• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6771
  • 0816 1740 8927
    0817 6700 726
  • Pin: 2856BC08
    New PIN : 5A357BF9
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
  • 0813 1066 1358
    0812 9595 7914

Pemasangan HOBO U20 Water Level

Senin, 18 Desember 2017

Sabtu, 12 Desember 2017 Team alatuji PT Taharica melakukan training HOBO U20 Water Level Lubuk Linggao, sumatera selatan. Pemasangan HOBO U20 water level ditujukan untuk melakukan pengujian terhadap suhu dan juga ketinggian air yang ada pada daerah sekitar lahan gambut. Tanah lahan gambut merupakan jenis tanah yang memiliki kandungan bahan organik yang terbentuk dari sisa tanah tumbuhan yang membusuk karena kondisi lingkungan yang miskin hara dan jenuh air. 

 

Lahan gambut juga diartikan sebagai sebidang lahan atau wilayah dengan kondisi tanah yang dominan mengandung serasah atau sisa tumbuhan yang telah mati dan mengalami pembusukan secara alami sehingga kaya akan kandungan bahan organik serta kandungan air dalam jumlah yang sangat tinggi. Material organik tersebut terus menumpuk dalam waktu lama sehingga membentuk lapisan-lapisan dengan ketebalan lebih dari 50 cm. Tanah jenis banyak dijumpai di daerah-daerah jenuh air seperti rawa, cekungan, atau daerah pantai.

 

Ciri Ciri Lahan Gambut

  • Daerah yang memiliki jenis tanah gambut seringkali digenangi air.
  • Memiliki kandungan garam tinggi.
  • Ketebalan mencapai setengah meter lebih.
  • Berwarna hitam kecoklat-coklatan.
  • Pembusukan dari bahan organik yang terkandung di dalamnya tidak sempurna.

 

Jenis- model Tanah Gambut

Selain memiliki ciri-ciri, lahan gambut juga dibedakan menjadi beberapa jenis dan bagian. Lahan gambut dibedakan menjadi dua, yaitu :

 

Gambut Topogen

Jenis tanah gambut yang pertama adalah gambut Topogen. Gambut Topogen merupakan model tanah gambut yang terdapat pada anggota atas tanah mineral yang terdapat pada dasar danau. Karena terdapat pada dasar danau, maka tanah gambut ini bisa mengendap dan bertumpuk- tumpuk di dasar danau supaya lama kelamaan dasar danau bisa dipenuhi oleh tanah gambut ini. Di dasar laut yang dipenuhi oleh susunan tanah gambut topogen ini tumbuhan tetap bisa tumbuh dan berkembang dengan baik serta subur.

 

Untuk ketebalan susunan tanah topogen ini, bahwa tanah topogen miliki kedalaman hingga 4 meter. Di kedalaman 2 mtr. ini pembawaan susunan tanah gambut topogen ini subur dan miliki tingkat keasaman yang rendah. Selain itu susunan tanah topogen ini miliki kandungan unsur hara yang berasal dari mineral yang ada di dasar danau (baca: macam-macam danau). Keberadaan tanah gambut topogen ini tidak sangat banyak, dasar danau dengan susunan tanah topogen ini jarang ditemui.

 

Gambut Ombrogen

Jenis tanah gambut yang ke-2 adalah tanah gambut ombrogen. Tanah gambut ombrogen ini layaknya tanah gambut sekunder. Mengapa demikian? Karena tanah gambut ombrogen ini merupakan tanah gambut yang berkembang di atas tanah gambut topogen. Jadi tanah gambut ombrogen ini berada di atas dan bisa menutupi susunan tanah gambut topogen. Karena letaknya di atas, maka susunan tanah gambut ombrogen ini tebalnya bisa hingga melebihi permukaan danau.

 

Tebalnya susunan baru oleh tanah gambut ombrogen ini bakal muncul layaknya susunan tanah gambut yang menyerupai kubah. Dalam pembentukan susunan tanah gambut ombrogen ini melibatkan elemen yang penting, yaitu berupa air hujan. Air hujan miliki fungsi yang cenderung banyak, keliru satu peranannya adalah sebagai pencuci. Efek yang ditimbulkan oleh air hujan adalah sebagai pencuci atau pembersih susunan tanah ini supaya mengakibatkan unsur hara di dalam susunan tanah gambut ombrogen jadi berkurang supaya bakal miskin zat hara.

 

Itulah jenis- model dari tanah gambut. Jenis dari tanah gambut ini hanya ada dua macam yaitu tanah gambut topogen dan juga tanah gambut ombrogen. Kedua susunan tanah gambut selanjutnya beriringan, yaitu susunan bawah adalah tanah gambut topogen dan yang berkembang di atasnya adalah tanah gambut ombrogen. Dari penjelasan di atas, kita juga mengetahi bahwasannya model tanah gambut yang subur adalah tanah gambut topogen.

 

Pemasangan HOBO U20 water level ditujukan untuk mengukur suhu dan juga ketinggian air pada daerah lahan gambut. mengapa demikian ? karena lahan gambut merupakan daerah resapan air yang biasanya digunakan para warga daerah sebagai lahan pertanian dikarenakan kemampuan tanah untuk menyerap air yang banyak dan membuat tanaman yang di tanam dapat tumbuh dengan subur dan meminimalisir terjadinya kekeringan





NEWSLETTER

 
 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)