• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Ultrasonic Flaw Detector

Jum'at, 29 Maret 2024

Proses pembuatan material sering terjadi masalah berupa kecacatan yang timbul di dalam benda padat tersebut. Pengujian pada material perlu dilakukan untuk mendeteksi adanya cacat atau retak pada material secara dini, dan menghindari kegagalan saat digunakan. Propagasi gelombang ultrasonik didalam struktur baja mengalami pemantulan atau pembelokan pada saat mengenai medium dengan indeks yang berbeda.

 

Ultrasonic Flaw detector Sebagai Alat Pendeteksi Kecacatan merupakan teknik yang paling umum digunakan diantara semua aplikasi pengujian industri ultrasonic. Umumnya frekuensi tinggi gelombang elektronik yang dilihat dari kelemahan dan menghasilkan pola gema yang jelas. Seperti halnya mengevaluasi suatu materi dan memberikan hasil mengenai kedalaman, letak, besar dan kecacatan suatu material. Ultrasonic flaw detector merupakan pengujian menggunakan metode NDT.

 

 

Non Destructive Test (NDT)

 

Non Destructive Test (NDT) adalah metode pengujian yang digunakan untuk mengevaluasi suatu material atau hasil las tanpa merusak fungsi dari benda uji tersebut. Dari materi yang telah didapatkan, diketahui beberapa jenis NDT antara lain: Ultrasonic Test (UT), Radiography, Penetrant Test, Magnethic Particle Test. Berikut salah satu pembahasan dari jenis NDT yaitu Ultrasonic Test (UT).

 

Portabel instrumen pada ultrasonic flaw detector merekam dan menampilkan pola-pola gema. Pengujian ultrasonik adalah metode pengujian yang aman dan banyak digunakan dalam berbagai industri jasa dan proses produksi, terutama dalam aplikasi dimana pengelasan dan logam struktural digunakan.

 

ultrasonic flaw detector

 

 

Teori Fundamental

 

Gelombang suara adalah getaran mekanis yang melewati media seperti cairan, benda padat atau gas. Gelombang ini melewati medium dengan kecepatan tertentu dalam arah yang diharapkan. Ketika gelombang ini bertabrakan dengan batas yang memiliki media yang berbeda, mereka akan dikirim kembali. Ini adalah prinsip kerja Ultrasonik Flaw detection.

 

 

Frekuensi, Velocity dan panjang gelombang

 

Sebagian besar ultrasonic flaw detector menggunakan frekuensi antara 500 KHz dan 10 MHz per detik. Pada frekuensi dengan kisaran megahertz, perjalan energi suara dengan mudah melalui bahan yang paling umum dan cairan, tetapi tidak efisien melalui udara atau gas yang serupa. Selain itu, gelombang suara dari berbagai jenis bergerak pada tingkat yang berbeda dari kecepatan.

 

 Selain itu, panjang gelombang mengacu pada jarak antara dua titik berikutnya dalam siklus gelombang saat melewati medium. Hal ini terkait dengan kecepatan dan frekuensi. Dalam ultrasonic flaw detector dan ultrasonic thickness gaging batas minimun deteksi adalah satu setengah panjang gelombang dan ketebalan terukur minimum adalah masing-masing satu panjang gelombang.

 

 

Mode Perbanyakan

 

Dalam zat padat, gelombang suara dapat hadir dalam berbagai mode perambatan yang ditandai dengan jenis gerakan yang terlibat. Mode yang umum digunakan dalam deteksi cacat ultrasonik adalah gelombang geser dan gelombang longitudinal.

 

 

Variabel Limit Sound Transmission

 

Bila dibandingkan dengan material lunak, heterogen atau butiran, bahan keras dan homogen dapat memantulkan gelombang suara yang lebih efisien. Tiga faktor, seperti sinar penyebaran, redaman dan hamburan, mengontrol jarak gelombang suara akan melewati media tertentu.

 

ultrasonic flaw detector1

 

Ultrasonic transduser

 

Sebuah transduser adalah alat yang mampu mengubah energi dari satu keadaan ke keadaan lain. Transduser ultrasonik dapat mengubah energi listrik menjadi energi suara dan sebaliknya.

 

 

Batas Refleksi

 

Jumlah koefisien refleksi atau energi yang dipantulkan dikaitkan dengan hambatan akustik relatif dari kedua bahan. Dalam aplikasi deteksi cacat ultrasonik, batas logam dan udara yang biasa terlihat, dimana koefisien refleksi mencapai 100%. Ini adalah prinsip dasar yang terlibat dalam deteksi cacat ultrasonik.

 

 

Sudut Refleksi dan Refraksi

 

Pada frekuensi ultrasonik, energi suara sangat terarah dan balok suara yang digunakan untuk deteksi cacat didefinisikan dengan jelas. Sesuai Hukum Snell tentang pembiasan, transmisi energi suara dari satu material ke yang lain akan berbelok. Sebuah sinar yang bepergian lurus akan melakukan perjalanan ke arah lurus; Namun, sinar yang menghantam batas pada sudut akan berbelok.

 

Dalam aplikasi flaw detector, lima jenis transduser ultrasonik biasanya digunakan, yaitu termasuk transduser kontak, transduser perendaman, transduser delay line, transduser sudut balok, dan transduser elemen ganda.

 

Alatuji sebuah perusahaan yang memberikan solusi mudah untuk pengujian ini. Ultrasonic Flaw Detector ini bisa didapatkan di alatuji.com. Dengan produk unggulan dan terpercaya serta teruji banyak sekali konsumen yang menggunakan produk Time Instrument. Alatuji.com sebagai salah satu grup Time Instrument siap melayani konsumen Indonesia yang berminat untuk menggunakan Produk Time.

 

KUNJUNGI KAMI DI

Jl. Radin Inten II No. 62 Duren Sawit – Jakarta 13440
Telp. +62-21 8690 6777 | Fax. 021 8690 6770
Phone.0816 1740 8925 | 0812 8006 9024 | 0812 9595 7914
Whatsapp. 0813 1066 1358 | 0812 9595 7914
Bantuan cepat via email : sales@alatuji.com
Website : www.alatuji.com





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji