• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Alat Uji Ketahanan Pelumasan Pada Industri Permesinan Dan Energy

Selasa, 11 Desember 2018

Pelumas adalah bahan kimia yang berbentuk cairan, yang diberikan di antara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Zat ini merupakan fraksi hasil destilasi minyak bumi yang memiliki suhu 105-135 derajat celcius. Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang saling berhubungan.

 

Pelumas berperan penting dalam mesin industri karena dapat menjaga mesin industri tetap bekerja secara efektif. Tanpa adanya pelumas mesin pada industri akan kepanasan karena mesin pada industri yang saling bergesekan akan menimbulkan panas (kehausan) dan akan membuat mesin cepat rusak, oleh karena itu penggunaan pelumas sangatlah penting karena dapat membantu mesin pada industri bekerja secara efektif.

 

Tidak semua cairan bisa dipakai untuk pelumas mesin industri. Suatu bahan cairan yang dikategorikan sebagai pelumas adalah jika mengandung bahan dasar berupa oil based atau water/glycol based dan paket aditif. Jika mesin industri yang saling bergesekan dipakaikan cairan biasa maka akan dapat menyebabkan kehausan pada mesin tersebut.

 

 

Pelumas yang baik dan berkualitas ialah pelumas yang memiliki sifat sebagai berikut:

  1. Tahan terhadap panas
  2. Bersih dari zat-zat kimia yang dapat mengakibatkan korosi pada bagian mesin industri
  3. Memiliki tekstur yang licin
  4. Tidak mengakibatkan kehausan pada mesin (yang disebabkan oleh pencemaran bahan kimia sehingga menimbulkan korosi pada mesin akibat kehausan)

 

Pelumas yang tidak bagus akan berdampak buruk pada mesin industri dan akan menyebabkan mesin rontok karena kehausan, oleh karena itu para pabrikan yang membuat pelumas untuk mesin diharapkan menguji pelumas yang ingin dipasarkan dengan menggunakan alat uji pelumas, ini bertujuan agar mesin yang menggunakan pelumas akan awet dan tidak cepat haus.

 

 

Alat Pengujian Pelumas

 

Alat pengujian pelumas banyak digunakan pabrikan pelumas ternama dan sudah terbukti dapat membantu menciptakan pelumas yang berkualitas serta tidak cepat membuat mesin haus. Penggunaan alat uji pelumas ini sama halnya dengan penggunaan pelumas pada mesin yaitu pelumas akan di tuangkan pada mesin yang saling bergesekan secara terus menerus dan nanti hasil dari pengujiannya akan di peroleh melalui layar monitor.

 

 

Contoh alat pengujian pelumas ini dapat kita lihat dari produk TIME MR-H3A high speed ring block wear testing machine yang dikhususkan untuk pengujian pada pelumas. Penggunaan yang mudah serta dapat mencapai 300 N gesekan dan 3000 N kekuatan maximum. Hasil data yang maksimal akan kita dapat dengan menggunakan alat ini.

 

TIME MR-H3A high speed ring block wear testing machine dapat melakukan uji gesek pada pelumas atau oli dan dapat juga digunakan material seperti logam dan besi. Berikut spesifikasi lengkap dari TIME MR-H3A high speed ring block wear testing machine ini.

 

MR-H3A high speed ring block wear testing machine

 

 

Serial number

Term   project   name   called

Specifications, parameters and indicators

1

Maximum test force (N)

3000

2

Test force accuracy

More than 10% of the maximum test force , the relative error of the test force indication shall not exceed ± 1% , and the relative error of the test force indication shall not exceed 1%.

3

Test force maintains maximum allowable variation

± 1% of the maximum test force

4

Maximum friction (N)

300

5

Friction value accuracy

More than 10% of the maximum friction force , the relative error of the frictional force indication does not exceed ± 3% , and the relative error of the indication repeatability does not exceed 3%.

6

Spindle speed range (r/min)

5~4000

7

Spindle speed error ( r/min )

Above 100r/min , the spindle speed error does notexceed ± 10

Below 10 0r/min , the spindle speed error does notexceed ± 1

8

Heater operating temperature range (°C)

Room temperature ~ 100

9

Temperature control accuracy (°C)

±2

10

Spindle speed display and control range

1~9999999

11

Time display and control range ( s or min )

1~9999

12

Test machine dimensions (length × width × height) ( mm)

710 × 840 × 1690

13

Test machine net weight ( kg)

About 500




Produk Terkait dengan artikel Alat Uji Ketahanan Pelumasan Pada Industri Permesinan Dan Energy


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji