• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Penelitian Agrikultur Dengan HOBO Data Logger dan Smart Sensor

Kamis, 25 April 2024

Penelitian pertanian adalah pendorong penting dalam industri pertanian, menyediakan data dan intelijen yang membantu memajukan pengetahuan pertanian, mengarah pada praktik yang lebih baik, peningkatan kualitas tanaman, dan produktivitas yang lebih besar. Melalui aplikasi penelitian, industri ini telah membuat langkah signifikan dalam mengatasi banyak tantangan pertanian saat ini, termasuk mengembangkan teknik yang lebih berkelanjutan dan metode penanaman yang efisien.

 

Dengan bantuan penelitian pertanian, para profesional dapat membantu mengurangi biaya irigasi, meningkatkan hasil panen, membuat penggunaan areal yang lebih baik, dan mengoptimalkan pengendalian hama.

 

Alat dan sensor pemantauan awal menawarkan akses ke berbagai data tanah dan lingkungan, memberikan operasi pertanian informasi yang akurat dan andal untuk membuat keputusan pengelolaan tanaman yang lebih cerdas.

 

HOBOnet Field Monitoring System

Lalu yang dapat dilakukan HOBO untuk membantu pengelolaan agrikultur? Penggunaan alat HOBO ini sangat membantu dalam penelitian agrikultur seperti

 

Hemat Air

Dengan menggunakan Smart Sensor HOBO Soil Moisture yakni sensor kelembaban tanah air dapat terkontrol karena dengan HOBO Soil Moisture ini akan dapat mendetekesi kapan air akan di dipakai. Smart Sensor HOBO Soil Moisture ini tidak hanya menghemat air tetapi menghemat biaya energy

 

Kelola Perlindungan Embun

Dengan menggunakan HOBO Temperature atau suhu kita dapat memantau embun beku dengan cara mengirim pemberitahuan peringatan embun beku kepada kita atau untuk mengaktifkan system perlindungan embun beku.

 

Mengurangi Pestisida / Fungisida

Dengan menggunakan HOBO data logger temperature, humidity, dan leaf wetness untuk menentukan risiko penyakit atau munculnya hama untuk penyemprotan otomatis.

 

Meningkatkan Kualitas Tanaman

Dengan HOBO data logger, memungkinkan memantau kondisi seperti suhu, hujan, cahaya, dan kelembaban untuk mengembangkan model untuk mengoptimalkan irigasi dan waktu panen dengan menggunakan temperature, relative humidity.

 

Kelola Biaya Tenaga Kerja

Pantau kondisi kritis pada satu dasbor, sehingga Anda dapat memprioritaskan tempat penempatan pekerja.

 

Semua smart sensor yang digunakan diatas akan terhubung ke HOBO data logger RX3000 yang akan membaca hasil. RX3000 data logger memungkinkan anda memantau dengan menggunakan nirakabel yakni dengan menggunakan jaringan internet atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi HOBO yang bisa anda dapatkan di smartphone dengan cara mendownload melalui playstore ataupun appstore.

 

RX3000 juga memiliki banyak smart sensor yang dapat digunakan untuk memonitoring agrikultur, smart sensor itu meliputi sebagai berikut.

 

Soil Moisture

Soil moisture adalah alat yang digunakan untuk mengukur kelembaban tanah. Alat ini akan mengirimkan pemberitahuan jika tanah kering dan memungkinkan mesin otomatis menyalakan air. Soill moisture dapat digunakan dalam memonitor agrikulur karena dapat menghemat air karena alat ini dapat mengukur kelembaban tanah.

 

Dissolved Oxygen

Mengukur konsentrasi oksigen di danau, sungai, muara sungai, dan perairan pantai. Alat ini memungkinkan mengukur oksigen yang ada di air yang berguna untuk pertanian.

 

Solar Radiation

Solar radiation adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat cahaya. Solar radiation sangat berperan penting jika digunakan untuk agrikultur, karena dengan tingkat cahaya yang memumpuni, tanaman akan cepat tumbuh dengan menghasilkan panen yang berkualitas.

 

Photosynthetic Light (PAR)

Photosynthetic Light (PAR) Smart Sensor ditujukan untuk mengukur intensitas cahaya pada frekuensi yang relevan untuk fotosintesis. Sensor ini memiliki rentang pengukuran 0 sampai 2500 umol / m2 / detik pada panjang gelombang 400 sampai 700 nm. Terlampir dalam casing aluminium anodized dengan diffuser akrilik dan o-ring seal, model ini memiliki kabel 3m; sebuah braket sensor cahaya dan tingkat sensor cahaya direkomendasikan

 

Wind Speed and Direction

Wind Sensor Set mencakup plug-and-play Onset's-and-play Wind Speed Smart Sensor dan Sensor Langsung Arah Angin. Kombinasi ini memberikan kecepatan angin rata-rata, hembusan angin kencang tertinggi 3 detik, dan arah angin rata-rata untuk interval pengukuran. Sensor tahan lama ini akan memberikan performa yang akurat dan andal selama bertahun-tahun.

 

Rain Gauge

Mencatat curah hujan hingga 160 inci dengan kecepatan sampai 12,7 cm (5 inci) per jam. Sistem Data Logging Rain Gauge bertenaga baterai dan dilengkapi dengan data log peristiwa HOBO Pendant Event dengan alat pengukur hujan tip. Mudah mengumpulkan data curah hujan, waktu, dan durasi, serta suhu saat digunakan dengan perisai radiasi opsional (RS1 Solar Radiation Shield, atau M-RSA). Stasiun pangkalan atau antar jemput diperlukan.

 

Water Level

HOBO Water Level Titanium direkomendasikan untuk penyebaran air asin untuk pencatatan tingkat air dan suhu di lahan basah dan daerah pasang surut. Data logger ini memiliki akurasi tinggi dengan harga terjangkau dan kemudahan penggunaan HOBO, tanpa tabung ventilasi atau desiccant yang tidak praktis untuk dipelihara.




Produk Terkait dengan artikel Penelitian Agrikultur Dengan HOBO Data Logger dan Smart Sensor


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji