Home | Product | Service | News Event | Article | Consultation | FAQ


Mengukur Oksigen Terlarut Dalam Air
Jum'at, 5 Maret 2021

Air adalah salah satu senyawa kimia yang dihasilkan dari ikatan unsur hidrogen (H2) yang bersenyawa dengan unsur oksigen (O) dimana hal ini menghasilkan senyawa baru yaitu H2O. Air merupakan senyawa penting yang fungsinya tidak tergantikan posisinya oleh senyawa apapun di bumi ini bagi makhluk hidup. Bagi setiap makhluk hidup air sendiri merupakan kebutuhan vital sebagai air minum untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

 

Seperti yang telah dibahas di atas air mengandung senyawa oksigen, hal ini juga tergantung dari kondisi air itu sendiri. Oksigen yang terlarut dalam air ini berperan dalam proses oksidasi dan reduksi bahan organik maupun anorganik yang terkandung di dalamnya. Oksigen ini juga menjadi faktor penentu kondisi biologis yang dilakukan oleh organisme aerobik atau anaerobik.

 

Pada kondisi aerobik, oksigen berperan dalam proses pengoksidasian bahan organik dan anorganik yang nantinya akan menghasilkan nutrien. Oleh karena itu kandungan oksigen ini merupakan indikator dari kualitas air. Untuk mengukur dan menguji kualitas air gunakan alat pengukur kualitas air.

 

Kebutuhan air dengan oksigen terlarut di dalamnya merupakan hal yang bermanfaat bagi tubuh. Molekul-molekul oksigen ini terdapat di antara molekul air. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kadar oksigen ini sendiri adalah tekanan, suhu dan jumlah zat terlarut yang ada di dalamnya. Dengan kandungan oksigen terlarut yang cukup tentu akan menjadikan air tersebut berkualitas baik. Untuk lebih jelasnya akan dipaparkan 3 cara yang dapat meningkatkan kadar oksigen dalam air, yaitu :

 

 

HOBO U26 Dissolved Oksigen

HOBO Dissolved Oxygen logger adalah logger mandiri yang menggunakan RDO® Basic Technology untuk mengukur oksigen terlarut (DO). Logger memiliki sensor optik yang memberikan 0,2 mg / L ketepatan. Logger ini juga dilengkapi dengan tutup sensor yang mudah diganti dan terintegrasi sensor temperatur.

 

Menggunakan software HOBOware® untuk setup logger dan HOBO Waterproof

Shuttle untuk offload data cepat, logger ini mudah dipasang di air tawar dan air asin lingkungan menjadikannya alat yang ideal untuk studi dampak lingkungan serta ekologi dan penelitian oseanografi. Dengan menggunakan data yang dibongkar dari logger, Asisten Oksigen HOBOware Dissolved Oxygen hitung persen kejenuhan dan konsentrasi DO yang disesuaikan dengan salin serta benar
pengukuran melayang dari fouling.

 

 

Ukur konsentrasi oksigen di danau, sungai, sungai, muara sungai, dan perairan pantai dengan HOBO U26 Dissolved Oksigen Data Logger. Logger data yang terjangkau dan tepat ini direkomendasikan untuk penelitian penelitian biologi perairan dan hidrologi. HOBO U26 menggunakan teknologi sensor DO DO RDO® Basic (Rugged Dissolved Oxygen) dan mudah dipelihara.

 

Fitur :

 

CATATAN: Untuk pengukuran DO di air asin, diperlukan penyesuaian untuk salinitas. Untuk perairan dengan perubahan salinitas kecil (<2 ppt), pembacaan salinitas biasanya memberikan akurasi yang cukup. Untuk lingkungan dengan perubahan salinitas yang lebih besar, umumnya kita merekomendasikan logger konduktivitas HOBO U24-002-C. Jika Anda memerlukan DO dalam Persen Saturation, diperlukan data tekanan barometrik, yang dapat dicatat dengan Logger Data Tingkat Air HOBO (U20-001-04).