• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Rumah Efisiensi Energi Berkelanjutan

Sabtu, 16 Desember 2017

oleh Dr. Martin Freney
Dosen, Universitas South Australia, Sekolah Seni, Arsitektur & Desain
Kepala Sekolah, Earthship Eco Homes and Earthship Ironbank

 

Kebutuhan akan bangunan hemat energi mendapatkan momentum saat pemerintah berupaya mengurangi emisi karbon, dan penduduk bertujuan untuk mengurangi tagihan energi dan menikmati rumah yang lebih nyaman. Di banyak negara, standar efisiensi energi wajib diabadikan dalam undang-undang melalui kode bangunan. Perangkat lunak biasanya digunakan untuk memprediksi penggunaan energi untuk pemanasan dan pendinginan untuk bangunan yang diusulkan, sesuai dengan faktor-faktor seperti orientasi kaca, isolasi, bahan bangunan, dan iklim lokal.

 

Meskipun ini adalah cara terbaik untuk mendorong perancang bangunan agar lebih berhati-hati dalam mengurangi beban pemanasan dan pendinginan pada bangunan melalui teknik seperti desain surya pasif, sejauh mana perancang berhasil dalam tujuan ini tidak pasti, karena pada umumnya tidak ada persyaratan untuk validasi

 

Apa yang perlu terjadi lebih sering (atau selalu) adalah apa yang dikenal sebagai "evaluasi pasca-hunian", di mana bangunan yang selesai dan sibuk dinilai berdasarkan kondisi kenyamanan dalam ruangan yang disediakannya, seperti suhu udara dan kelembaban relatif, tingkat pencahayaan alami, dan bahkan konsentrasi karbon dioksida (CO2).

 

Penelitian PhD saya berfokus pada kondisi kenyamanan dalam ruangan dari jenis rumah berkelanjutan khusus yang disebut Earthship. Ini berevolusi dalam iklim ekstrim Taos, New Mexico, di Amerika Serikat, di gurun dengan ketinggian tinggi dimana suhu berkisar antara minus 20 ° C (minus 4 ° F) dan 38 ° C (100 ° F).

 

Michael Reynolds, seorang arsitek yang mengepalai firma arsitektur Earthship Biotecture yang berbasis di Taos, memelopori rumah hemat energi hemat energi dan efisien dari rumah yang terbuat dari ban mobil, botol bir, kaleng bir, dan lainnya yang digunakan kembali dan didaur ulang. bahan limbah

 

Saya pernah mendengar bahwa rumah-rumah Earthship ini tidak memerlukan pemanasan atau pendinginan, yang sepertinya tidak mungkin mengingat iklim ekstrem dan sangat keras di Taos. Saya ingin mengetahui secara pasti bagaimana struktur ini berhasil mempertahankan suhu dalam ruangan yang nyaman - dan data logger HOBO® dari Onset menjadi bagian penting dari penelitian saya.

 

Dengan menggunakan berbagai penebang data yang berdiri sendiri dan berbasis web dari Onset, saya memantau suhu di dalam ruangan dan di luar ruangan, kelembaban relatif, tingkat pencahayaan, dan radiasi matahari di enam Earthships di The Greater World Community di New Mexico - komunitas Earthship terbesar di dunia. dunia, di mana lebih dari seratus individu hidup off-the-grid, cukup mandiri.

 

Dengan sistem logging berbasis HOBO berbasis web, saya dapat memantau salah satu rumah Earthship dari Australia melalui situs HOBOLink gratis, sehingga pengumpulan data saya dapat berlangsung lama. Dan, saya bisa langsung mengakses data, secara real time. Pemblokir data HOBO yang berdiri sendiri yang ditugaskan untuk saya di Earthships dikirim ke saya dari Amerika Serikat; Setibanya di Australia, saya mendownload data dan memulai analisis saya.

 

Hasilnya secara ilmiah mendokumentasikan suhu udara dalam ruangan rumah Earthship yang sangat stabil dan menunjukkan bagaimana dari waktu ke waktu desain Earthship telah berevolusi menjadi lebih hemat energi, dengan model "Global" yang lebih baru berperforma lebih baik daripada desain dari tahun 1990an.

 

Ini mengilhami saya untuk membangun sebuah Earthship yang disebut "Earthship Ironbank" di Adelaide Hills di Australia Selatan. Terletak di wilayah pemerintahan Kota Onkaparinga, strukturnya adalah kerajaan pertama yang disetujui oleh dewan kota. Ini berfungsi sebagai akomodasi turis bed-and-breakfast (B'n'B) yang dirancang untuk menginspirasi orang untuk memilih perumahan yang lebih berkelanjutan.

 

Mirip dengan penelitian saya tentang Earthships di Taos, New Mexico, saya memantau kondisi kenyamanan dalam ruangan di Earthship Ironbank. Kali ini, bagaimanapun, saya menggunakan data logger kelembaban dan kelembaban HOBO MX1101 Bluetooth Low Energy (BLE) yang memiliki layar LCD. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan kepada para tamu Earthfields Ironbank kondisi dalam ruangan. Selain itu, jika mereka penasaran, mereka dapat menggunakan aplikasi HOBOmobile® gratis untuk melihat grafik suhu baru-baru ini dalam struktur - yang secara ideal membantu mereka untuk menghargai bagaimana rumah hunian yang hemat energi dan nyaman.

 

Fitur desain Earthships yang sangat tidak biasa adalah "tabung bumi" bawah tanah, yang menyediakan penyejuk udara alami sepanjang tahun. Tabung PVC berdiameter 250mm ini, yang dikubur dalam parit 18m panjang dan 1m sampai 2m dalam, membawa udara dari luar ke dalam rumah. Pada kedalaman ini, suhu tanah sangat stabil, sehingga memberikan fungsi pertukaran panas ke udara yang bergerak melalui tabung, menghangatkan udara di musim dingin dan mendinginkannya di musim panas. Udara digerakkan melalui tabung secara pasif, tanpa kipas angin, melalui udara panas yang dilepaskan dari skylight tingkat tinggi yang dapat dioperasikan di atap.

 

 

Andrew Carre dari Royal Melbourne Institute of Technology mengembangkan sebuah pemantau khusus untuk mengukur suhu udara, kelembaban, kecepatan udara, dan arah udara di tabung bumi. Menggunakan HOBO U12-013 data logger dengan dua input eksternal sebagai jantung sistem pemantauan, rig Carre membuka rahasia tabung bumi - seperti seberapa cepat udara harus bergerak melewatinya untuk efek pertukaran panas yang optimal.

 

Baru-baru ini, logger HOBO MX1102 CO2 - juga diaktifkan Bluetooth - digunakan untuk mengukur tingkat infiltrasi udara melalui tabung bumi. Terry Williamson, associate professor di University of Adelaide, melakukan eksperimen di mana CO2 dalam kemasan dilepaskan ke rumah dan tingkat kerusakannya dihitung melalui data yang dikumpulkan oleh MX1102 logger. Williamson mengatakan ini adalah cara yang lebih dapat diandalkan untuk mengukur infiltrasi udara karena tes "blower door" standar (di mana rumah bertekanan dengan kipas industri besar) tidak mewakili tekanan khas yang ditemukan di rumah. Meskipun bagus untuk mengidentifikasi kebocoran udara (dengan kamera pencitraan termal), tekanan tinggi yang tidak wajar dapat memperburuk dan mendistorsi hasil, sedangkan sistem peluruhan CO2 tidak menyebabkan masalah ini.

 

Temuan menarik lainnya dari logger HOBO MX1102 adalah bagaimana nafas penghuni menaikkan kadar CO2. Dan saya ingin melihat apakah saya dapat menggunakan penebang kayu ini untuk menunjukkan efek penyerapan karbon dari taman dalam rumah yang menakjubkan dari Earthship, di mana makanan ditanam di dalam rumah dengan air grey dari bak mandi, pancuran, dan mesin cuci.

 

Alat penelitian penting, pembalap data portabel yang andal dan akurat ini memainkan peran penting dalam pengembangan bangunan hemat energi. Plus mereka didukung oleh perangkat lunak dan layanan internet yang sangat baik (HOBOware, HOBOlink, dan aplikasi HOBOmobile) dan tim dukungan teknis tingkat satu di OneTemp Adelaide, distributor resmi Onset.

 

Dalam dunia ideal, kondisi kenyamanan semua bangunan akan dipantau dan data diumpankan kembali ke penghuni dan desainer sehingga lebih banyak rumah dan bangunan yang berkelanjutan terus berkembang, berdasarkan pemahaman ilmiah.





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)