Home | Product | Service | News Event | Article | Consultation | FAQ


Mengenal HOBO Automatic Weather Station RX3000 dan Keunggulannya
Rabu, 8 Juli 2020

Automatic Weather Station adalah alat yang berfungsi untuk deteksi cuaca secara otomatis dan alat ini merupakan alat pengembangan dari alat deteksi cuaca versi manual. Automatic Weather Station diciptakan karena untuk memudahkan dan mengehemat tenaga kerja manusia serta memungkinkan pengukuran dengan sangat mudah dan cepat. Automatic Weather Station adalah teknologi yang terbilang masih baru, karena banyak orang yang belum mengetahui tentang alat ini.

 

Automatic Weather Station biasanya terdiri dari beberapa alat dan sensor seperti data logger, solar panel, temperature, wind sensor, dll. Kesemua sensor dan alat ini memiliki fungsi yang berbeda, akan tetapi alat ini tetap digunakan untuk mendeteksi cuaca atau bisa dibilang sebagai alat Ramalan Cuaca. Banyak perusahaan pemerintah atau swasta menggunakan alat ini untuk mendeteksi cuaca di daerah sekitar.

 

 

Mengenal HOBO Automatic Weather Station RX3000

 

HOBO Automatic Weather Station RX3000 adalah alat deteksi cuaca atau alat ramalan cuaca yang dilengkapi dengan berbagai sensor dan teknologi terbaru. Alat ini dikembangan oleh perusahaan ternama HOBO dan sudah dikalibrasi dengan standar internasional sehingga keakuratan dari produk ini tidak diragukan lagi. Di Indonesia jika anda memesan Automatic HOBO Weather Station RX3000 anda bisa mendapatkan dengan sertifikat kalibrasi internasional dan juga bisa mendapatkan sertifikat kalibrasi BMKG.

 

HOBO Automatic Weather Station ini terdiri memiliki banyak sensor dengan teknologi terbaru dan tentunya akurat dalam pengukurannya. Seperti yang akan dijelaskan di bawah ini :

 

Data Logger RX3000

Data Logger RX3000 ini adalah alat yang digunakan untuk menyimpan hasil data perekaman dari sensor-sensor yang ada pada Automatic HOBO Weather Station RX3000 ini. Dengan Data Logger RX3000 ini, kita dapat memakai lebih dari 10 sensor sekaligus sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan kita. Data Logger RX3000 ini tentunya hemat energy sehingga tidak akan menguras tenaga yang ada.

 

Wind Sensor

Wind Sensor adalah alat yang berfungsi untuk mengukur arah mata angin dan kecepatan angin. Dengan alat ini kita akan mengetahui arah angin dan kecepatan angin, sehingga jika terjadi angin topan dan angin puting beliung dapat terdeteksi dengan sensor ini. Sensor ini juga tidak memerlukan baterai karena nantinya akan terhubung ke panel surya yang terdapat di HOBO Automatic Weather Station RX3000.

 

Rain Gauge

Rain Gauge adalah alat yang berfungsi untuk mengukur curah hujan. Dengan alat ini kita dapat mengukur curah hujan melalui sensornya. HOBO mengembangkan sensor Rain Gauge dengan teknologi terbaru yang menjamin keakuratan dalam mengukur curah hujan. Alat ini adalah alat penting dalam Automatic Weather Station, karena dengan alat ini kita dapat mengetahui kapan hujan datang serta hujan besar atau tidak.

 

Pyranometer

Pyranometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur radiasi matahari. Hobo memiliki sensor ini dengan nama solar radiation dan alat ini sudah bersertifikat kalibrasi BMKG untuk di Indonesia.

 

Tempt/RH

Alat ini berfungsi untuk mengukur kelembaban dan temperatur suhu di sekitaran area atau wilayah tersebut yang termasuk jangkauan HOBO Automatic Weather Station. Alat ini biasa dipakai untuk ramalan cuaca yang biasa dipakai di televisi atau media umum.

 

Ada banyak sensor pada HOBO Automatic Weather Station dan jika disebutkan akan panjang di blog ini, akan tetapi semua sensor itu tidaklah dipakai, hanya dipakai sesuai kebutuhan saja. Dengan adanya panel surya yang terdapat di HOBO Automatic Weather Station ini, anda tidak perlu khawatir akan kekurangannya sumber daya listrik untuk menggunakan alat ini.

 

Keunggulan HOBO Automatic Weather Station

 

Banyak keunggulan yang ada pada alat deteksi cauca ini, salah satunya adalah dengan adanya Sistem Cloud. Dengan adanya sistem Cloud ini, kita dapat memantau dan pengambilan data di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan Smathphone ataupun Laptop, sehingga dapat mengurangi tenaga yang dikeluarkan. HOBO Automatic Weather Station ini juga bisa didapatkan dengan sertifikat kalibrasi BMKG karena kami sudah bekerja sama dengan pihak BMKG untuk mengkalibrasi Senspr pada HOBO Automatic Weather Station.

 

Kami alatuji.com menjual berbagai alat pengujian dan pengukuran berkualitas dengan promo menarik. Kami bekerja sama dengan beberapa perusahan ternama seperti FAKOPP, HOBO, TIME dan perusahaan dalam negeri BMKG dan Dinas Kehutanan DKI Jakarta serta kami menerima jasa pengujian sipil dan SHMS bangunan berpengalaman seperti gedung, jembatan, tambang dll.

 

**Untuk informasi lebih lanjut terkait pemesanan dan konsultasi dapat menghubungi kami di 021-8690-6777 atau email di sales@alatuji.com.**