Home | Product | Service | News Event | Article | Consultation | FAQ


Seminar dan Workshop Indonesia NDT Expo 2012
Rabu, 23 Mei 2018

Uji Tak Rusak (UTR) yang lebih dikenal dengan nama Non-Destructive Testing (NDT) adalah suatu teknik pengujian mutu material tanpa merusak material yang akan diuji untuk menjamin kepastian mutu, kehandalan komponen, keselamatan operasi unit produksi, & telah dimanfaatkan secara luas pada seluruh sektor industri.


Uji Tak Rusak (NDT) yang sering digunakan diantaranya Radiographic Test (RT), Ultrasonic Test (UT), Magnetic Test (MT) , Hardness Test (HT), Leakage Test (LT), Thickness Test (TT), Vibration Test (VT), Infrared Thermography (IR) dan metode Uji tak rusak lainnya. Peran penting NDT dalam kegiatan inspeksi, penerapan AIMS, RBI dan penentuan RLA merupakan bagian dari upaya mencari solusi untuk meningkatkan keselamatan, kehandalan, dan produktivitas industri.


Indonesia NDT EXPO 2012 merupakan event NDT Instrument terbesar di Indonesia yang diselenggarakan tanggal 30 Oktober – 1 November 2012 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. PT Taharica ikut ambil bagian dalam event terbesar ini dengan menjadi salah satu peserta Seminar & Workshop Indonesia NDT Expo 2012.

 

IMG_6858.jpgIMG_6871.jpg

 

Acara ini diselenggarakan oleh AUTRI bekerjasama dengan BATAN, B4T, UGM, ITB dan UI dan didukung oleh Kementerian Perindustrian, Ditjen Migas, Departemen R & D, Departemen Pekerjaan Umum & Departemen Perhubungan.


Indonesia NDT EXPO 2012 tagline "NDT for Enhancing Safety Reliability & Productivity" bertema Pemanfaatan UTR/NDT untuk inspeksi infrastruktur, komponen dan kilang industri dalam rangka meningkatkan keselamatan, reliabilitas dan produktivitas. Event ini dibuka oleh perwakilan dari Kementerian Riset dan Teknologi.


Peneliti, Profesional dan Praktisi dari semua bidang ilmu yang berkait dengan kilang minyak, gas, petrokimia, konstruksi, dirgantara dan otomotif berkumpul untuk membahas isu penting, berbagi pengalaman studi kasus, memperkenalkan hasil riset dan aplikasi baru Uji Tak Rusak (UTR) pada bejana proses bertekanan tinggi, komponen pesawat udara, otomotif, bangunan, jalan layang, jembatan dan dermaga.


PT Taharica mengikuti semua acara yang terdapat pada acara Indonesia NDT Expo 2012 tersebut. Mulai dari Seminar & Lokakarya meliputi Pengujian Bahan, NDT Teknologi & Aplikasi, Personel Sertifikasi, Quality Assurance, Layanan & Kehandalan.


Seminar ini dibahas oleh para pakar, praktisi dan pengambil kebijakan/keputusan dalam Symposium/Workhop ini sebagai bagian dari upaya mencari jalan untuk meningkatkan keselamatan, kehandalan dan produktivitas industri.


Selanjutnya PT Taharica membuka pameran instrument pengujian yang dimiliki oleh Taharica Group. Instrument tersebut antara lain :
•    Ultrasonic Thickness Gauge
•    Coating Thickness Gauge
•    Rebar Locator
•    Vibration Meter
•    Flaw Detector
•    Hardness Tester

IMG_6860.jpgIMG_6863.jpg

Selain pameran instrument pengujian, PT Taharica mengundang salah satu perwakilan dari Time Instrument, Mr. Steven yang merupakan Principal dari perusahaan kami untuk memberikan penjelasan dan training instrument pengujian kepada para peserta dan pengunjung pameran.


IMG_6912.jpg

Peserta dan pengunjung pameran tersebut antara lain :
•    Ahli NDT dan Praktisi, Pengujian Bahan, Inspektur, Insinyur Profesional, Manajer Teknik, Konsultan, Engineer, Peneliti, Cendekiawan, serta pengamat UTR.
•    Perusahaan menyediakan layanan dalam inspeksi teknis, pengujian material, dan pengujian non destruktif
•    Perusahaan minyak & gas, petrokimia, pembangkit listrik, transportasi, dan Produsen.

IMG_7125.jpgIMG_6867.jpg

Kami memberikan katalog dan souvenir secara gratis kepada pengunjung yang telah datang ke booth PT Taharica. Indonesia NDT Expo 2012 ini telah berakhir pada tanggal 1 November 2012.