• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Mengenal Ultrasonic Thickness Gauge

Kamis, 22 November 2018

Ultrasonik Thickness Gauge adalah sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi untuk mengukur seberapa tebalkah material. Dengan ultrasonic thickness gauge membuat penggunaan manejadi mudah serta menampilkan pengukuran secara real - time. Tidak hanya mengukur ketabalannya saja, ultrasonic thickness gauge juga dapat digunakan untuk mengukur ketebalan lapisannya saja yang memungkinkan data yang ditampilkan hanya berupa informasi ketebalan lapisan.

 

Beberapa metode penggunaan pengukuran ketebalan ini yang di dalam aplikasinya terdapat beberapa cara yaitu dengan menggunakan alat ukur portable dan ada juga yang menggunakan alat pendeteksi suara atau ultrasonic. Penggunaan ultrasonic tidak akan merusak material karena pengguaan nya yang menggunakan suara sebagai pengukuran.

 

Pada alat ukur ketebalan yang memakai metode pendeteksi ultrasonic, dimana alat ini terdiri dari beberapa komponen yaitu daritransmitter , receiver gelombang ultrasonik dan up counter Transmitter dilengkapi dengan dtransduser ultrasonik pemancar khusus medium padat dan receiver sama dengan tranduser.

 

Gelombang ultrasonik yang dipancarkan ke rangkaian transmitter akan menembus permukaan benda dan dipantlkan kembali ke rangkaian receiver. Waktu tempuh menjalani gelombang ini diukur dengan menggunakan up-counter menggunakan metode time of flight.

 

Alat pengukuran ketebalan ultrasonic digital ini menentukan ketebalan bagian atau struktur secara akurat menghitung waktu yang yang diinginkan oleh ultrasonik kecil yang dihasilkan oleh transduser untuk melewati ketebalan pada material, tercermin dari permukaan yang berlawanan dan kembali transduser.

 

Waktu yang dibutuhkan agar dorongan untuk melewati material dan kembali dibagi menjadi dua serta dikalikan dengan kecepatan USG dalam bahan tertentu. Hasilnya akan ditentukan dengan rumus H = (v x t) / 2 di mana H = ketebalan material diukur v = kecepatan propagasi dari USG dalam spesifikasi material t = waktu yang dihabiskan oleh pulsa melalui materi (pergi maupun kembali).

 

Manfaat Ultrasonic Thickness Gauge di Bidang Industri

 

Manfaat ultrasonic thickness gauge ini pada bidang industri yaitu untuk mengukur ketebalan material yang digunakan di industri apakah masih layak atau tidak, ini bertujuan untuk pengecekan kelayakan pada material. Penggunaan ultrasonic thickness gauge juga bisa digunakan untuk pengecekan permukaan las pada pipa bertekanan, ini bertujuan untuk mengecek apakah permukaan las ini sempurna dan kuat apabila pipa bertekanan digunakan.

 

Banyak manfaat ultrasonic thickness gauge pada bidang industri, contoh beberapa kasus industri yang menggunakan ultrasonic thickness gauge.

 

 

Ada banyak tipe pada ultrasonic thickness gauge tergantung dari fitur dan kegunaannya. Alatuji menyediakan ultrasonic thickness gauge dengan beberapa pilihan tipe dan fitur yang berbeda-beda. Ultrasonic thickness gauge merupakan alat pengujian tanpa merusak material atau biasa disebut alat pengujian non destructive test atau alat uji tanpa merusak. Penggunaan sensor ultrasonic ini membuat pengujian tanpa merusak karena menggunakan gelombang suara sebagai pengukurannya.

 

Hasil dari pengukuran menggunakan ultrasonic thickness gauge akan ditampilkan dalam layar monitor dengan diagram serta menampilkan hasil secara real time.

 

Beberapa contoh produk Ultrasonic Thickness Gauge yang digunakan di dalam industri

 

Ultrasonic Thickness Gauge TIME 2170 (TT700)

Features

  • Especially suitable for testing the thin workpieces while keeping high accuracy
  • I-E testing mode and E-E testing mode
  • Sound velocity testing and single point calibration
  • Sound alarm and different modes are available
  • Free conversion between metric and imperial
  • Up to 500 data can be stored, reviewed and deleted
  • Backlight and adjustable contrast
  • Result can be print out and transfer to PC

 

Technical Specifications??

Measuring range

0.15~20mm

Display resolution

0.001 mm and 0.01 mm selectable

Sound velocity range

1000m/s~9999m/s

Power

AA batteries 1.5V(2 pcs)

Operating temperature

0~40?

Dimension (mm)

152×74×35

Weight (g)

220

 

Pengaplikasian Ultrasonic Thickness Gauge di Hyundai Motor Beijing

 

Untuk melihat lebih produk Ultrasonic Thickness Gauge silahkan klik di sini




Produk Terkait dengan artikel Mengenal Ultrasonic Thickness Gauge


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji