• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Training Alat Uji Pohon Di Purwodadi, Jawa Tengah

Sabtu, 25 November 2017

10-11 November 2017 Team Alat Uji PT Taharica melakukan training dan melakukan pengujian terhadap pohon menggunakan alat uji kualtias pohon. Sebelum kita membahas lebih dalam. mari kita cari tahu pengertian alat uji kualitas pohon. Alat uji kualitas pohon merupakan alat uji yang digunakan untuk mendeteksi baik buruknya kondisi pohon, ukuran lokasi daerah pohon yang membusuk, beronggadan berlubang pada pohon tanpa merusaknya.

 

Pencegahan dapat dilakukan pada tumbuhan se-dini mungkin guna menjaga dan merawat alam sekitar kita. Alat uji kualitas pohon juga digunakan sebagai salah satu metode yang baik untuk melakukan penebangan untuk pohon yang sudah mulai berongga agar ditanamnya kembali tanaman yang baru. Penjagaan ekosistem tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah bencana alam yang kian bertambah akibat rusaknya ekosistem.

 

Hutan yang gundul sering menyebabkan longsor disebagian daerah akibat penebangan yang tidak sesuai tanpa adanya proses reboisasi setelah penebangan. Daerah resapan air yang terus berkurang khususnya diwilayah ibukota sering menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir. Alat uji kualitas pohon dapat meminimalisir dan dapat membuat kita lebih berhati-hati lagi dalam penebangan pohon dan menganalisa kualitas pohon guna menjaga alam sekitar.

 

Pada pohon yang hidup atau masih berdiri kondisi kesehatannya sukar diidentifikasi secara kasat mata sehingga sulit diduga apakah pohon tersebut harus ditebang atau dibiarkan hidup. Kenyataannya di wilayah perkotaan banyak ditemui pohon tumbang dan menyebabkan kecelakaan serta menanggung kerugian yang tidak sedikit.

 

Dari hasil pengamatan dapat dikemukakan kejadian pohon tumbang yang menimpa kendaraan yang melintasi jalan yang ditanami pohon besar di kiri-kanannya. Sebagai contoh kejadian pohon tumbang di wilayah DKI Jakarta. Sekitar 65 lokasi pohon tumbang yang tersebar di beberapa titik yaitu 34 titik di Jakarta Selatan, 13 titik di Jakarta Barat, 8 titik di Jakarta Pusat, 6 titik di Jakarta Utara dan 4 titik di Jakarta Timur. 

 

Jenis kerusakan yang menyebabkan pohon tumbang ialah penyakit pohon antara lain kanker , lapuk lanjut, luka terbuka, rusak atau cabang mati,  percabangan berlebihan atau brum dan daun berubah warna. Jenis yang paling umum selanjutnya didekomposisi KONK atau 47,5 % dari total kasus yang ditemukan, sedangkan kerusakan sedikit adalah jenis kerusakan kanker sebanyak 1,66 %.  Untuk Itu mendeteksi Pohon Menggunakan alat uji kualtias pohon sangatlah penting agar tidak memperparah situasi dan menyebabkan korban.





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)