Home | Product | Service | News Event | Article | Consultation | FAQ


Menguji Kekuatan Tarik Dengan Alat Tensile Strength
Kamis, 23 Mei 2019

Apa itu Tensile Strength ? pengertian Tensile Strength adalah tegangan maksimum yang bisa ditahan oleh sebuah bahan ketika diregangkan atau ditarik, sebelum bahan tersebut patah. Dengan menarik suatu material akan diketahui bagaimana material tersebut bereaksi terhadap tenaga tarikan dan mengetahui sejauh mana material itu bertambah panjang. Hasil dari tes biasa digunakan untuk memilih bahan yang akan diaplikasikan, untuk mengontrol kualitas, dan untuk memprediksi bagaimana sebuah material akan bereaksi dibawah sebuah tekanan. Dari pengukuran ini, kita dapat mengetahui sifat-sifat suatu bahan. Dengan menarik suatu bahan kita akan segera mengetahui bagaimana bahan ini bereaksi terhadap tenaga tarikan dan mengetahui sejauh mana material itu mampu bertambah panjang dengan baik.

 

Dengan menggunakan alat Tensile Strength jadi dapat mengetahui bahan dan material yang baik dan kuat. Tensile Strength ini juga merupakan alat yang digunakan pada industri yang menggunakan bahan dasar karet (rubber) yang dimana mesin ini digunakan untuk mengetes bahan untuk melihat bagaimana ketahanannya terhadap tenaga tarikan. industri Pabrik Ban salah satu contoh industry yang menggunkan alat Tensile Strength ini, dengan menggunakan alat ini pabrik ban bisa mengetahui pengujian kelenturan pada material yang dipakai untuk ban dan seberapa kuat ban untuk menahan tekanan dari kendaraan karena ban menjadikan factor utama dalam keselamatan.

 

Tensile Strength ini mudah dan sangat cocok digunakan untuk perindustrian yang membutuhkan keakuratan dalam pengujian terhadap bahan dan material yang ada. Pengujian tarik ini pada umumnya digunakan pada material karet padat, logam berat, fiber, dan lainnya. Banyak bahan yang memiliki bobot dan rupa yang sama namun mereka memiliki daya tahan terhadap tarikan yang berbeda. Tentunya pada dunia industri kita harus menentukan bahan mana yang memang condong lebih baik dalam penggunaannya. Material yang baik adalah material yang pada saat proses pengujian berlangsung dan memenuhi standariasi yang telah ditentukan.