• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Sensor Posisi

Jum'at, 20 Oktober 2017

Dalam peletakkan barang barang berat, manusia kerap kali bingung akan perhitungan pada ketepatan peletakkan barang. seperti saat crane dipelabuhan mengangkat dan meletakkan peti kontainer yang besar dan juga berat. Agar tidak terjadi tabrakan saat peletakan, tentunya dibutuhkan sensor yang dapat mengukur dan medeteksi pergeseran posisi saat mengangkat peti kontainer tersebut. sebelum kita membahas apa itu sensor pergeseran (posisi). mari kita cari tahu pengertian sensor.

 

Sensor merupakan sesuatu yang digunakan untuk mendeteksi adanya perubahan lingkungan fisik dan kimia. Lalu apa itu sensor posisi ? Sensor Posisi merupakan Sensor yang mendeteksi perubahan atau perpindahan posisi pada objek pengukuran tempat. pengukurannya biasanya menggunakan metode analog ataupun digital. Sensor posisi mengeluarkan output berupa angka dan dapat digunakan lagi untuk mengukur perpindahan linier atau angular. Macam-macam sensor posisi pun banyak seperti Accelerometer, Gyroscope dan Kompas Digital. 

 

Macam - Macam Sensor Posisi :

  • Accelerometer adalah sensor posisi yang menggunakan perhitungan kecepatan dengan posisi. Accelerometer dapat mengukur posisi dan kecepatan secara bersamaan.
  • Gryscope adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur atau mempertahankan sebuah orientasi dengan prinsip hukum ketetapan momentum sudut. Mekanismenya seperti sebuah gangsing yang berputar dengan piringan dalam keadaan tetap stabil. Gryscope digunakan sebagai keseimbangan posisi. Gyroscope sering digunakan oleh robot atau heli dan terdapat di smartphone tertentu.
  • Kompas digital adalah sebuah kompas yang menggunakan sensor dengan prinsip magnet kutub untuk mengetahui posisi koordinat dari sebuah alat. Kompas digital digunakan sebagai penentu posisi dalam penamaan arah.

 

Eddy Current Sensors

Tak lepas dari sensor posisi, Eddy Current Sensors dirancang untuk pengukuran non-kontak dari perpindahan, jarak, posisi, osilasi dan getaran. Mereka sangat cocok bila lingkungan industri yang keras (tekanan, kotoran, suhu). Sensor arus Eddy dari Micro-Epsilon menawarkan pengukuran yang sangat presisi dimana akurasi sub-mikron diperlukan.

 

               

 

Karakteristik

  • Pengukuran non-kontak perpindahan, jarak dan posisi pada bahan konduktif elektrik
  • Untuk menuntut, lingkungan industri: kotoran, tekanan, suhu
  • Resolusi tinggi dan stabilitas suhu
  • Bandwidth tinggi untuk pengukuran cepat
  • Sensor dan pengendali khusus pelanggan
  • Kuat dan desain sensor kelas industri
  • Kemungkinan aplikasi serbaguna karena rangkaian produk yang komprehensif
 
 




NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)