• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Brinell Hardness Tester Mampu Menguji Material Yang Keras

Minggu, 21 Juli 2019

Setiap material memiliki kekerasan dan kekuatan yang berbeda-beda. Kekerasan setiap material yang akan digunakan untuk industri haruslah diketahui kekerasannya khususnya material yang akan mengalami pergesekan (frictional force) dan dinilai dari ukuran sifat mekanis material yang diperoleh

 

Dalam hal ini bidang keilmuan yang berperan penting mempelajarinya adalah Ilmu Bahan Teknik (Metallurgy Engineering). Mengapa diperlukan Hardness Tester atau pengujian kekerasan?

 

Di dalam aplikasi manufaktur, material terutama semata diuji untuk dua pertimbangan: yang manapun ke riset karakteristik suatu material baru dan juga sebagai suatu cek mutu untuk memastikan bahwa ontoh material tersebut menemukan spesifikasi kualitas tertentu .

 

Pengujian yang paling banyak dipakai adalah dengan menekankan penekan tertentu kepada benda uji dengan beban tertentu dan dengan mengukur ukuran bekas penekanan yang terbentuk

 

diatasnya, cara ini dinamakan cara kekerasan dengan penekanan dengan brinell hardness tester Kekerasan didefinisikan sebagai ketahanan suatu material terhadap indentasi / penetrasi permanen akibat beban dinamis atau statis.

 

Beberapa definisi kekerasan lainnya adalah :

– Energi yang diserap pada beban Impact (Kekerasan Pantul)

– Ketahanan terhadap goresan (Kekerasan Goresan)

– Ketahanan terhadap abrasi (Kekerasan Abrasi)

– Ketahan terhadap pemotongan / pengeboran (Mampu Mesin)

 

Hasil pengujian kekerasan dengan hadness tester tidak dapat diaplikasikan langsung dalam mendesain suatu kontruksi seperti halnya hasil pengujian tarik. Namun demikian angka kekerasan material merupakan salah satu sifat mekanik yang penting dalam memilih suatu material. Pengujian kekerasan banyak dilakukan karena proses pengujian yang relative sederhana dibandingkan dengan proses pengujian material lainnya.

 

Pengukuran kekerasan dengan brinell hardness tester secara umum dapat dilakukan dengan dua metode yaitu :

  1. Metode Dinamis (Dynamical Methode)  Karakteristik dari Metode Dinamis adalah :
  2. Pembebanan terjadi dengan tiba-tiba.
  3. Waktu penetrasinya singkat (Short penetration time).
  4. Ketelitian rendah (Low Accuracy).
  5. Pengujian dilakukan dengan cepat.

 

Jenis pengujian kekerasan yang menggunakan metode ini antara lain : Shore scleroscope, Herbert, Hammer Poldi, dsb.

  1. Metode Statis (Statical Methode) Karakteristik dari Metode Statis adalah :
  2. Pembebanan terjadi secara perlahan-lahan dengan beban tertentu.
  3. Waktu penetrasinya panjang (Long penetration time).
  4. Ketelitian tinggi (High accuracy)
  5. Pengujian lebih lambat dari metode dinamis.

Jenis pengujian kekerasan yang menggunakan metode ini antara lain : Brinell, Vickers, Rockwell, Vickers Micro Hardness dan Knoop

 

Micro hardness tester dll. Metode pengujian statis merupakan metode pengujian kekerasan yang umum digunakan dewasa ini.  Hal ini didasarkan pada hasil pengujian yang lebih akurat. Pengujian ini dapat dikategorikan berdasarkan sasaran dari material yang akan diuji, yaitu :

 

  1. Untuk mengukur kekerasan suatu material digunakan pengujian kekerasan Brinell hardness tester , Rockwell dan Vickers.
  2. Untuk mengukur kekerasan fasa pada struktur mikro atau lapisan tipis dari suatu material digunakan Micro-hardness test.



Produk Terkait dengan artikel Brinell Hardness Tester Mampu Menguji Material Yang Keras


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji