• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Metode Pengujian Tumbuk Terbaik Dengan Impact Testing Machine

Selasa, 18 Juni 2019

Penguji tumbukan pada material menggunakan metode Impact Testing merupakan suatu metode pengujian yang penting bagi kelayakan suatu material atau bahan produksi. Beberapa bahan yang biasa diujikan seperti bahan untuk otomotif dan transmisi serta bagian-bagian pada kereta api, akan mengalami suatu beban kejutan dalam operasinya. Maka dari itu ketahanan suatu material terhadap beban mendadak, serta faktor-faktor yang mempengaruhi sifat material tersebut perlu diketahui dan diperhatikan. Pengujian ini berguna untuk melihat efek-efek yang ditimbulkan oleh adanya takikan, bentuk takikan, temperatur, dan faktor-faktor lainnya. Impact testing bisa diartikan sebagai suatu tes yang mengukur kemampuan suatu bahan dalam menerima beban tumbuk yang diukur dengan besarnya energi yang diperlukan untuk mematahkan spesimen dengan ayunan

 

Bandul yang mempunyai ketinggian tertentu berayun dan memukul bahan uji. Berkurangnya energi potensial dari bandul sebelum dan sesudah memukul bahan uji merupakan energi yang diserap oleh bahan uji.

 

Setelah melakukan pengujian akan mengahasilkan beberapa jenis patahan. Jenis-jenis patahan diantaranya :

  1. Perpatahan berserat (fibrous fracture) pergeseran bidang-bidang kristal di dalam bahan yang ulet (ductile). Ditandai dengan permukaan berbentuk dimpel yang menyerap cahaya dan permukaan buram .
  2. Perpatahan granular/ krisalin mekanisme pembelahan (cleavage) pada butir-butir dari bahan yang rapuh (brittle). Ditandai dengan permukaan yang datar , permukaan mengkilat .
  3. Perpatahan campuran Kombinasi antara 2 patahan diatas

 

Pengujian Impact Testing Machine menggunakan Metode Charpy. Pada metode ini bahan uji diletakkan mendatar dan kedua ujung bahan uji ditumpu pada suatu landasan. Letak takikan (notch) tepat ditengah dengan arah pemukulan dari belakang takikan. Biasanya metode ini digunakan di Amerika dan banyak negara yang lain termasuk Indonesia. ada juga pengujian dengan menggunakan Metode izod. Pada metode ini bahan uji dijepit pada salah satu ujungnya dan diletakkan tegak. Arah pemukulan dari depan takikan. Biasanya metode ini digunakan di Negara Inggris.




Produk Terkait dengan artikel Metode Pengujian Tumbuk Terbaik Dengan Impact Testing Machine


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji