang dilakukan saat kondisi berada pada level kerusakan tertinggi guna untuk mengetahui kelainan apa yang menyebabkan kerusakan seperti itu. Pengukuran ini bertujuan agar keruskan pada level itu tidak kembali terulang dan dengan kelainan yang sama.

 

Apabila pengukuran tidak pernah dilakukan maka itu akan berdampak buruk bagi suatu industri, karena :

-          Akan timbul kerusakan mesin yang tidak dapat diduga waktunya

-          Jika telah terjadi kerusakan makan perusahaan harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan mesin

-          Proses produksi akan terhambat

-          Industri akan mengalami kerugian

 

Dari hal-hal tersebut hendaknya setiap industri lebih bijak dalam mengambil keputusan untuk tindakan preventifnya. Alat pengukur yang telah fleksibel dan dirancang sedemikian rupa seperti vibration meter akan memudahkan setiap perusahaan untuk melakukan tindakan pencegahan tersebut.

 

Vibration Pen

 

Alatuji.com melayani penjualan Alat Pengukur Getaran sesuai dengan permintaan dan kebutuhan anda. Produk Vibration Meter yang dijual di alatuji.com adalah yang paling banyak dicari diberbagai industri, karena kami menjual dengan berbagai Merk, Kompetitif Harga, Spesifikasi, Produk Berkualitasi, dan Bergaransi.





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji