• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Semua Tentang Charpy Impact Test

Kamis, 25 April 2024

Charpy Impact Test, juga dikenal sebagai tes V-notch Charpy, adalah tinggi standar regangan-tingkat tes yang menentukan jumlah energi yang diserap oleh material selama fraktur. Ini energi yang diserap adalah ukuran ketangguhan takik bahan tertentu dan bertindak sebagai alat untuk belajar bergantung pada suhu transisi. Hal ini banyak digunakan pada industri, karena mudah untuk mempersiapkan dan melakukan dan hasilnya dapat diperoleh dengan cepat dan murah.
 

Tes ini dikembangkan sekitar tahun 1900 oleh SB Russell (1898, American) dan G. Charpy (1901, Perancis). Tes dikenal sebagai tes Charpy pada awal 1900-an karena kontribusi teknis dan upaya standarisasi oleh Georges Charpy. Tes ini penting dalam memahami masalah fraktur kapal selama Perang Dunia II
 

Pada saat ini, Charpy Impact Test digunakan di banyak industri untuk pengujian bahan yang digunakan dalam pembangunan kapal tekanan dan jembatan dan untuk menentukan bagaimana badai akan mempengaruhi bahan yang digunakan di dalamnya. Alat untuk pegujian Charpy Impact tersebut adalah Charpy Impact Tester atau Charpy Impact Testing Machine.

 

Alat ini tersusun dari pendulum massa diketahui dan panjang yang dijatuhkan dari ketinggian diketahui dampak spesimen berlekuk bahan. Energi yang ditransfer ke material dapat disimpulkan dengan membandingkan perbedaan ketinggian palu sebelum dan setelah fraktur (energi yang diserap oleh peristiwa fraktur).

 

Notch dalam sampel mempengaruhi hasil tes dampak, sehingga perlu bagi kedudukan menjadi dimensi reguler dan geometri. Ukuran sampel juga dapat mempengaruhi hasil, karena dimensi menentukan apakah atau tidak material berada dalam plane strain. Perbedaan ini sangat mempengaruhi kesimpulan yang dibuat.

 

Metode Standar untuk Pengujian Impact Test  ditemukan pada ASTM E23, ISO 148-1 atau EN 10.045-1, di mana semua aspek dari tes dan peralatan yang digunakan akan dijelaskan secara rinci.

 

Kuantitatif hasil

 

Hasil kuantitatif dari dampak tes energi yang diperlukan untuk fraktur material dan dapat digunakan untuk mengukur ketangguhan material dan kekuatan luluh. Juga, laju regangan dapat dipelajari dan dianalisis untuk efeknya pada fraktur.

 

Suhu transisi (DBTT) dapat diturunkan dari temperatur di mana energi yang diperlukan untuk fraktur materi drastis berubah. Namun, dalam prakteknya tidak ada transisi tajam dan sulit untuk mendapatkan suhu transisi yang tepat (itu benar-benar wilayah transisi). Sebuah DBTT yang tepat dapat diperoleh secara empiris dalam banyak cara: energi diserap tertentu, perubahan aspek fraktur .
Kualitatif hasil


Hasil dari uji kualitatif dampak dapat digunakan untuk menentukan daktilitas material. Jika istirahat materi pada bidang datar, fraktur itu rapuh, dan jika istirahat material dengan tepi bergerigi atau bibir geser, maka fraktur. adalah ulet. Biasanya material tidak pecah hanya dalam satu cara atau yang lain, dan dengan demikian membandingkan bergerigi ke daerah permukaan datar dari fraktur akan memberikan perkiraan persentase patah ulet dan rapuh.

 

 

disadur dari : wikipedia





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji