• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0821 1431 0566
    0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Mengukur RPM Menggunakan Tachometer

Sabtu, 24 Oktober 2020

alatuji.com – Rotary per minute atau revolution per minute atau biasa disebut RPM adalah angka yang ditunjukkan dengan berapa kali putaran (revolusi) poros engkol atau crank shaft mesin dalam hitungan waktu satu menit. Umumnya RPM tersebut digunakan oleh kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor. RPM mesin merupakan indicator penting dalam kendaraan. Indicator tersebut berupa meter penunjuk berbentuk linkaran atau busur lingkaran dan yang modern sudah menggunakan angka digital dengan angka dan sebuah jarum penunjuk. Meter penunjuk disebut RPM-meter atau tachometer. Angka pada tachometer umumnya antara 1 sampai 10 yang masing-masing menunjukan angka ribuan. Jadi jika jarum tachometer menunjukan angka 3 berarti putaran poros engkol mesin 2000 rpm.

 

Berapa RPM Mesin Ideal?

RPM mesin ideal pada sebuah kendaraan sangat tergantung pada spesifikasi teknis mobil tersebut. Biasanya kebanyakan kendaraan menggunakan RPM antara 2000 dan 3000 sebagai mesin yang direkomendasikan. Artinya saat tercapai angka tersebut, pengendara disarankan menggunakan gigi perseneling lebih besar. Tentu saja ini tidak berlaku untuk mobil dengan transmisi otomatis.

 

Kenapa Tachometer Cenderung Memiliki Tampilan Manual?

Meskipun panel indicator pada mobil modern menggunakan tampilan digital, tachometer cenderung memperthankan bentuk manual dengan petunjuk jarum. Ini dikarenakan tachometer adalah indicator penting yang harus terbaca dengan mudah oleh pengendara. RPM cenderung berubah sangat drastis, saat menginjak gas akan dengan mudah menaikkan RPM mesin dari 1000 ke 5000 dengan waktu respon kurang dari satu detik. Perubahan ini akan sangat sulit terlihat jika dalam bentuk angka digital. Selain itu angka RPM hanya digunakan sebagai patokan pengendara untuk mengetahui kinerja mesin.

 

Apa Hubungan RPM dengan Kecepatan dan Efisiensi Bahan Bakar?

Kecepatan putaran mesin tidak berhubungan langsung dengan kecepatan putaran roda. RPM mesin menunjukan seberapa keras kerja mesin, semakin tinggi RPM mesin maka semakin keras kerja mesin (untuk tipe dan kapasitas mesin yang sama). Semakin keras kerja mesin semakin banyak mesin membakar bahan bakar.
Mesin mobil memiliki beberapa gigi perseneling. Masing-masing gigi efektif digunakan untuk kecepatan yang terbatas. Karena masing-masing gigi memiliki ukuran berbeda, maka daya putar atau torque yang diperlukan untuk memutar masing-masing gigi pada kecepatan tertentu juga berbeda.

 

Baca Juga : Monitoring Ketinggian Air

 

Perbedaan Revolusi Dengan Rotasi

Revolusi adalah gerakan suatu benda secara melingkar yang mengelilingi suatu titik pusat yang berada di luar benda tersebut, contohnya revolusi bumu yang mengelilingi matahari. Sedangkan rotasi adalah gerakan suatu benda yang berputar mengelilingi suatu titik pusat yang berada di dalam benda tersebut, contohnya putaran gasing. RPM mesin adalah suatu besaran satuannya juga rmp (revolution per minute). Kecepatan putaran mesin dinyatakan rpm (revolution per minute) sedangkan kecepatan putaran kipas radiator dan kecepatan roda juga dinyatakan dalam rpm (rotation per minute).

 

Untuk pengujian kalibrasi putaran pada mesin diperlukan alat uji untuk mengetahui berapa kecepatan RPM. Sebuah tachometer merupakan alat mengukur kecepatan putaran dari poros atau disk. Alat ini pengaplikasiannya pada dunia industry dan pabrik.

 

alatuji.com sebagai perusahan alat uji menjual alat tachometer untuk mengukur kecepatan RPM dengan harga terjangkau dan barang berkualitas. Untuk informasi lebih lanjut hubungi :


PT Taharica | Alatuji.com
Jl. Raden Inten II No 62 Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : 082114310566 | 081295957914 |081310661358 | 087878670721
Email : sales@alatuji.com
Telp : (021) 86906777 | (021) 8690 6770





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji