• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Penggunaan Universal Testing Machine di Perguruan Tinggi

Jum'at, 29 Maret 2024

Alat pengujian seperti universal testing machine sudah banyak digunakan di berbagai industri dan juga universitas. Untuk apa ? banyak dari universitas yang menggunakan universal testing machine(UTM) sebagai alat pembelajaran mahasiswa dan juga cara penggunaannya.

 

PT Taharica team Alatuji sudah menjual banyak alat pengujian seperti universal testing machine ke beberapa universitas seperti universitas Gunadarma, universitas Hang Tuah dan lain sebagainya.

 

Universal Testing Machine adalah sebuah mesin pengujian untuk menguji tegangan tarik dan kekuatan tekan bahan atau material. Testing Machine biasanya juga dikenal sebagai Universal Tester, Materials Testing Machine atau Materials Test Frame.

 

Mesin pengujian ini telah terbukti bahwa ia dapat melakukan tarik banyak standar dan tes kompresi pada bahan, komponen, dan struktur.

 

Cara penggunaan Universal Testing Machine adalah dengan memberikan gaya tekan atau gaya tarik kepada terhadap bahan yang diujikan. Untuk melaksanakan pengujian tekan atau tarik terhadap material, kita memerlukan benda uji yang lainnya.

 

Benda uji itu dipasang pada mesin penguji dengan gaya tekan dan gaya tarik yang akan semakin bertambah besar akhirnya menekan dan menarik pada batang tersebut, maka batang ini akan menjadi pendek atau panjang.

 

Universal Testing Machine akan memberikan informasi mengenai seberapa besar pengukuran yang akan diuji terhadap bahan sehingga standarisasi yang diinginkan dapat tercapai dengan sempurna.

 

Universal Testing Machine ini terbagi jadi 2 metode, yakni Uji tekan dan Uji tarik .Dalam pengujian ini, material yang dapat dipakai cuman material yang padat saja . Ukuran dari alat ini bervariatif , dikarenakan dapat sesuai dengan apa yang diperlukan ataupun area yang tersedia.

 

Sesuai dengan metode pengujiannya. Alat ini melakukan penekanan dan tarikan terhadap material yang akan diuji , kemudian information analysis dari hasil pengujian itu akan terlihat di monitor Universal Testing Machine.

 

Paremeter yang didapatkan dari sistem ini adalah , kebolehan dari material ,modulus elastisitas, kebolehan putus ,kekuatan maksimum, regangan putus , regangan di titik maksimum .

 

Cara Menggunakan Universal Testing Machine

Seperti yang sudah disebutkan di atas , metode Universal Testing Machine dibagi 2 yakni :

 

Uji tarik (Tensile Test)
Biasanya material yang dipakai terhadap metode ini adalah material yang mempunyai ukuran yang panjang. Cara menggunakannya adalah meletakkan material yang akan diuji pas terhadap anggota atas UTM tepatnya di bawah top plate.

 

Kemudian material tersebut dikunci dengan cara memutar anggota handwheel sampai dapat dipastikan bahwa kuncian itu tidak akan lepas . Setelah itu kami dapat menyalakan Universal Testing Machine.

 

Pada prinsipnya cara kerja metode ini adalah Universal Testing Machine akan menarik material yang diuji sampai putus . Setealah itu parameter akan menampilkan nilai atau information maksimal kebolehan terhadap material tersebut.

 

Selain itu terhitung kamu dapat mengerti perbandingan panjang objek sebelum saat dan sehabis sistem dikerjakan .

 

Uji Tekan (Press Test)
Dalam metode ini kamu pakai material yang punya volume yang tidak tipis . Cara menggunakannya material tersebut diletakan terhadap anggota lower plate terhadap mesin , kemudian UTM akan berikan style tekan terhadap material tersebut.

 

Setelah material ditekan , parameter information terhadap monitor akan menampilkan hasil dari sistem pengujian tersebut . Dan kamu dapat membandingkan material dari sebelum saat dan sehabis diuji.




Produk Terkait dengan artikel Penggunaan Universal Testing Machine di Perguruan Tinggi


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji