• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Pengujian Kekerasan Dengan Menggunakan TIME Brinell Hardness Tester

Selasa, 16 Oktober 2018

Metode pengujian brinell adalah salah satu cara pengujian kekerasan yang paling banyak digunakan di inudstri. Pada pengujian brinell digunakan bola baja yang dikeraskan yang berfungsi untuk indentor. Pengujian yang paling banyak dipakai yaitu dengan cara menekankan penekan tertentu kepada material/benda uji dengan beban tertentu dan dengan mengukur bekas penekanan yang terbentuk diatasnya, cara ini dinamakan cara kekerasan dengan penekanan dengan brinel hardness tester kekerasan didefenisikan sebagai ketahanan suatu material terhadap indentasi / penetrasi permanen akibat beban dinamis atau statis.

 

Pengujian kekerasan dengan menggunakan metode brinell bertujuan untuk menentukan kekerasan suatu benda atau metarial dalam bentuk daya tahan terhadap bola baja yang ditekankan pada permukaan material atau benda material material uji tersebut.

 

Metoda uji kekerasan yang di ajukan oleh J.A Brinell pada tahun 1900an ini merupakan uji kekerasan lekukan yang pertamakali banyak digunakan dan di susun pembakuannya (dieter, 1987). Uji kekerasan ini berupa pembentukan lekukan pada permukaan logam menggunakan indentor. Indentor untuk brinell berbentuk bola dengan diameter 10mm, diameter 5mm, diameter 2,5mm, dan diameter 1mm, itu semua adalah diameter bola standar internasional.

 

 

Bola brinell yang memiliki standar internasional tersebut ada 2 bahan pembuatannya. Ada yang terbuat dari material baja yang di keraskan atau dilapis dengan chrom, dan ada juga yang terbuat dari tungsten carbide. Tungsten carbide lebih keras dari pada baja, jadi tungsten carbide biasanya digunakan untuk pengujian benda yang keras yang dikhawatirkan akan merusak bola baja. Namun untuk pengujian bahan yang tingkat kekerasannya belum diketahui, alangkah baiknya jika kita mengujinya terlebih dahulu menggunakan metoda rockwell c, dengan menggunakan indentor kerucut intan, untuk menghindari rusaknya indentor. Seperti yang kita ketahui bahwa intan adalah logam yang paling keras saat ini, jadi intan tidak akan rusak jika di indentasikan ke material yang keras.

 

 

Penggunaan brinell hardness tester sangat diperlukan khususnya dibidang industry dan alat ini sudah banyak digunakan sejak lama. Berikut contoh produk brinell hardness tester dari TIME yang berkualitas dan memiliki teknologi terkini. Alatuji menyediakan alat pengujian berinell berkualitas dan after sales yang baik. Ada banyak produk alat pengujian di alatuji dan salah satunya adalah alat pengujian kekerasan brinell hardness tester ini.

 

Electronic Brinell Hardness Tester TIME 6201

Hardness (hardness) is one of the mechanical properties (Mechanical properties) of a material. The hardness of a material must be known especially for materials which in its use will have a frictional force and are judged by the size of the mechanical properties of the material obtained from PLASTIC DEFORMATION (the deformation provided and after being released, does not return to the initial form indented by an object or material as a test instrument.

 

Fitures:

  • Combination of the precise mechanical structure, high accurate pressure transducer, microcomputer control unit of electrical circuit system, innovative closed-loop
  • technology to improve its stability and accuracy.
  • Load-cell driven system provides precise control of the test force, providing unsurpassed system performance without weight blocks
  • Reliable repetition, sensitive and accurate readings and easy operation
  • Perfect for laboratories, workshops, tool rooms, inspection labs, etc.
  • A wide range of test forces and ball sizes to suit every application

 




Produk Terkait dengan artikel Pengujian Kekerasan Dengan Menggunakan TIME Brinell Hardness Tester


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)