• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Mengenal Data Logger Dan Pengaplikasiannnya

Jum'at, 29 Maret 2024

Data Logger adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mencatat data dari waktu ke waktu yang terintegrasi dengan sensor serta instrumen. Secara singkat data logger diartikan sebagai alat untuk mencatat data atau data logging. Data logger merupakan alat yang menggunakan mikroprosesor dan memori internal yang digunakan untuk merekam data melalui sensor.

 

Data logger secara fisik memiliki ukuran kecil dan memiliki teknologi terbaru sebagai alat untuk merekam data seperti suhu, tekanan air, kelembaban dll. Ada banyak jenis pada data logger dan biasanya ada yang menggunakan computer untuk mengkoneksikannya dan untuk mengaktifkannya menggunakan sebuah software. Hasil dari perekaman data dapat di lihat melalui komputer.

 

Data Logger berbasis Desktop/PC ialah data logger yang dapat dikoneksikan melalui komputer yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui sensor dalam menganalisis serta menampilkan hasil. Sistem pada data logger juga memiliki banyak kelebihan seperti fitur perhitungan proses pemantauan alam. Data logger kini dilengkapi dengan SCADA (Supervisory Control And Data Acquistion) yang merupakan evolusi lebih lanjut dari sistem data logger berbasis komputer, dimana hasil dari perekaman ditampilkan dalam bentuk grafis.

 

Pengaplikasian data logger biasanya digunakan untuk :

  • Pengukuran terhadap ruangan tempat penyimpanan tujuannya adalah untuk menjaga suhu dan ph agar sesuai dengan yang dibutuhkan)
  • Pengukuran terhadap wilayah perindustrian
  • Pengukuran terhadap hutan gambut
  • pengukuran terhadap cuaca
  • dll

keuntungan menggunakan data logger adalah kemampuannya yang dapat mengunduh otomatis data yang dikumpulkan setiap 24jam. Setalah data logger diaktifkan, data logger dapat merekam data dengan waktu yang ditentukan, hal ini memungkinkan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang kondisi lingkungan yang dipantau, contohnya seperti suhu udara, kedalaman air, kelembaban dll.

 

Data logger dapat digunakan disegala bidang seperti indor maupun outdor

 

Data logger Water Level

Data logger water level adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketinggian air. Water level ini banyak digunakan di industri lahan gambut karena sangat cocok digunakan untuk mengukur ketinggian air yang ada di lahan gambut. Produk dari data logger water level ini adalah

 

Water Level Data Logger (13 ft). HOBO - U20L-04 (view more)

 

Data Logger Temperature

Data logger temperature adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu baik di dalam ruangan atau di luar ruangan. Data logger ini biasanya digunakan untuk perindustrian buah, sayuran dan tempat penyimpanan barang. Banyak jenis dan tipe pada data logger temperature karena alat ini ada yang digunakan di indor dan ada juga yang digunakan di outdoor, Berikut contoh produknya.

Temperature Data Logger - HOBO - MX100 (view more)

 

Data Logger Weather Station

Data logger weather station ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur di udara atau angin. Data logger weather station juga dapat digunakan seperti untuk mengukur suhu, mengukur arah gerak angin, dan masih banyak lagi. Berikut contoh produk dan jika ingin lebih jelas klik judulnya.

Weather Station U30-NRC (view more)

 

Masih banyak produk dara data logger yang blm disebutkan, tetapi contoh yang diatas adalah data logger yang paling banyak digunakan saat ini. Dalam memilih data logger pilihlah data logger yang berkualitas seperti data logger HOBO. HOBO data logger merupakan merk ternama dari perusahaan onset data logger yang berlokasi di Amerika dan alatuji.com adalah distributor peratama di Indonesia yang bekerja sama dengan onset data logger.

 

 

 

Data logger yang bagus ialah data logger yang menggunakan sistem wireless, karena anda tidak akan repot jika ingin penarikna data. Software dari HOBO Data Logger bisa anda dapatkan secara gratis di App Store dan Google Play Store yang dmna itu dikhususkan bagi produk data logger wireless. Penggunaan data logger secara kabel, softwarenya juga akan dapat tetapi hanya versi standar. HOBO data logger sangat cocok digunakan di hutan gambur khususnya data logger water level.

 

Anda dapat menggunakannya dengan sangat mudah dan menampilkan laporan dalam bentuk grafik sehingga anda dapat dengan mudah mengetahui data informasi dari data logger dengan cepat. 

 




Produk Terkait dengan artikel Mengenal Data Logger Dan Pengaplikasiannnya


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji