• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0816 1740 8927
    0812 1470 6170
    0888 6129 511
  • 0816 1740 8925
    0812 8006 9024
    0812 9595 7914
    0878 7867 0721
  • 0813 1066 1358
    0852 1117 4591
    0813 8742 8586

Komponen Dan Fungsi Automatic Weather Station

Kamis, 16 Agustus 2018

Automatic Weather Station atau yang disingkat AWS adalah alat pengukur cuaca otomatis yang dikembangkan dari alat sebelumnya yaitu versi tradisionalnya dan kini dibuat versi otomatis yang betujuan untuk menghemat tenaga kerja manusia dan memungkinkan pengukuran di daerah-daerah terpencil. Automatic Weather station (AWS) biasanya terdiri dari data logger, baterai isi ulang, telemetri (opsional) dan sensor meteorologi (sensor angin dan cahaya) dan ada juga yang terdapat panel surya untuk kemudahan dalam mengisi daya. Setiap alat tersebut yang ada pada Automatic Weather Station ini memiliki ketahanan untuk kondisi cuaca ekstrim seperti badai dan kemarau.

 

 

Automatic Weather Station memiliki fungsi untuk merekam dan memantau perubahan cuaca secara real-time dan otomatis. Hasil dari pemantauan AWS dapat dilihat dalam bentuk grafik. Berikut beberapa komponen yang ada pada automatic weather station dan fungsinya.

 

Termometer - Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu.

Wind Meter - Wind meter digunakan untuk mengukur arah angin

Anemometer - Anemometer digunakan untuk mengukur kecapatan angin

Hygrometer - Hygrometer untuk mengukur kelembaban

Pyranometer - Pyranometer untuk mengukur radiasi matahari

Rain Gauge - Rain Gauge untuk mengukur curah hujan

Data Logger - Data Logger untuk menyimpan data pengukuran

Barometer - Barometer untuk mengukur tekanan atmosfir, dan

erberapa AWS mempunyai Ceilometer untuk mengukur ketinggian pada awan

 

 

Bedasarkan penggunaannya Automatic Weather Station dibedakan, yaitu.

  • Real-Time AWS, ini digunakan untuk menghasilkan data meteorologi, AWS tipe ini digunakan untuk pengamatan sinoptic, memonitor keadaan bencana alam seperti badai, banjir, dan air pasang.

 

  • Off Line AWS, adalah aws yang digunakan untuk menyimpan data baik didalam ataupun diluar alat itu sendiri. Pengamat diperlukan untuk melakukan penyimpanan data dan mengolah data, Automatic Weather Station yang satu ini biasanya digunakan untuk klimatologi atau untuk melakukan surve.

 

Produk Automatic Weather Station

 

RX3000 Remote Weather Station Starter Kit - HOBO - RX3003-SYS-KIT-80X

Fitur :

  • Menyediakan komponen dasar yang dibutuhkan untuk aplikasi pemantauan cuaca
  • Akses data berbasis awan
  • Operasi plug and play
  • Kandang tahan cuaca tahan lama
  • Memberikan pemberitahuan alarm via SMS, email
  • Selain temp temp yang disertakan, RH, pengukuran kecepatan / arah angin, pilihan sensor lainnya dapat ditambahkan (seperti yang dicatat di bawah), tergantung pada persyaratan aplikasi Anda.

 

more view

 




Produk Terkait dengan artikel Komponen Dan Fungsi Automatic Weather Station


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)