• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0821 1431 0566
    0812 9595 7914
    0813 1066 1358
  • 0812 8333 5497
    0878 7867 0721

Mengenal Arborsonic 3D Acoustic Tomograph Alat Untuk Memantau Kerusakan Pada Pohon

Jum'at, 4 Desember 2020

Banyak pohon yang ada di pinggir ibu kota sudah tua dan sudah banyaknya lapuk hingga menyebabkan kasus pohon tumbang dan menyebabkan korban jiwa. Banyak warga yang melapor bahwa pohon di sekitar jalan dekat rumahnya sudah rapuh dan membahayakan jika terjadi hujan lebat atau angin yang kencang. Pohon yang sudah tua memang kerap menjadi ancaman bagi sebagian warga karena dapat membahayakan orang disekitar yang melewatinya.

 

Tetapi tidak semua pohon yang sudah tua sudah rapuh. Ada juga pohon yang sudah tua tetapi batang dan akarnya masih kokoh. Oleh karena itu pihak yang megengelola pohon yang ada dijakarta tidak asal boleh menebang pohon karena harus di uji atau diketahui dulu apakah pohon masih layak atau tidak. Pengujian pada pohon dapat dilakukan dengan menggunakan alat ArborSonic 3D Acoustic Tomograph.

 

 adalah alat untuk mendeteksi rapuhnya pada pohon. Alat ini akan mendeteksi ukuran dan lokasi pohon yang lapuk atau berongga dengan menampilkan gambar yang detail. Alat ini menggunakan pengukuran kecepatan suara yang terletak di beberapa sensor. Prinsip pada alat ini adalah jika ada pohon yang berongga atau lapuk maka suara akan turun atau menembus rongga.

 

Alat ini sudah banyak digunakan di beberapa Negara maju karena alat ini mampu mendeteksi pohon yang sudah tidak layak atau masih. Dengan alat ini maka tidak adanya terjadi penebangan pohon di kota-kota yang secara asal. ArborSonic 3D Acoustic Tomograph adalah alat yang memiliki sensor yang sangat akurat karena dikembangan di Negara Hungaria.

 

ArborSonic 3D Acoustic Tomograph saat ini di Indonesia sudah digunakan di dinas kehutanan DKI Jakarta. DKI Jakarta sudah mempercayakan deteksi pohon pada alat pengujian pohon ArborSonic 3D Acoustic Tomograph. ArborSonic 3D Acoustic Tomograph juga memiliki sertifikat kalibrasi resmi dari Hungaria dan anda juga bisa mendapatkan sertifikat kalibrasi resmi dalam Negeri.

 

ArborSonic 3D Acoustic Tomograph memiliki spesifikasi sebagai berikut :

 

 

ArborSonic 3D Acoustic Tomograph dapat mendeteksi ukuran dan lokasi daerah yang membusuk atau berlubang pada batang pohon tanpa harus merusaknya terlebih dahulu.

ArborSonic 3D Acoustic Tomograph ini bekerja berdasarkan pengukuran kecepatan suara antara beberapa sensor yang di pasang melingakari pohon di sekitar pohon. Prinsip pengukuran dasar adalah kecepatan suara akan mengalami penurunan jika ada lubang di antara dua sensor ( lubang di pohon ) .

 

Fitur

• SD02 Piezo Transducers

• Kotak amplifier

• Kotak baterai

• Kabel untuk menghubungkan kotak amplifier dan kotak baterai

  • Sensor remover tool



Produk Terkait dengan artikel Mengenal Arborsonic 3D Acoustic Tomograph Alat Untuk Memantau Kerusakan Pada Pohon


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji