• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Solusi Koreksi Warna Menggunakan Colorimeter

Kamis, 28 Maret 2024

alatuji.com – Di era sekarang ini, kemajuan teknologi industri sangat berkembang pesat. Baik dari alat produksi, alat ukur dan alat pengujiannya. Salah satu alat uji untuk industri untuk mengecek warna yaitu colorimeter. Apa itu colorimeter? Colorimeter adalah trimulus (tiga-filter) yaitu perangkat yang menggunakan filter terhadap warna meraeh, hijau dan biru yang meniru respon dari mata manusia terhadap cahaya dan warna.

 

Dalam beberapa pengendalian kualitas, alat-alat mampu menjadi solusi dengan biaya rendah. Pada awalnya, colorimeters tidak memiliki toleransi untuk matemerism (pergeseran dalam tampilan sampel karena cahaya yang digunakan untuk menerangi permukaan) karena perangkat ini tidak merekam kemampuan memantulkan cahaya dari media yang diamati, mereka tidak dapat memprediksikan pergeseran ini. Akan tetapi pada saat ini sudah ada software tambahan yang memungkinkan pectrophotometers mampu mengukur pergeseran ini dan membuat pectrophotometers sebagai perangkat superior yang paling akurat dalam pengukuran warna berulang.

 

Baca Juga : Mengenal Gloss Meter Untuk Dunia Industri

 

Apa fungsi colorimeters?

Colorimeter adalah alat yang digunakan untuk dunia industri monitor dan industri televise. Kegunaan alat ini menjadi sebuah penguji kontras warna dan kecerahan pada layar monitor atau layar televisi. Alat ini mampu menjadi sebuah alat ukur yang mana menentukan kualitas monitor atau televisi tersebut sangat baik atau buruk.

 

Selain untuk alat mengukur monitor dan terlevisi alat ini juga memiliki kegunaan untuk pedagang berlian. Mereka menggunakan colorimeter untuk mengukur batu mulia pada sifat opriknya. Pedagang berlian menggunakan alat ini untuk mengecek sesuatu yang berhubungan dengan warna.

 

Di percetakan alat ini digunakan untuk mengukur intensitas warna pada kertas yang sudah melalui proses cetak. Colorimeter pada percetakan juga berguna untuk menentukan kualitas kertas dari segi warna tinta apakah warna tinta baik atau buruk.

 

Di dunia kesehatan alat ini digunakan untuk menganalisa warna kulit seseorang. Lebih tepatnya untuk menggolongkan warna kulit serta untuk mendiagnosa suatu penyakit tertentu. Alat ini juga digunakan untuk mengecek warna gigi dan konsentrasi hemoglobin darah.

 

Colorimeter adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran warna pada sebuah benda. Banyak instansi yang menggunakan alat ukur ini dengan kegunaan yang berbeda-beda. Prinsip kerja alat ini mengguanakan hokum Beer-Lambert. Hokum tersebut membuktikan bahwa penyerapan cahaya yang ditembakkan ke benda berbanding lurus dengan konsentrasi benda.

 

alatuji.com sebagai perusahaan alat uji menjual colorimeter yang berkualitas dengan harga terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

PT Taharica | Alatuji.com
Jl. Raden Inten II No 62 Duren Sawit Jakarta Timur
Whatsapp : 082114310566 | 081295957914 |081310661358 | 087878670721
Email : sales@alatuji.com
Telp : (021) 86906777 | (021) 8690 6770

 

 

Sumber
Sumber



Produk Terkait dengan artikel Solusi Koreksi Warna Menggunakan Colorimeter


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji