• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Menguji Kekuatan Material Pembuatan Jembatan Dengan Menggunakan Alat Pengujian

Rabu, 20 Februari 2019

Jembatan merupakan tempat lalu lalangnya orang berjalan atau sebuah kendaraan melintas yang menghubungkan dua tempat yang terpisah oleh gunung ataupun danau dan laut serta ada juga jembatan yang dibuat untuk mengatasi kemacetan di perkotaan. Jembatan sangat berperan penting bagi kita. Tetapi sekarang ini banyak jembatan yang baru dibuat tidak kuat menahan beban dari orang yang melintas di jembatan itu khususnya jembatan yang sering dilewati oleh kendaraan berat. Lalu bagaimana untuk mengatasi agar tidak terjadi bencana jembatan keropos atau rubuh? Yaitu dengan menggunakan alat pengujian.

 

Pertama : Jika seseorang ingin membuat jembatan sebaik material yang digunakan haruslah di uji terlebih dahulu seperti kekuatan tekannya. Bagaimana cara melihat kekuatan tekan pada material jembatan? Yakni dengan menggunakan universal testing machine atau compressed test atau alat pengujian tekan. Universal testing atau dengan menggunakan compressed test adalah alat pengujian yang digunakan untuk pengujian tekan yang sangat akurat, bahkan alat ini banyak digunakan di negara-negara maju. Material pembuatan jemabatan seperti beton akan diuji dengan cara ditekan hingga hancur lalu hasil dari pengujian tersebut akan didapatkan operator dan kemudian operator akan menyimpulkan bahwa material beton tersebut apakah kuat atau tidak jika digunakan untuk bahan pembuatan jembatan yang akan dipakai lalu lintas kendaraan berat.

 

 

Kedua : jika jembatan itu sudah jadi atau sudah lama dibuat maka hal yang harus diperhatikan adalah mengecek keadaan jembatan tersbut dengan mengecek keretakan pada jembatan. Mengecek keretakan jembatan yakni dengan menggunakan Crack Depth. Crack Depth adalah alat pengukur keretakan yang dapat digunakan pada beton ataupun besi, jika alat ini digunakan pada sebuah jembatan dan mendeteksi adanya keretakan maka yang harus dilakukan adalah dengan mentambel ulang beton yang retak atau jika pedi penyangga yang keropos dapat diganti dengan yang baru.

 

 

Ketiga : Perawatan pada jembatan adalah salah satu hal yang penting guna tidak terjadinya runtuh atau keropos karena termakan usia, maka dari itu hal yang harus dilakukan dengan menggunakan alat pengujian seperti rebar locator yang berfungsi untuk mengecek tulang dari pondasi bangunan, hardness tester adalah alat yang digunakan untuk mengukur kekerasan pada beton dll. Penggunaan alat pengujian sangatlah penting guna meminimalisir terjadinya keruntuhan pada jembatan khususnya jembaatan yang dilalui oleh kendaraan berat seperti bis atau truk.

 

 

Alat pengujian yang bagus adalat alat pengujian yang memiliki standar internasional dan akurat dalam pengujian. Seperti produk TIME. Kami menjual berbagai alat pengujian dari mulai non destructive test yakni pengujian tanpa merusak material dan juga destructive test yakni penguijan merusak material. Tidak hanya menjual berbagai alat pengujian, kami juga menjual berbagai alat pengukuran dan smart sensor .

 

Jika ada yang ingin anda tanyakan seputar alat pengujian anda dapat menanyakan melalui chat online yang tersedia di web ini bagian kanan bawah atau anda dapat langsung menghubungi no yang ada di bagian atas web ini. Maohon maaf bila ada kesalahan kata. Kami juga menyediakan jasa atau training bagi anda yang membeli alat dari kami atau dari luar, engineer kami akan siap membantu anda jika mengalami kerusakan pada alat pengujian anda.




Produk Terkait dengan artikel Menguji Kekuatan Material Pembuatan Jembatan Dengan Menggunakan Alat Pengujian


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji