• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • Sales Alat Pengujian
    0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721
  • Alat Uji
  • Sales Jasa Pengujian
    0812 1930 1958

Pengujian Struktur Pohon Demi Hidup Sehat di Perkotaan

Minggu, 5 Juli 2020

Pohon banyak memberikan manfaat untuk semua yang hidup di bumi ini termasuk manusia seperti memberikan pasokan udara bersih, meperindah suatu tempat, mencegah banjir, menyerap CO2, membantu mengatasi pemanasan global dan masih banyak lagi manfaat dari pohon. Tetapi, pohon juga bisa memberikan dampak buruk bagi kita, yakni jika pohon tumbang dan mengenai orang yang melintas dibawahnya.

 

Pohon juga sama seperti kita manusia yang harus di periksa kesehatannya. Karena, jika tidak diperiksa maka dampak buruk itu bisa saja menimpa pada kita taupun keluarga kita. Lalu, apa saja yang harus di cek kesehatannya pada pohon? Pengecekan kesehatan pada pohon meliputi pengujian pada struktur pohon.

 

Pengujian pada struktur pohon meliputi akar pohon hingga batang pada pohon. Pengujian ini bertujuan agar pohon tidak runtuh atau tumbang yang disebabkan faktor alam seperti banjir, angin kencang, dan hujan lebat. Rongga pada batang pohon juga dapat di deteksi, karena ada beberapa kasus pengendara motor tertimpa batang pohon yang patah akibat kenacangnya angin dan hujan lebat.

 

Baca juga artikel ini : Dinas Kehutanan Pemprof DKI Tanami Ribuan Pohon dan Semak Demi Jakarta Hijau

 

Pengujian pada pohon dapat dilakukan dengan alat uji pohon. Alat uji pohon adalah alat yang digunakan untuk menguji, mengukur dan mendeteksi struktur pada pohon. Alat uji pohon ini sangat populer di beberapa negera eropa karena dengan alat ini pencabutan pohon-pohon tua di jalan perkotaan tidak akan terjadi lagi dan dengan alat ini ruang terbuka hijau di kota-kota bisa bertambah banyak.

 

Kota Jakarta sendiri melalui Dinas Kehutanan DKI Jakarta melakukan pemeriksaan pada pohon-pohon di tua di jalan perkotaan pada bulan desember 2019. Tujuan pemeriksaan ini bertujuan agar pohon-pohon tua ketika intensitas hujan yang tinggi dan angin kencang tidak runtuh dan mengenai pengendara yang melintas dekat pohon tua tersebut.

 

Dinas Kehutanan DKI Jakarta menggunakan alat pengujian pohon FAKOPP sebagai alat untuk pemeriksaan kesehataan pohon di jalan perkotaan. FAKOPP adalah alat uji kesehatan pohon yang dapat memberikan info grafis secara 3D dan dapat mendeteksi rongga atau pelapukan pada batang pohon dengan akurat dan cepat.

 

Untuk pemesanan produk alat uji pohon (FAKOPP) bisa langsung menghubungi WA: 081295957914 email : sales@alatuji.com




Produk Terkait dengan artikel Pengujian Struktur Pohon Demi Hidup Sehat di Perkotaan


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji