• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • Sales Alat Pengujian
    0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Panduan Instalasi HOBO U20 Water Level Logger

Kamis, 6 Agustus 2020

HOBO Water Level Data Logger U20 adalah salah satu produk HOBO Water Level untuk memantau perubahan ketinggian air di berbagai tempat seperti sungai, laut, irigasi dan masih banyak lagi yang dipasangkan khusus untuk menempatkan water level. HOBO Water Level ini memiliki sensor dengan akurasi tinggi dengan harga terjangkau, mudah di gunakan serta perawatan alat yang tidak rumit. HOBO Water Level Data Logger U20 ini dikembangkan oleh peneliti Amerika

 

HOBO Water Level U20 dirancang untuk memudahkan kita dalam pemantauan air. Berikut adalah panduan penggunaan HOBO Water Level Logger U20.

 

Setup atau Pengaturan Awal:

Sebelum Anda menggunakan HOBO U20 Water Level Logger di lapangan, lakukan langkah-langkah berikut untuk pengaturan awal:

  1. Bukalah aplikasi HOBOware.
  2. Hubungkan logger ke komputer.
  3. Verifikasi status. Klik Status pada bilah alat dan amati bahwa tekanan absolut mendekati tekanan barometrik pada lokasi dan pengukuran suhu mendekati suhu aktual.
  4. Luncurkan logger.
  • Pastikan kedua Abs. Tekanan dan Suhu dipilih (suhu diperlukan untuk kompensasi suhu tekanan).
  • Logging Tegangan Baterai tidak penting karena Anda dapat memeriksa tegangan baterai menggunakan layar Status saat memulai atau pada saat logger aktif.

 

panduan instalasi hobo u20

 

Koneksi Logger ke Komputer

Water Level Logger HOBO membutuhkan coupler (COUPLER2-B) dan USB Optic Base Station (BASE-U-4) atau Shuttle Tahan Air HOBO (U-DTW-1) untuk terhubung ke komputer.

  1. Ikuti instruksi pada logger untuk memasang base station atau shuttle to a USB port di komputer.
  2. Buka tutup plastik hitam dari logger dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam.
  3. Pasang coupler ke base station atau shuttle
  4. Masukkan logger ke dalam coupler dengan tepi logger sejajar dengan panah pada label coupler. Putar logger dengan hati-hati untuk memastikan bahwa logger sudah terpasang dengan benar di coupler (tidak boleh berputar).

CATATAN: Jika Anda menggunakan Shuttle Waterproof, tekan tuas coupler sebentar untuk mengatur mode shuttle ke base station mode.

 

Instalasi Water Level

HOBO Water Level Logger dirancang agar mudah digunakan di banyak lingkungan. Logger menggunakan sensor tekanan absolut, jadi tidak perlu tabung ventilasi. Ukuran logger yang kecil sangat cocok untuk digunakan di sumur kecil dan memungkinkan logger untuk dipasang dan / atau disembunyikan di lapangan.

 

panduan instalasi hobo u20 water level

 

Panduan Instalasi

- Keseimbangan Suhu Penuh

Sensor tekanan dikompensasi suhu pada kisaran 0 ° hingga 40 ° C (32 ° hingga 104 ° F). Untuk mendapatkan tingkat akurasi tertinggi, logger harus dibiarkan mencapai kesetimbangan suhu penuh (sekitar 20 menit) sebelum suhu referensi dicatat.

 

- Perubahan Suhu Mendadak

Perubahan suhu yang tiba-tiba harus dihindari. Saat mengerahkan HOBO Water Level Logger untuk referensi tekanan udara, beberapa pertimbangan harus dibuat untuk meminimalkan laju fluktuasi suhu. Idealnya, tekanan barometrik pada water level harus digantung beberapa meter di bawah permukaan tanah dalam sumur pengamatan di mana suhu tanah stabil (sambil memastikan logger tetap di atas permukaan air). Jika tidak memungkinkan(atau jika sebuah sumur tidak digunakan), cobalah untuk meletakkan logger di lokasi yang tidak akan mengalami siklus suhu harian yang cepat.

 

- Ventilasi

Saat mengerahkan HOBO Water Level logger di sebuah sumur, pastikan sumur tersebut terdapat lubang udara ke atmosfer. Biasanya, lubang kecil dapat dibor pada bagian tutup sumur untuk memastikan bahwa tekanan di dalam dan di luar sumur berada pada kesetimbangan. Jika tidak memungkinkan, tekanan barometrik pada logger harus digunakan di dalam sumur yang sama.

 

- Kawat

Gunakan no-stretch wire untuk menggantung logger level air. Setiap perubahan panjang kawat akan menghasilkan kesalahan dalam pengukuran kedalaman. Selalu lakukan tes tarik kabel sebelum memasang logger di sumur untuk memastikan kabel tersebut tidak meregang.

 

- Tetap Dalam Kondisi Baik

Jika Anda menempatkan logger di danau, sungai, atau aliran, Anda harus terlebih dahulu membangun sumur untuk melindungi logger dari getaran, guncangan, dan pergerakan. Sumur diam sederhana dapat dibangun dengan pipa PVC atau ABS. Sumur yang dibangun dengan baik membantu melindungi logger dari arus angin, gelombang, dan puing-puing. Tangguhkan water level di sumur yang tenang sehingga selalu berada di bawah air, tetapi tidak di bagian bawah yang terkubur oleh lumpur.

 

Instalasi Water Level Logger U20 untuk pemantauan Tekanan Barometrik (opsional)

Jika Anda menggunakan logger U20 untuk merekam tekanan barometrik, instal satu logger di salah satu sumur sebagai berikut:

1. Potong kawat untuk menangguhkan logger.

  1. Ukur kedalaman fisik ke permukaan air dari titik suspensi.
  2. Potong sepotong kawat baja stainless yang tersisa (Tefloncoated adalah yang terbaik) sehingga data logger akan menggantung sekitar 2 kaki di bawah permukaan tanah tetapi selalu di atas permukaan air.

2. Pasang kabel ke titik suspensi dan ke tutup logger.

3. Luncurkan ulang logger jika diinginkan (jika PC atau HOBO U-Shuttle tersedia)

4. Turunkan logger ke dalam sumur atau hening. Pastikan logger tidak melewati permukaan air.

5. Catat waktu instalasi.

 

Informasi lebih lanjut mengenai HOBO Water Level Logger U20 silahkan tanyakan di chat online web ini.




Produk Terkait dengan artikel Panduan Instalasi HOBO U20 Water Level Logger


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji