• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Kecelakaan Konstruksi di Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu)

Sabtu, 20 April 2024

Dono Mengklarifikasi pemberitaan mengenai Tol Becakayu yang ambrok. Menurutnya, bagian yang jatuh itu bukanlah tiang penyanggamaupun pancang, melainkan formwork pier head.

 

"Info girders rubuh itu tidak benar, tapi proses pengecoran formwork pier head.Kejadian ini baru terjadi malam jam 3 pagi karena adanya formwork pierhead yangh merosot saat melakukan proses pengecoran tersebut,"kata Dono

 

7 Orang Yang Melakukan Pengecoran Jadi Korban

 

7 orang yang melakukan pengecoran tol becakayu jadi korban

 

Dono mengatakan akibat merosotnya pier head tersebut, tujuh orang pekerja yang sedang melakkan pengecoran saat itu menjadi korban

 

"Ada 7 orang pekerja sedang melakukan pengecoran langsung dibawa ke RS UKI dan RS Polri," ujar Dono

 

Dono juga menyebut satu orang korban yang dibawa ke RS Polri mengalami luka yang cukup parah. Menurutnya korban tersebut mengalami shock sehingga harus di CT Scan.

 

Lakukan Investigasi

 

investigasi mengenai tol becakayu

 

Sementara itu, Ahli Keselamatan dan Kesehatan(K3) Kementrian Pengadaan Umum dan Perumahan Rakyat(PUPR) menyebut saat ini tengah melakukan investigasi terkait proyek ini.

 

"Saat ini kami sedang melakukan investigasi, tapi kami belum bisa menyimpulkan karena masih mengumpulkan dokumen mengenai itu. Sementara diketahui bahwa adanya kegagalan pier head, tetapi sebagai akibat dan penyebab utama yang masih kami teliti, kami masih perlu melakukan pembuktian sehingga masih memerlukan waktu,"jelasnya.

 

 

Saat ini PUPR sedang melakukan investigasi lapangan dan sedang tahap pengumpulan dokumen. Selanjutnya akan melakukan uji laboratorium sehingga membutuhkan waktu.

 

"investigasi itu sudah kami lakukan, lapangan sudah, lalu dokumen-dokumen, selanjutnya kami baru akan melakukan uji laboratorium mengenai beberapa hal. Tentunya dikarenakan berbicara laboratorium, ada ketergantungan pihak lain, saya belum koordinasi dengan pihak mana yang bisa uji lab, maka waktunya relatif," ungkap Dono.

 

Proyek dihentikan sementara

 

proyek tol becakayu dihentikan sementara

Adapun untuk beberapa waktu ini, Dono mengatakan bersedia untuk menghentikan proyek tol Becakayu sampai hasil investigasi ditemukan.

 

"Kalau kami dengan adanya informasi dari PUPR itu siap, kami menyampaikan demikian agar semua siap di evaluasi, prinsipnya kami tidak ingin hal itu terjadi. Dengan adanya moratorium tadi diteliti kembali, mulai dari cara kerja dan lainnya, sehingga kedepannya kejadian tersebut tidak akan terulang kembali" ujar Dono

 

kerusakan dan beberapa kecelakaan dalam kerja terjadi sebagian besar karena kurang teliti dalam melakukan pengujian. alat uji menjual alat untuk melakukan uji beton. Tak hanya untuk menguji kekuatan pada beton, alat uji beton dari concrete testing gauge





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji