• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Pengaplikasian Sensor Jarak Laser Dalam Dunia Industri

Sabtu, 16 Desember 2017

Sensor Jarak merupakan sebuah sensor yangmampu mendeteksi keberadaan benda di dekatnya tanpa bersentuhan langsung atau tanpa kontak fisik.  Sensor jarak sering memancarkan elektromagnetik atau berkas radiasi elektromagnetik (inframerah, misalnya), dan mencari perubahan dalam bidang atau sinyal kembali. 

Sensor jarak laser dirancang untuk pengukuran jarak non-kontak: laser gages untuk mengukur rentang hingga 10m, sensor jarak laser hingga 3.000 m. Sensor ini digunakan untuk klasifikasi posisi dan tipe pada peralatan mesin dan peralatan penanganan.Sensor laser optoNCDT ILR merupakan sensor pengukuran yang dapat diandalkan untuk jarak hingga 3000m. 

 

Sensor Laser Jarak optoNCDT ILR 1030/1031 dirancang untuk digunakan sebagai alat pengukuran perpindahan cepat  antara 0,2 dan 15 m atau lebih tepatnya hingga 50m dengan reflektor. Didukung dengan respon waktu yang sangat cepat yaitu mencapai 10 ms merupakan salah salah satu keunggulan dari produk tersebut. Sensor laser ini memiliki tugas tersendiri yakni untuk mengisi pengukuran tingkat, posisi dan jua panjang pengukuran

 

Pengaplikasian Laser Distance Sensor Dalam Dunia Industri

 

1. Drive controller di mesin respooling presisi

 

 

Sensor jarak laser dari Micro-Epsilon digunakan untuk mesin respooling dari perusahaan MEMA dari Menden. Mereka terus melakukan pengukuran diameter. Kumparan jadi untuk penggabungan beberapa kumparan dihasilkan dari pita logam berbentuk cincin dalam sistem ini. Dengan demikian, diameter sangat penting untuk ketegangan band konstan.

 

2. Konveyor overhead distance

 

 

Konveyor overhead yang bergerak otomatis melalui proses produksi pada rel digunakan untuk mengangkut banyak komponen. Jarak minimum tertentu diperlukan agar komponen tidak saling bertabrakan selama pengangkutan. Sensor optoNCDT ILR memiliki tugas mempertahankan jarak minimum ini. Terlampir pada setiap conveyor overhead, mereka mengukur jarak ke yang berikutnya. Sensor ini mengukur menggunakan prinsip "Time-of-Flight" yang ideal untuk jenis aplikasi semacam itu.

 

3. Unit kontrol rak - tinggi angkat

 

 

Unit kontrol rak otomatis yang sering digunakan membuat pergudangan modern jauh lebih mudah. Unit-unit ini harus secara otomatis melakukan perjalanan jauh dan memposisikan produk dengan presisi milimeter di akhir. Sensor laser optik modern dan juga sensor draw-wire digunakan untuk memantau gerakan ini. Sensor draw-wire adalah solusi yang lebih ekonomis untuk jarak hingga 50 meter. Sensor laser yang menentukan jarak menggunakan waktu pengukuran penerbangan cocok untuk jarak yang lebih jauh. Jarak dapat diukur dengan tepat dan beban dapat diposisikan atau dikirim dengan benar.

 

4. Diameter koil

 

 

Strip berguling di industri logam dililitkan pada gulungan untuk transportasi. Untuk pemrosesan selanjutnya saat gulungan dilepas, penting untuk mengetahui berapa banyak bahan yang telah dibuka. Tugas ini mudah dipecahkan dengan menggunakan sensor panjang optik optoNCDT ILR. Ini terus menerus mengukur ke permukaan koil dan dengan demikian mencatat diameternya. Diameter kumparan berkurang karena unwinding yang diukur dengan menggunakan peningkatan jarak dari permukaan koil ke sensor. Dengan menggunakan ketebalan koil, panjang material dapat dihitung ulang dengan menggunakan algoritma tertentu.





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)