Home | Product | Service | News Event | Article | Consultation | FAQ


Anies Imbau Warga Antisipasi Hujan Lebat Guyur Jakarta
Minggu, 23 Februari 2020

Jakarta, 15-12-17 - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga mengantisipasi hujan lebat disertai petir yang diprediksi akan melanda sejumlah wilayah di Jakarta hari ini. Terutama di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

"Saya mengimbau kepada semua warga untuk mengantisipasi juga kemungkinan hujan yang amat lebat dan diriingi dengan petir," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017). 

Anies mengatakan, Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat disertai petir tersebut terjadi pada sore dan malam hari. Ia berharap tidak akan ada masalah yang timbul akibat cuaca buruk tersebut. 

"Ini sesuatu yang harus kita antisipasi. Mudah-mudahan tidak muncul masalah," ujarnya. 

Anies mengaku telah menginstruksikan seluruh aparat dan jajarannya untuk siaga dan tanggap terhadap cuaca buruk yang akan melanda Jakarta. 

"Tadi pagi sudah diinstruksikan kepada seluruh aparat untuk siaga tanggap," ucapnya. 

BMKG memprediksi sejumlah wilayah di DKI Jakarta akan diguyur hujan deras hari ini. Pada pagi hari, seluruh wilayah DKI Jakarta diprediksi diguyur hujan sedang. Sedangkan siang harinya hujan akan turun dengan skala ringan hingga sedang.

 

berbiacara tentang hujan, curah hujan dapat dikur menggunakan rain gauge. apa itu rain gauge ? mari kita cari tahu di bahwah ini

 

Data Logging Rain Gauge

Data Logging Rain Gauge terdiri dari dua komponen utama: Curah Tipping-Bucket Kolektor, dan Log Data Event / Suhu HOBO®. Kolektor terdiri dari cincin, layar, dan coretan pisau aluminium berlapis hitam yang dilapisi bubuk hitam perakitan yang mengalihkan air hujan ke mekanisme tipping-bucket yang terletak di aluminium perumahan. Perumahannya adalah aluminium berlapis bubuk putih yang dirancang untuk tahan bertahun-tahun paparan lingkungan.

 

Mekanisme tip-bucket dirancang sedemikian rupa sehingga salah satu ujungnya ember itu terjadi untuk setiap curah hujan 0,01 "(RG3) atau 0,2 mm (RG3-M). Setiap ember tip adalah terdeteksi ketika magnet yang menempel pada ember tip menggerakkan saklar magnetis sebagai ember tip, sehingga mempengaruhi penutupan saklar sesaat untuk setiap tip. Menghabiskan air hujan saat itu mengalir keluar dari dasar perumahan. Peralihan terhubung ke HOBO Event / Temperatur data logger, yang mencatat waktu setiap tip.

 

data logging rain gauge


Data logger adalah logger event yang tahan lama dan tahan cuaca dengan sensor suhu 10 bit. Bisa catat 16.000 atau lebih pengukuran dan tip. Menggunakan coupler dan base station optik dengan Antarmuka USB untuk peluncuran dan pembacaan data oleh komputer. Pilihan antar-jemput data juga tersedia.


Catatan: Logger data Peristiwa / Suhu HOBO dan Tipping-Bucket Collector masing-masing memiliki nomor urut mereka sendiri Nomor seri logger terlihat melalui perumahan logger dan berada juga tercatat di file data HOBOware (.hobo file). Seri Tipping-Bucket Collector nomor ditemukan pada label produk perumahan kolektor dan kotak kemasan. Ambil sebuah momen dan catat nomor seri di sini: HOBO Event / Temperature Data Logger Serial