• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Metode dan Skala Pengukuran Shore Hardness Tester (Durometer)

Sabtu, 17 November 2018

Shore hardness tester adalah instrument yang dibuat untuk mengukur kekerasan pada material yang akan di uji. Kekerasan yang akan diujikan didefinisikan sebagai resistensi bahan untuk indentasi permanen. Merusuk pada pengukuran serta instrumen itu sendiri, pernagkat pengujian ini dikenal dengan nama durometer.

 

Seperti banyakan pengujian kekerasan pada material lainnya, shore hardness tester atau durometer ini mengukur kedalaman lekukan dalam materi yang dibuat oleh sebuah kekuatan yang diberikan pada kaki presser standar. Material atau benda yang di uji dengan durometer adalah elastomer, polimer, karet dan masih banyak lagi.

 

Pengujian Kekerasan (Durometer)
Kekerasan secara umum didefenisikan sebagai perlawanan bahan atau material untuk indentasi permanen. Skala durometer didefinisikan oleh ilmuan yang bernama Albert F pada tahun 1920, Shore hardness tester atau durometer ini merupakan perkembangan perangkat pengukuran untuk mengukur shore kekesaran. Shore durometer ini biasanya digunakan untuk merusuk terhadap pengukuran dan juga instrumen itu sendiri.

 

Perangkat ini biasanya digunakan sebagai ukuran kekerasan dalam polimer, karet, elastomer. Tetapi perangkat shore ini bukan lah alat pengukuran pertama yang disebut sebagai durometer (SV duro -+ meter; dibuktikan pada abad ke-19). Namun pada saat ini perangkat ini biasanya mengacu pada kekerasan shore (perangkat lainnya hanya disebut hardness tester).

 

Skala Durometer

Pada durometer ada beberapa skala yang digunakan untuk bahan dengan sidat yang berbeda-beda. Ada dua skala yang paling digunakan umum yaitu tipe A dan tipe D. Sakala A ini dipakai untuk plastik yang lembut, dan skala D dipakai untuk yang memiliki sifar keras, namun standar pengujian untuk total 12 sisi, tergantung pada tujuan penggunaan : tipe A , B , C , D , DO , M , O , OO , OOO , OOO - S , dan R setiap skala menghasilkan nilai antara 0 hingga 100, dengan nilai yang lebih tinggi menunjukan bahwa material atau benda tersebut lebih keras.

 

Metode pengukuran Durometer

 

Sama halnya seperti pengujian kekerasan lainnya, bahwa durometer ini mengukur kedalaman lekukan dalam materi yang dibuat oleh sebuah kekuatan yang diberikan pada kaki presser standar. Kedalaman ini tergantung pada kekerasan material yaitu sifat viskoelastiknya, bentuk kaki presser, serta waktu pengujian.

 

Tes dasar tersebut membutuhkan penerapan gaya yang stabil, kedalaman lekukan dan tidak adanya hentakan. Misalnya pada kekerasan yang diuji memiliki waktu untuk penerapan gaya dan kemudian dibaca kekerasan dari benda tersebut.

 

Alatuji adalah perusahaan yang penyediakan produk Pengujian keras shoredurometer berkualitas dan berspesifikasi tinggi. Alatuji akan memberikan after sales yang baik guna mempermudah kenyamanan anda berbelanja di alatuji. untuk pertanyaan atau info lebih lanjut anda bisa dapat menghubungi kami lewat chat online yang tersedia di web ini. Berikut contoh produk dari Shore hardness tester durometer.

 

Shore Hardness Tester TIME5410

TIME5410 is a digital Shore D hardness tester. It has the advantage of precise measurement, being easy to operate, being convenient to carry, attractive appearance and so on. It is a digital durometer for hardness testing of hard rubber, plastics and such substances.

 

Feature

  • Digital durometer for Shore D hardness testing
    of hard rubber, plastic and such substances
  • Pocketsize model with integrated probe
  • Standards: DIN 53505, ASTM D 2240, ISO
  • 7619, JIS K7215
  • RS232 data output
  • Operating stand optional
  • Bright & clear LCD display
  • 300 hours continuous use with standard
    batteries
  • Automatically switch off
  • Battery low indication and alarm

 

Spesification

Test scale available : Shore D
Standards : DIN53505, ASTMD2240, ISO 7619, JIS K7215
Display : Hardness result, Average value, Max. value(Peak value lock), Battery indication
Data output : RS232
Measuring range : 0-100HD
Measurement deviation : Within 20~90 HD, error≤±1HD
Display resolution : 0.2 unit
Operating temperature : 0~40° C
Power requirements : 3×1.55V (SR44) Button batteries or 4.5V AC/DC adapter
Battery life : 300 Hours
Dimensions : 173mm× 56mm×42mm

Power supply Built in 3.7V rechargeable battery

Weight (g) 230

 




Produk Terkait dengan artikel Metode dan Skala Pengukuran Shore Hardness Tester (Durometer)


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji