• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Sungai Wampu Tercemar Debu Vulkanik Gunung Sinabung

Sabtu, 20 April 2024

Beberapa bulan sudah, Gunung Sinabung meletuskan berbagai material dari perut bumi hampir setiap hari. Sudah tidak terhitung berapa kali gunung tersebut meletus dan mengeluarkan asap yang sangat tebal. Gunung yang terletak di Dataran Tinggi Karo, Sumatera Utara tersebut telah menyebabkan ribuan pengungsi tidak dapat beraktifitas kembali seperti biasa.


Gunung Sinabung telah mengeluarkan debu vulkanik yang saat ini telah mencemari lingkungan sekitar termasuk air sungai Wampu Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Air seungai tersebut mengalami berbagai perubahan mulai dari warna air yang hitam pekat dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.


Debu vulkanik tersebut terbawa oleh angin yang lumayan cepat dengan kecepatan angin yang dapat diukur dengan weather station. Selain itu instrument tersebut juga dapat mengukur suhu, kelembaban, curah hujan dan berbagai pengukuran lainnya dengan kondisi wilayah normal maupun ekstrim.


Salah seorang ibu rumah tangga mengungkapkan, "Air Sungai Wampu Bahorok mengeluarkan bau tidak sedap dan hitam pekat," di Bahorok, Rabu. Imah menjelaskan bahwa aliran air sungai Wampu Bahorok diduga mengalami perubahan warna akibat debu vulkanik gunung Sinabung yang menghampiri desa mereka.


Jika sebelumnya dia menggunakan air sungai untuk mencuci pakaian dan mandi, kini terpaksa mencari air lain, katanya. Demikian juga dengan kebutuhan air minum terpaksa membeli air isi ulang, karena khawatir. "Kami takut mepergunakan air sungai Wampu ini sekarang setelah erupsi gunung Sinabung terjadi," katanynya.


Imah menjelaskan bahwa perubahan warna air sungai tersebut telah terjadi lima hari yang lalu, pasca letusan gunung Sinabung yang cukup kuat. Selain perubahan warna air sungai juga berbau belerang, yang diduga telah tercemar debu vulkanik gunung Sinabung, katanya.


Padahal sungai Wampu Bahorok ini merupakan salah satu sungai yang berhulu sungai di perbukitan gunung Bukit Barisan.Sungai Wampu juga merupakan sungai utama di Kabupaten Langkat yang melewati hampir seluruh kecamatan yang ada.


Meski air sungai mengalami perubahan warna dan berbau belerang, namun warga terlihat masih yang memamfaatkannya untuk mandi dan mencuci.


Kutipan : antara news




Produk Terkait dengan artikel Sungai Wampu Tercemar Debu Vulkanik Gunung Sinabung


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji