• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Pengukuran Kadar Garam

Senin, 18 Desember 2017

Air laut mempunyai (salinitas) kadar garam yang cukup tinggi karena bumi dipenuhi oleh banyak garam mineral yang terdapat pada bebatuan dan tanah, contohnya seperti kalium, natrium, kalsium dan lain-lain. Kadar air laut merupakan salah satu faktor penting dalam mempelajari air laut. Air laut mengandung garam-garaman, gas terlarut, bahan organik dan partikel yang tak terlarut. Keberadaan garam-garaman mempengaruhi sifat fisis air laut (seperti densitas, kompresibilitas, titik beku dan temperatur dimana densitas menjadi maksimum) beberapa tingkat tetapi tidak menentukannya. Beberapa sifat lainnya seperti viskositas, daya serap cahaya tidak terpengaruh secara signifikan oleh salinitas.


Bagaimanakah awalnya air laut bisa menjadi asin(karena kandungan garamnya tinggi) padahal air laut juga berasal dari air di darat. Awalnya diperkirakan bahwa zat-zat kimia yang menyebabkan air laut asin berasal dari darat yang dibawa oleh sungai-sungai yang mengalir ke laut entah dari batuan-batuan darat, dari tanah longsor atau gejala alam lainnya. Jika hal ini benar maka tentunya susunan kimiawi air sungai akan sama dengan susunan kimiawi air laut.

 

Menurut teori, zat-zat garam tersebut berasal dari dalam dasar laut melalui proses outgrassing yakni perembesan dari kulit bumi di dasar laut yang berbentuk gas ke permukaan dasar laut. Bersamaan dengan gas-gas ini terlarut pula hasil kikisan kerak bumi dan bersama-sama garam-garam ini merembes pula air, semua dalam perbandingan yang tetap sehingga terbentuk garam di laut. Kadar garam ini tetap tidak merubah sepanjang masa. Kadar garam dapat diukur dengan hobo U24. mari kita tau apa itu hobo U24.

 

HOBO U24-002-C

HOBO U24-002-C adalah data logger untuk mengukur kadar garam, konduktivitas dan suhu di lingkungan air asin dengan perubahan salinitas yang relatif kecil (± 5.000 μS / cm) seperti teluk air asin, atau untuk mendeteksi kejadian salinitas seperti pemanasan , hujan badai, dan kejadian pelepasan. Hal ini juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data salinitas untuk kompensasi salinitas data logger Oksigen HOBO U26.

 

Catatan: Saat memantau salinitas di perairan dengan variasi lebih dari +/- 5.000 uS / cm, lihat keakuratan yang ditunjukkan dalam Plot C dalam spesifikasi produk untuk menentukan apakah keakuratannya dapat diterima untuk kebutuhan Anda. Pembacaan kalibrasi lapangan bulanan biasanya diperlukan untuk mencapai akurasi terbaik.

 

hobou24

HOBO U24 Konduktivitas / Salinitas data logger

 

 

Fitur
  • Sensor non-kontak memberikan umur panjang
  • Menyediakan akses mudah ke sensor untuk membersihkan dan menumpahkan gelembung udara
  • Dua rentang yang dapat dipilih pengguna memberikan pengukuran dari 100 sampai 55.000 uS / cm.
  • Perumahan Delrin tidak akan menimbulkan korosi pada air asin
  • Perangkat lunak HOBOware Pro memungkinkan kalibrasi mulai / titik akhir untuk mengkompensasi pengotoran apapun dan memberikan konversi mudah ke konduktansi dan salinitas tertentu menggunakan Skala Salinitas Praktis 1978 (PSS-78)
  • Antarmuka optik USB menyediakan data debit salinitas berkecepatan tinggi dan dapat diandalkan di lingkungan yang basah
  • Kompatibel dengan HOBO Waterproof Shuttle untuk pengambilan data dan transportasi data yang mudah dan andal

 

The HOBO U24 Konduktivitas / Salinitas data logger fitur non-kontak sensor dengan Titanium Pentoksida coating. Lapisan ini mencegah sensor untuk bersentuhan dengan air, yang pada gilirannya mencegah tercoreng atau korosi yang terkait dengan sensor elektroda tradisional. Lapisan sensor ini juga inert, memungkinkan fouling agar mudah dilepas dari sensor.




Produk Terkait dengan artikel Pengukuran Kadar Garam


 


NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)