• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • Sales Alat Pengujian
    0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721
  • Alat Uji
  • Sales Jasa Pengujian
    0812 1930 1958

Mengenal Lebih Dekat Alat Ukur Kemiringan Tanah (Inclinometer)

Sabtu, 11 Juli 2020

Sering kita mendengar atau melihat pristiwa terjadinya bangunan runtuh atau amblas yang ada di perkotaan. Hal itu terjadi karena pergeseran tanah atau struktur tanah yang tidak bagus sehingga tanah bergeser yang memungkinkan tanah menjadi miring dan bangunan diatasnya pun runtuh atau roboh. Biasanya agar hal itu tidak terjadi, para kontraktor bangunan melakukan pengukuran kemingiringan tanah dengan menggunakan alat bernama Inclinometer.

 

Inclinometer adalah sensor atau alat yang berfungsi untuk mengukur besarnya sudut inklinasi atau deformasi struktur apa pun. Sensor pada Inclinometer ini digunakan untuk mengukur kemiringan lereng selama kegiatan seperti tunneling, ekskavasi, dan dewatering. Kegiatan seperti yang disebutkan tadi mempengaruhi tanah yang mendukung struktur. Prosedur pemasangan yang terpotong atau gerakan apa pun di dinding dan tanggul penopang. Untuk memantau penyelesaian tanah di atas titik tunneling, alat dipasang secara horizontal.

 

Inclinometer yang banyak digunakan saat ini adalah Inclinometer Manual dan Inclinometer Digital.

 

 Jasa Inclinometer dan jual inclinometer

sumber : encardio

 

Sistem alat Inclinometerl manual teridir dari beberapa komponen berikut :

  • Probe Inclinometer
  • Unit Pembacaan Seluler
  • Gulungan Kabel (ditandai setiap 0,5 / 1m)
  • Aksesoris: Baterai Kabel Reel, Pengisi Daya Baterai, Baterai Seluler, Pengisi Daya Seluler

 

Sistem pada digital Inclinometer merupakan system yang paling sering digunakan. Untuk probe manual, kedua sensor MEMS dipasang 90 derajat satu sama lain (blasksial), Probe berkisar ke ± 30 derajat dari vertical.

 

Casing Inclinometer

Penggunaan alat ini digunakan untuk memandu probe di dalam casing dengan empat alur roda memanjang, berjarak 90 derajat. Dari semua ini, hanya satu set alur yang berlawanan dengan arah perpindahan yang diharapkan yang digunakan. Umumnya alat dipasang di tanah, di dalam lubang yang sudah  dibor dan ruang annular digerus. Tetapi, ada instalasi lain dimana casing ditanam dalam struktur dalam beton.

 

Gulungan Kabel

Gulungan kabel inclinometer pada probe ukur kemiringan dan perangkat pembacaan. Ini dipakai untuk mengirimkan sinyal listrik selama pengukuran dan berfungsi sebagai kontrol kedalaman yang tepat dan berulang untuk probe.

 

Kabel ini mempunyai desain yang berbeda dan dibangun untuk memberikan stabilitas longitudinal jangka panjang. Kabel berfungsi untuk pita pengukur. Dengan kata lain, ini bertujuan agar tahan lama, tahan air dan tidak melar serta tidak menyusut jika resistensi torsi tinggi.

 

Android Mobile Readout Unit

Digital / android inclinometer menggunakan smartphone untuk unit pembacaan untuk merekam data pada setiap interval kedalaman. Ini mampu menyimpan beberapa set data dan dapat melakukan pemeriksaan lapangan untuk memverifikasi validitas pengukuran.

 

In-Place Inclinometer

 

In-Place Inclinometer

 

Komponen – Komponen

  • Perakitan roda bawah
  • In-Place
  • Spacer tubing (panjang: perlu ditentukan sesuai kebutuhan)
  • Penempatan tabung (bagian paling atas)
  • Kit suspensi
  • Penutup pelindung
  • Kotak persimpangan
  • Data Logger: ESDL-30

In-Place Inclinometer selanjutnya dibagi menjadi dua jenis – Uniaksial dan Biaksial. Indikator kemiringan dua arah di tempat terdiri dari beberapa sensor MEMS yang terpasang pada suhu 90 °.

 

Komponen Sistem Inclinometer

 

  • Kabel Kontrol

jual kabel kontrol inclinometer

 

  • Gulungan Kabel

 jual gulungan kabel inclinometer

 

  • Gulungan Kabel Listrik

jual gulungan kabel listrik inclinometer

 

  • Katrol Kabel Inclinometer

jual katrol kabel inclinometer

 

  • Probe Dummy Inclinometer

jual probe dummy inclinometer

 

Cara Kerja Sistem Pada Digital Inclinometer

Probe Inclinometer menggunakan accelerometer untuk mengukur sudut kemiringan dari haris vertical bidang horizontal yang sebenarnya sehubungan dengan permukaan bumi. Accelerometer itu sendiri mengukur perubahan akselerasi karena gravitasi yang dirasakan saat berputar pada sumbu horizontal.

 

Accelerometer mengalami akselerasi maksimum ketika sumbu sensitifnya benar-benar vertical dan akselerasi minimum ketika sumbu sensitifnya benar-benar horizontal.

 

Dalam probe inclinometer vertical, accelerometer internal dipasang sedemikian rupa sehingga ketika probe inclinometer benar-benar verika, sumbu sensitive accelerometer disejajarkan secara verikal.

 

Dalam prove inclinometer horizontal, sumbu sensitif akselerometer disejajarkan secara vertical ketika probe disejajarkan sepanjang bidang horizontal yang sebenarnya. Ketika accelerometer berputar pada sumbu horizontal sepanjgan bidang vertical, outpunya berupa secara proposional ke sinus sudut yang dihasilkan oleh sumbu sensitifnya dari vertikal sejati.

 

Jari pada dasarnya alat ini sebanding dengan sinus sudut kemiringan dari pada sudut kemiringan probe inclinometer itu sendiri. Namun, variasi hokum sinus dari keluaran probe inclinometer ini lebih berfungsi bagi kami karena perhitungan selanjutnya untuk menentukan progfil pentanahan menggunakan sinus sudut kemiringan daripada sudut kemiringan itu sendiri.

 

Probe Inclinometer vertikal uniaksial mampu mengukur kemiringan sepanjang bidang vetikal yang melewati sumbu probe. Probe Inclinometer biaksial dapat mengukur kemiringan secara independen di sepanjang dua bidang vertikal yang orthogonal satu sama lain, dengan gari persimpangan mereka bertepatan dengan sumbu probe Inclinometer.

 

Probe Inclinometer horizontal biasanya dipakai untuk mengukur kemiringan sepanjang bidan vertikal yang melewati sumbu inclinometer. Accelerometer kedua sering disediakan untuk kemiringan sepanjang bidang tegak lurus terhadap poros probe Inclinometer horizontal sehingga setiap rotasi probe horizontal selama lintasan dapat dideteksi dan koreksi untuk penerapan ini.

 

Contoh Kasus Inclinometer di Bendungan

 

Di dalam proses pemantauan pada bendungan, Inclinometer akan mengukur pergerakan horizontal yang terjadi di dalam badan bendungan, atau gerakan internal yang terajadi pada badan bendungan. Serta alat ini juga akan mengukur gerak-kerik pada lateral tubuh bendungan.

 

Setalh hasil dari pengukuran tersebut didapat, maka hasil dari pengukuran tersebut dapat menjadi sumber informasi dari lokasi yang mengalami kritis yang diakibatkan oleh pergerakan tanah. Hasil tersebut akan ditampilkan pada monitor yang sebelumnya sudah disiapkan.

 

Apabila hasil dari pemantauan tersebut muncul pada layar monitor, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyimpan data yang sudah terbaca tadi dengan cara mengetuk icon ‘Rekam” atau dengan menekan tombol “Enter” pada tampilan layar PC. Lalu setelah langkah selesai dilakukan kita hanya akan perlu menunggu hasil dari penyelesaian pada PC hingga menghasilkan suara “BIP”.

 

PC lapangan ini digunakan dengan tampilan layar LCD, hal ini berguna untuk meminimalisir adanya kesalahan yang dihasilkan pada saat dilakukannya pengujian. PC ini juga akan melakukan survei inclinometer normal dan kemudian hasil dari survei tersebut akan disimpan di dalam data file yang terpisah.

 

Kami menerima jasa ukur kemiringan tanah (Inclinometer) dengan engineering terampil yang siap ditempatkan di daerah suluruh Indonesia. Kami juga menerima jasa pengujian sipil seperti SHMS, Pengujian Sondir, PDA Test dll. Untuk portofolio kami silahkan tanyakan melalui chat online yang tersedia di web ini.

 

Informasi mengenai jasa silahkan kirimkan permintaan jasa ke email sales@alatuji.com




Produk Terkait dengan artikel Mengenal Lebih Dekat Alat Ukur Kemiringan Tanah (Inclinometer)


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji