• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Deteksi Gas Beracun Dalam Ruangan Dengan Volatile Organic Compound (VOC) Sensor

Rabu, 20 Februari 2019

Gas beracun adalah sekumpulan bahan kimia yang menguap dan dapat menyebabkan keracunan bagi siapa saja yang menghirupnya. Gas beracun sering kita hirup tanpa sadar ketika berada di luar ruangan karena polusi dari gas pembuangan asap kendaraan yang mengandung CO2 atau karbondioksida. Ketika kita berada di dalam rumah atau di dalam ruangan tentunya tidak menjamin ruangan yang kita tempati terhindar dari gas beracun, lalu apa solusinya? Yakni dengan menggunakan smart sensor deteksi gas beracun atau alat deteksi gas beracun Volatile Organic Compound (VOC) Sensor.

 

Gas beracun dalam rumah atau di dalam ruangan tidak akan terlihat oleh kasat mata dan tanpa sadar kita memakainya sejak lama. Lalu, seperti apa gas beracun yang ada di dalam rumah atau di dalam ruangan? Gas beracun dalam rumah atau di dalam ruangan sangat bervariasi mulai dari penghapus kuteks kuku atau pengkilat meja, hasil kerja laboratorium, asap kendaraan ketika memanaskan kendaraan dll.

 

Aseton

Aseton adalah bahan kimia yang jika terekspos udara Aseton akan menguap dengan cepat dan mudah sekali terbakar. Bahan kimia ini dapat menyebabkan terjadinya keracunan yang fatal bahkan bisa mengancam nyawa. Akan tetapi aseton ini tidak akan mudah membuat seseorang kehilangan nyawa karena tubuh kita mampu memecah seton dalam jumlah besar yang terserap kedalam sistem. Gejala yang diakibatkan bahan kimia aseton ini diantaranya adalah lesu, pusing kepala, rasa manis di mulut dll. Bahan yang menggunakan aseton ini diantaranya adalah alat penghapus kuteks, dan jika ingin menggunakan alat penghapus kuteks anda harus melakukannya di luar ruangan dan jauhkan dari api. Pilihlah barang-barang yang digunakan dirumah yang tidak mengandung aseton.

 

Benzena

Benzena adalah bahan kimia yang menguap ke udara dengan sangat cepat. Massa jenis uap lebih berat dari pada berat udara dan bisa tenggelam ke tempat dataran rendah. Bahan kimia benzena ini biasa kita temui di produk gas, lem, deterjen, asap rokok, alat penghilang bau, dll. Benzena bekerja dengan mengecoh kerja sel dalam tubuh, contohnya adalah paparan jangka panjang yang diakibatkan jika kita menghirup benzena adalah dapat mengakibatkan sumsum tulang untuk tidak memproduksi cukup sel darah merah serta bahan kimia ini benzena dapat merusak sistem kekebalan tubuh dengan mengubah kadar antibodi dan menyebabkan hilangnya sel darah putih yang berdampak akan mengakibatkan penyakit anemia bahkan yang terburuk leukimia dari paparan berat benzena yang berkepanjangan.

 

Etanol

Etanol adalah bahan kimia yang masih di bilang batas wajar, tetapi jika kelebihan menghirup bahan kimia ini kita akan keracunan dan mengakibatkan mual, muntah, kejang, mabuk, mata akan terasa terbakar, hingga yang terparah adalah koma. Paparan yang terjadi karena etanol ini lebih tinggi jika kita berada dalam lingkungan kerja seperti pabrik atau laboratorim yang dimana bahan kimia etanol menjadi bahan produksinya. Paparan etanol di udara sangatlah rendah karena zat yang terkandung dalam etanol mudah pecah jika terkena paparan sinar matahari, tetapi jika di dalam ruangan akan sedikit susah untuk menghilangkannya.

 

Solusinya dari gas beracun diatas adalah tidak menggunakan peralatan atau bahan yang menggunakan bahan yang banyak mengandung bahan kimia yang disebutkan di atas tadi. Akan tetapi jika kita memakainya karena kebutuhan akan sangat merepotkan jika menghirup gas beracun tadi, solusinya dengan menggunakan deteksi gas beracun atau smart sensor Volatile Organic Compound (VOC).

 

Volatile Organic Compound (VOC) Sensor adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar kadar gas beracun dalam ruangan, sehingga jika anda menggunakan bahan rumah tangga yang mengandung bahan kimia yang disebutkan diatas, anda bisa melihat seberapa besar kadar gas beracun dalam rumah anda atau ruangan anda.

 

Volatile Organic Compound (VOC) Sensor memungkinkan anda meminimalisir terjadinya keracunan pada seseorang yang ada didalam ruangan. Volatile Organic Compound (VOC) Sensor memiliki smart sensor yang dapat mengukur kadar gas beracun dengan sangat akurat dan dapat dipantau dengan menggunakan jaringan internet atau secara online bahkan dapat dilihat pengukurannya secara real-time.

 

Berikut ulasan produk dari Volatile Organic Compound (VOC) Sensor :

 

Volatile Organic Compound (VOC) Sensor - T-ION-TVOC

Dependably measure volatile organic compounds with the TVOC sensor. With the deployment of a fixed continuous monitor, users can avoid dangers by monitoring areas in question. A variety of industries use the TVOC to minimize poisoning and explosions.

 

Requires analog port selection during U30 system configuration and use of a S-FS-CVIA when using the H22-001 data logger. When using a U12 data logger or ZW series data loggers, this sensor requires a 4-20mA input cable (CABLE-4-20mA) and external power provided by an AC adapter (AC-SENS-1).

  • View Ion Science's TVOC manual

 

Highlighted Features

  • Intrinsically Safe for use in hazardous areas

 

In what environment does this sensor operate?

This sensor operates in an indoor environment.

What measurements does this sensor support?

The T-ION-TVOC sensor supports the following measurement: Volatile Organic Comp.




Produk Terkait dengan artikel Deteksi Gas Beracun Dalam Ruangan Dengan Volatile Organic Compound (VOC) Sensor


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji