• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Mendeteksi Kecacatan Pada Hasil Las Dengan Holiday Detector

Sabtu, 17 November 2018

Holiday test adalah sistem pengujian yang dipakai guna mengetahui adakah lubang-lubang kecil atau pinhole pada suatu material. Material yang di maksud adalah material yang telah melakukan pengelasan dan coating pada materialnya. Mengingat pada proses pengelasan material ada lapisan material yang terkena las sehingga membuat permukaan tidak rata maka dilakukan pengecekan untuk mengetahui material untuk lapisan pengelasan sudah rata atau belum, pengecekan ini menggunakan alat holiday detector yang sangat berfungsi dengan baik ketika proses pengelasan.

 

Penggunaan holiday detector dilakukan biasanya pada proses coating pada hasil pengelasan tepatnya lapisan material yang di las. Hasil pengesalan yang gagal maka akan dinyatakan cacat atau harus diperbaiki ulang, Karena jika tidak dilakukan pengecekan maka akan terjadi kebocoran atau lubang-lubang kecil yang akan mengurangi kinerja. Penggunaan holiday detector bisa diaplikasikan pada material pipa beton, pipa baja, tangki minyak dll.

 

Prinsip kerja holiday detector adalah dengan cara mengalirkan arus listrik ke arah material yang telah di coating baik baru atau lama yang dimana alat tersebut akan memberikan tanda dengan bunyi jika ada lubang kecil atau pinhole pada material yang di tes. Holiday detector akan memberikan arahan untuk aplikasi berapa KV voltase yang di aplikasikan untuk ketebalan coating tertentu.

 

 

Ada beberapa cara teknik dan peralatan yang tersedia untuk holiday tester salah satunya yaitu dengan cara melalui penerapan tegangan rendah atau tegangan tinggi yang akan dipilihnya. Coating yang diterapkan pada substrat beton juga dapat diuji untuk diskontinuitas, baik menggunakan tegangan rendah ataupun tegangan tinggi holiday detector, tergantung pada ketebalan lapisan.

 

Tegangan rendah pada holiday detector akan digunakan ketika sistem pelapisan kurang dari 500 mikron (20 mils) ketebalan. Tegangan tinggi holiday detector akan berguna ketika sistem ketebalan lapisan. Tegangan holiday detector tinggi membutuhkan perawatan khusus, tidak merusak material karena bersifat non destructive test (ndt) dan tidak membahayakan operator.

 

Hal yang didapat ketika menggunakan Holiday Detector :

  • Mengetahui secara persis ketidakpadatan pada lapisan
  • Menjaga dan merawat hasil dari coating secara berkala
  • Melakukan tindakan cepat untuk perbaikan pada coating yang rusak pada material
  • Menghemat biaya karena tidak terjadi pembuatan ulang
  • Sesuai dengan standar coating yang sudah ditentukan.

 

Holiday Detector | DC-CREST

 

High Voltage Direct Current Crest Meter, Jeep Meter or Volt Meter

Measuring Ranges: 0 to 30,000 volts

For verifying output voltage and the calibration of Direct Current type Porosity and Holiday Detectors

Applications
Verification of output voltage and set voltage of detectors when a load is applied to the probe of Direct Current Type Porosity Detectors.

To ensure accuracy, and enable voltage adjustment (if necessary)

 

 

  • Used for checking and calibrating Direct Current Porosity Detector output voltage
  • Integral probe
  • Compact, light weight hand-held unit
  • Conformance Certificate
  • Carrying case: 14" x 11.5" x 7" (36 x 29 x 18 cms)
  • 0 to 30kV (autoranging) Traceable Certification available

 

 

Alatuji menyediakan holiday detector berkualitas dan bertaraf internasional. Alatuji juga menyediakan produk industri seperti alat pengukuran, pengujian dan masih banyak lagi. Alatuji memiliki engineer yang terampil dan handal serta memiliki banyak pengalaman dalam peralatan industri, dan kami akan memberikan after sales yang baik bagi anda jika memesan di alatuji

 




Produk Terkait dengan artikel Mendeteksi Kecacatan Pada Hasil Las Dengan Holiday Detector


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji