• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Mengukur Oksigen Terlarut

Senin, 18 Desember 2017

Air adalah salah satu senyawa kimia yang dihasilkan dari ikatan unsur hidrogen (H2) yang bersenyawa dengan unsur oksigen (O) dimana hal ini menghasilkan senyawa baru yaitu H2O. Air merupakan senyawa penting yang fungsinya tidak tergantikan posisinya oleh senyawa apapun di bumi ini bagi makhluk hidup. Bagi setiap makhluk hidup air sendiri merupakan kebutuhan vital sebagai air minum untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

 

Seperti yang telah dibahas di atas air mengandung senyawa oksigen, hal ini juga tergantung dari kondisi air itu sendiri. Oksigen yang terlarut dalam air ini berperan dalam proses oksidasi dan reduksi bahan organik maupun anorganik yang terkandung di dalamnya. Oksigen ini juga menjadi faktor penentu kondisi biologis yang dilakukan oleh organisme aerobik atau anaerobik.

 

Pada kondisi aerobik, oksigen berperan dalam proses pengoksidasian bahan organik dan anorganik yang nantinya akan menghasilkan nutrien. Oleh karena itu kandungan oksigen ini merupakan indikator dari kualitas air. Untuk mengukur dan menguji kualitas air gunakan alat pengukur kualitas air.

 

Kebutuhan air dengan oksigen terlarut di dalamnya merupakan hal yang bermanfaat bagi tubuh. Molekul-molekul oksigen ini terdapat di antara molekul air. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kadar oksigen ini sendiri adalah tekanan, suhu dan jumlah zat terlarut yang ada di dalamnya. Dengan kandungan oksigen terlarut yang cukup tentu akan menjadikan air tersebut berkualitas baik. Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan 3 cara yang dapat meningkatkan kadar oksigen dalam air, yaitu :

  • Suhu : Bila suhu air semakin rendah, maka kandungan oksigen yang terdapat di dalam air juga akan semakin besar. Hal ini bisa kita rasakan bila kita meminum air dingin maka kita akan merasa lebih segar.
  • Tekanan : Molekul oksigen dapat masuk di antara ruang molekul air dengan memaksakan melalui tekanan yang tinggi. Hal ini tentu harus dilakukan dengan metode yang benar agar kadar oksigen juga tidak berlebihan.
    Kemurnian air juga mempengaruhi kelarutan oksigen karena air yang murni akan memungkinkan oksigen terlarut akan lebih banyak di dalamnya.

Air dengan oksigen terlarut sangat banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti di danau, sungai, ataupun perairan-perairan didaerah tinggal kita. namun, apakah kadar oksigen terlarut dapat diukur ? lantas alat apakah itu ?

 

HOBO U26 Dissolved Oksigen

HOBO Dissolved Oxygen logger adalah logger mandiri yang menggunakan RDO® Basic Technology untuk mengukur oksigen terlarut (DO). Logger memiliki sensor optik yang memberikan 0,2 mg / L ketepatan. Logger ini juga dilengkapi dengan tutup sensor yang mudah diganti dan terintegrasi sensor temperatur.

 

Menggunakan software HOBOware® untuk setup logger dan HOBO Waterproof
Shuttle untuk offload data cepat, logger ini mudah dipasang di air tawar dan air asin lingkungan menjadikannya alat yang ideal untuk studi dampak lingkungan serta ekologi dan penelitian oseanografi. Dengan menggunakan data yang dibongkar dari logger, Asisten Oksigen HOBOware Dissolved Oxygen hitung persen kejenuhan dan konsentrasi DO yang disesuaikan dengan salin serta benar
pengukuran melayang dari fouling.

 

hobo u26 dissolved oxygenHOBO U26 Dissolved Oksigen

 

Ukur konsentrasi oksigen di danau, sungai, sungai, muara sungai, dan perairan pantai dengan HOBO U26 Dissolved Oksigen Data Logger. Logger data yang terjangkau dan tepat ini direkomendasikan untuk penelitian penelitian biologi perairan dan hidrologi. HOBO U26 menggunakan teknologi sensor DO DO RDO® Basic (Rugged Dissolved Oxygen) dan mudah dipelihara.

 

Fitur 
  • Pemantauan oksigen terlarut dengan kinerja tinggi terlarut (DO) dengan akurasi 0,2 mg / L
  • Teknologi sensor DO Optical untuk kalibrasi yang tahan lama dengan perawatan kurang
  • Perangkat lunak Asisten Oksigen HOBOware Pro yang Terurai mengabdi untuk mengukur drift dari pengotoran; memberikan konsentrasi DO yang disesuaikan dengan salinitas
  • Antarmuka USB optik untuk data offload berkecepatan tinggi dan andal
  • Easy-to-replace DO tutup sensor berlangsung enam bulan


CATATAN: Untuk pengukuran DO di air asin, diperlukan penyesuaian untuk salinitas. Untuk perairan dengan perubahan salinitas kecil (<2 ppt), pembacaan salinitas biasanya memberikan akurasi yang cukup. Untuk lingkungan dengan perubahan salinitas yang lebih besar, umumnya kita merekomendasikan logger konduktivitas HOBO U24-002-C. Jika Anda memerlukan DO dalam Persen Saturation, diperlukan data tekanan barometrik, yang dapat dicatat dengan Logger Data Tingkat Air HOBO (U20-001-04).





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)