• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Menguji ketebalan Cat Dengan Akurat Menggunakan Coating Thickness Gauge

Sabtu, 17 November 2018

Coating thickness gauge adalah alat pengukuran ketebalan pada laipisan cat yang praktis dan didesain untuk pengukuran lapisan non-destructive, Coating thickness ini mampu melakukan pengukuran dengan cepat dan akurat dengan pengukuran ketebalan yang presisi. Fungsi dari caoting thickness adalah untuk mengetahui ketebalan cat di permukaan material atau benda yang sudah di cat, untuk cat jenis stoving standar sebagai dasar dalam melakukan pengujian ketebalan sebesar 35-55m.

 

Coating thickness didesain untuk pengukuran lapisan non-destructive, cepat dan memiliki akurasi yang tinggi atau pengukuran ketebalan yang presisi. Penggunaan utama pada coating thickness gauge biasanya pada bidang perlindungan korosi, sangat cocok digunakan di pabrik atau produsen, petugas lapangan dan penasihat khusus, toko cat dan plat elektronik, kimia, otomotif, galangan kapal, serta industri pesawat yang meliputi teknik cahaya dan berat.

 

 

Defenisi cat secara umum adalah produk yang dibuat agar untuk melindungi dan memperindah suatu objek atau permukaan dengan melapisinya menggunakan suatu lapisan berpigmen ataupun tidak berwarna. Tidak hanya itu juga, cat juga sering dijadikan sebuah karya seni yang memiliki nilai jual tinggi. Karena, pengaplikasiannya tidak hanya pada dinding rumah tetapi juga bisa objek yang lain seperti kendaraan, karya seni, ataupun kegiatan industry dan masih banyak yang lainnya dari kegunaan cat.

 

Cat jika digunakan dalam jangka waktu yang lama maka akan mengalami penipisan oleh karena itu dianjurkan menggunakan cat yang sudah teruji, lalu melakukan metode pencampuran dengan bahan lainnya dengan massa perbandingan 70% : 30% sehingga cat yang dicampurkan harus memiliki banyak dari bahan pencampurnya agar cat menjadi lebih tahan lama dan tidak akan cepat mengalami pelapisan cat yang cepat.

 

Penipisan pada cat atau yang sudah menipis sebenarnya bisa kita amati langsung keadaan cat pada suatu objek tersebut tetapi hasilnya tidak akan efektif dan tidak akan akurat. Solusi dengan dengan menggunakan alat pengujian coating thickness gauge kita dapat melihat ketebalan cat tersebut dengan efektif dan akurat sehingga kita dapat mengira sebarapa lama cat itu akan bertahan dari pengelupasan.

 

 

Penggunaan coating thickness gauge sangatlah mudah. Berikut contoh penggunaannya.

  • Tempelkan alat pengujian coating thickness gauge pada material atua objek yang ingin di uji.
  • Lalu akan terlihat angka pada layar display yang ada pada coating thickness gauge.
  • Setelah beberapa menit data-data pengukuran akan terlihat pada layar display coating thickness gauge.
  • Coating thickness memiliki keakuratan yang tinggi menjapai ±0,1 mm, sehingga akan sangat kecil persentase kesalahan terhadap pengukuran.

 

Merawat alat pengujian ini tidaklah sesulit alat pengujian lain, yaitu dengan cara:

  • Mencabut baterai yang menempel pada coating thickness gauge jika tidak digunakan, agar mencegah terjadinya kebocoran.
  • Membersihkan alat pengujian dengan kain kering, dan jauhkan alat pengujian ini dari air dan jaga agar tetap kering khususnya dibagian sensor yang memiliki area sensitif.
  • Simpan alat pengujian ini di tempat yang kering, tidak boleh terlalu lembab dan jauhkan dari terik sinar matahari langsung .

 

Alat uji adalah perusahaan penyedia alat pengujian yang bekualitas dan berspesifikasi tinggi serta bertaraf internasional. Alatuji menyediakan alat pengujian coating thickness gauge berkualitas. Jika ingin mengetahui lebih jelas silahkan tanyakan lewat chat online yang tersedia di web ini. Berikut contoh produk Coating thickness gauge.

 

Digital Coating Thickness Gauge TIME2501 Economic NF Type

TIME2501 is a super mini gauge, capable of measuring rapidly, nondestructively and precisely the thickness of insulating coatings on non-magnetic metallic base. This thickness gauge adopts the eddy current principle to measure the thickness of insulating coatings on non-magnetic metallic base (enamel, rubber, paint and plastics coatings on the base of copper, aluminum, zinc, tin, etc.). TIME2501 coating thickness gauge can be applied extensively in the manufacturing, metal processing and chemical industries and commodity inspection. Due to its small size and the integration of the probe and the instrument, it is especially useful in on-the-spot measuring at engineering sites.

 

Features

  • Integrated with Probe N: the eddy current principle to measure the thickness of insulating coatings on non-magnetic materials.
  • Zero point calibration and two-point calibration to correct the system error of the probe
  • Features two working modes: DIRECT and BATCH & two measuring ways: CONTINUE and SINGLE
  • Statistics include the mean, maximum, minimum, test numbers and standard deviation.
  • Memory of 500 data
  • Deletion of current data, calibrated data, limit data and all data stored.
  • Integrated with printer to print the statists values if needed
  • Low battery indication and error alarm
  • Buzz during operation for indication
  • Backlight for the screen
  • Auto or manual shutdown

 

Technical Specification

Type

Working principle

Scope of
measurement(μm)

Low limit
differentation(μm)

Display value tolerance(μm)

Zero point
calibration

Two-point 
calibration

TIME®2501

Eddy current

0-1250

0.1

±(3%H + 1.5)

±[(1%-3%)H + 1.5]

 

Type

Min.curvature radius of the 
object to be measurde(mm)

Min.area diameter of the base(mm)

Critical thickness 
of the base(mm)

TIME®2501

convexity 3

concave 10

Ø5

0.3

Working temperature

0~40?

Humidity

20%~90%

Power

AAA 1.5V Battery (2 pcs)

Dimensions (mm)

145×60×28

Weight (g)

132




Produk Terkait dengan artikel Menguji ketebalan Cat Dengan Akurat Menggunakan Coating Thickness Gauge


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji