• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Memperoleh Kenyamanan Ruangan Dengan Menggunakan HOBO Data Logger

Kamis, 25 April 2024

Kebutuhan akan gedung yang irit daya beroleh momentum kala pemerintah berusaha mengurangi emisi karbon, dan secara seiring penduduk memiliki keinginan untuk mengurangi tagihan daya dan nikmati rumah yang lebih nyaman. Di banyak negara, standar efisiensi daya perlu diabadikan didalam undang-undang melalui kode bangunan. Perangkat lunak kebanyakan digunakan untuk memprediksi pemanfaatan daya untuk pemanasan dan pendinginan untuk bangunan yang diusulkan, cocok bersama dengan faktor-faktor seperti orientasi kaca, isolasi, bahan konstruksi, dan iklim setempat. Meskipun ini adalah cara terbaik untuk mendorong desainer bangunan sehingga lebih bijaksana didalam mengurangi pemanasan international dan beban pendinginan di gedung melalui tehnik seperti desain matahari pasif, tapi sejauh mana desainer berhasil didalam tujuan ini tidak dapat pasti, sebab kebanyakan tidak ada syarat-syarat untuk validasi.

 

Apa yang perlu berlangsung jauh lebih kerap (atau selalu) adalah apa yang dikenal sebagai "evaluasi pasca-huni" di mana bangunan yang sudah selesai dan ditempati dinilai didalam hal suasana kenyamanan didalam ruangan yang disediakan, seperti suhu hawa dan kelembapan relatif, tingkat pencahayaan alami, dan lebih-lebih konsentrasi karbon dioksida (CO2). Penelitian PhD aku berfokus terhadap suasana kenyamanan didalam ruangan berasal dari model rumah terus-menerus tertentu yang disebut Earthship. Tipe rumah ini berevolusi didalam iklim ekstrim Taos, New Mexico, di Amerika Serikat, di gurun dataran tinggi di mana suhu berkisar antara minus 20 ° C (minus 4 ° F) dan 38 ° C (100 ° F).

 

Michael Reynolds, seorang arsitek yang mengepalai firma arsitektur EarthOS Biotecture yang bermarkas di Taos, memelopori rumah-rumah off-grid yang irit daya dan terbuat berasal dari ban mobil yang diisi bumi, botol bir, kaleng bir, dan lainnya yang digunakan ulang dan didaur ulang bahan limbah. Saya dulu mendengar bahwa rumah-rumah Earthship ini tidak butuh pemanasan atau pendinginan, yang sepertinya tidak bisa saja diberikan iklim yang benar-benar ekstrim dan keras di Taos. Saya dambakan mengerti bagaimana struktur ini berhasil mempertahankan suhu didalam ruangan yang nyaman - dan Data Logger HOBO berasal dari Onset jadi bagian perlu berasal dari penelitian saya.

 

Menggunakan beraneka information logger yang berdiri sendiri dan berbasis website berasal dari Onset, aku memonitor suhu indoor dan outdoor, kelembapan relatif, tingkat pencahayaan, dan radiasi matahari di enam Earthships didalam Komunitas Besar di New Mexico - komunitas Earthship terbesar di dunia, di mana lebih berasal dari seratus orang hidup di luar jaringan, secara mandiri. Dengan proses information logger berbasis website berasal dari HOBO, aku dapat memantau keliru satu rumah Earthship berasal dari Australia melalui website website HOBOLink® gratis sehingga sangat mungkin menjangkau durasi yang jauh lebih lama didalam pengumpulan data. Dan, aku dapat mengakses information bersama dengan segera didalam selagi singkat. Data logger HOBO yang berdiri sendiri dikerahkan untuk aku didalam Earthships berasal dari Amerika Serikat; setibanya mereka di Australia aku mengunduh information dan memulai pemikiran saya.

 

Hasilnya secara ilmiah mendokumentasikan suhu hawa didalam ruangan yang benar-benar stabil berasal dari rumah-rumah Earthship dan memperlihatkan bagaimana desain Earthship sudah berevolusi untuk jadi lebih efisien energi, bersama dengan model "Global" yang baru berkinerja lebih baik daripada desain berasal dari tahun 1990-an. Ini mengilhami aku didalam membangun Earthship yang disebut "Earthship Ironbank" di Adelaide Hills, Australia Selatan. Terletak di lokasi pemerintah Kota Onkaparinga, strukturnya adalah Earthship yang disetujui oleh dewan kota pertama di negara tersebut. Ini berfungsi sebagai akomodasi wisata bed-and-breakfast (B'n'B) yang dirancang untuk menginspirasi orang-orang untuk pilih perumahan yang lebih berkelanjutan.

 

Mirip bersama dengan penelitian aku tentang Earthships di Taos, New Mexico, aku memantau suasana kenyamanan didalam ruangan di Earthship Ironbank. Namun kali ini, aku gunakan information logger suhu dan kelembapan HOBO MX1101 Bluetooth Low Energy(BLE) bersama dengan layar LCD. Ini adalah cara yang bagus untuk memperlihatkan kepada tamu Earthship Ironbank tentang suasana didalam ruangan. Selain itu, jikalau mereka dambakan tahu, mereka dapat gunakan aplikasi HOBOmobile® gratis untuk menyaksikan grafik suhu terkini didalam struktur - idealnya sehingga menopang mereka untuk mengerti bagaimana efisiensi bangunan, irit daya dan nyaman dapat berlangsung didalam rumah Earthship atau rumah "Bumi".

 

Sebuah fitur desain yang benar-benar tidak biasa berasal dari Earthships adalah "tabung bumi" bawah tanah, yang menyediakan AC alami selama tahun. Pipa PVC berdiameter 250mm ini, yang terkubur didalam parit selama 18m bersama dengan kedalaman 1m hingga 2m, mempunyai hawa luar ke didalam rumah. Pada kedalaman ini, suhu tanah benar-benar stabil, sehingga menyediakan manfaat pertukaran panas ke hawa yang bergerak melalui tabung, menghangatkan hawa di musim dingin dan mendinginkannya di musim panas. Udara didorong melalui tabung secara pasif, tanpa kipas, melalui hawa panas yang dilepas berasal dari atap tinggi yang dapat beroperasi di atap.

 

Andrew Carre berasal dari Royal Melbourne Institute of Technology mengembangkan rig pemantauan tertentu untuk mengukur suhu udara, kelembaban, kecepatan udara, dan arah hawa di tabung bumi. Menggunakan information logger temperature HOBO U12-013 bersama dengan dua input eksternal sebagai jantung berasal dari proses pemantauan, rig Carre mengakses kunci rahasia tabung bumi - seperti seberapa cepat hawa perlu bergerak untuk efek pertukaran panas yang optimal.

 

Baru-baru ini, information logger CO2 HOBO MX1102 - with Bluetooth-enabled - digunakan untuk mengukur laju infiltrasi hawa melalui tabung bumi. Terry Williamson, asisten profesor di University of Adelaide, lakukan percobaan di mana botol CO2 dilepas ke didalam rumah dan tingkat peluruhannya dihitung melalui information yang dihimpun oleh logger MX1102. Williamson mengatakan ini adalah cara yang lebih dapat diandalkan untuk mengukur infiltrasi hawa sebab standar "blower door" test (di mana rumah bertekanan bersama dengan kipas industri besar) tidak mewakili tekanan khas yang ditemukan di rumah-rumah. Meskipun bagus untuk mengidentifikasi kebocoran hawa (dengan kamera thermal imaging), tekanan tinggi yang tidak lumrah dapat memperburuk dan membuat perubahan hasil, namun proses peluruhan CO2 tidak membuat persoalan ini.

 

 

Temuan menarik lainnya berasal dari logger HOBO MX1102 adalah bagaimana nafas penghuni dapat menambah level CO2. Dan aku tertarik untuk menyaksikan apakah aku dapat gunakan pencatat ini untuk mendemonstrasikan efek penyerapan karbon berasal dari taman didalam ruangan Earthship yang menakjubkan, di mana makanan ditanam di didalam ruangan bersama dengan air laut berasal dari bak mandi, pancuran, dan mesin cuci.

 

Data Logger Portabel jadi alat penelitian perlu yang andal, akurat, dan enteng digunakan dapat memainkan peran perlu didalam pengembangan bangunan yang lebih irit energi. Ditambah lagi, mereka mendapat dukungan oleh perangkat lunak dan fasilitas internet yang luar biasa (HOBOware, HOBOlink, dan aplikasi HOBOmobile) dan tim perlindungan tehnis oleh distributor resmi. Dalam dunia yang ideal, suasana kenyamanan semua bangunan akan dipantau dan information dikembalikan kepada penghuni dan perancang sehingga rumah dan bangunan terus-menerus dapat tetap berkembang dan berinovasi.

 

Carbon Dioxide Data Logger - HOBO MX1102

HOBO MX1102 membuat lebih mudah daripada mengukur dan mencatat CO2 pada bangunan dan lingkungan tanpa kondensasi lainnya. Ini mengukur CO2 dari 0 - 5.000 bagian per juta (ppm) - dan aplikasi HOBOmobile gratis kami * memungkinkan Anda mengakses data langsung dari ponsel atau tablet Anda dalam jarak 100 kaki.

MX1102 juga dilengkapi port USB sehingga bisa digunakan dengan komputer yang menjalankan perangkat lunak grafik dan analisis HOBOware.

 

  • Wireless communication via Bluetooth Smart
  • Six month battery life at 5-minute CO2 logging rate
  • Easy to deploy and offload using free HOBOmobile App
  • Visual and audible high & low alarm thresholds
  • Self-calibrating CO2 sensor technology ensures optimal accuracy at lower maintenance costs

 

Spesification

Temperature Sensor

Range

0° to 50°C (32° to 122°F)

Accuracy

±0.21°C from 0° to 50°C (±0.38°F from 32° to 122°F)

Resolution

0.024°C at 25°C (0.04°F at 77°F)

Drift

<0.1°C (0.18°F) per year

 

RH Sensor*

Range

1% to 90% (non-condensing)

Accuracy

±2% from 20% to 80% typical at 25°C (77°F)

Hysteresis

±2% RH

Resolution

0.01% at 25°C (77°F)

Drift

<1% per year typical

 

CO2 Sensor

Range

0 to 5,000 ppm

Accuracy

±50 ppm ±5% of reading at 25°C (77°F) and 1,013 mbar

Warm-up Time

15 seconds

Calibration

Auto or manual to 400 ppm

Non-linearity

<1% of FS

Pressure Dependence

0.13% of reading per mm Hg (corrected via user input for elevation/altitude)

Operating Pressure Range

950 to 1,050 mbar (use Altitude Compensation for outside of this range)

Compensated Pressure Range

-305 to 5,486 m (-1,000 to 18,000 ft)

Sensing Method

Non-dispersive infrared (NDIR) absorption

 

Response Time

Temperature

12 minutes to 90% in airflow of 1 m/s (2.2 mph)

RH

1 minute to 90% in airflow of 1 m/s (2.2 mph)

CO2

1 minute to 90% in airflow of 1 m/s (2.2 mph)

 

Logger

Radio Power

1 mW (0 dBm)

Transmission Range

Approximately 30.5 m (100 ft) line-of-sight

Wireless Data Standard

Bluetooth Smart (Bluetooth Low Energy, Bluetooth 4.0)

Logger Operating Range

0° to 50°C (32° to 122°F); 0 to 95% RH (non-condensing)

Logging Rate

1 second to 18 hours

Logging Modes

Fixed interval (normal, statistics) or burst

Memory Modes

Wrap when full or stop when full

Start Modes

Immediate, push button, date & time, or next interval

Stop Modes

When memory full, push button, date & time, or after a set logging period

Time Accuracy

± 1 minute per month at 25°C (77°F)

Power Source

4 AA 1.5 Volt batteries (user replaceable) or USB power source (5 V DC, 2 Watts) 

Battery Life

6 months, typical with logging and sampling intervals of 5 minutes or slower; 6 months or less with logging and sampling intervals faster than 5 minutes while logging CO2. Entering burst logging mode will impact battery life. With HOBOmobile use, battery life can be reduced by remaining connected, excessive readouts, checking of Full Status Details, audible alarms, and paging. Visual/audible alarms and other events can have a marginal impact on battery life.

Memory

128 KB (84,650 measurements, maximum)

Download Type

USB 2.0 interface or via Bluetooth Smart

Full Memory Download Time

20 seconds via USB; approximately 60 seconds via Bluetooth Smart, may take longer the further the device is from the logger

LCD

LCD is visible from 0° to 50°C (32° to 122°F); the LCD may react slowly or go blank in temperatures outside this range

Size

7.62 x 12.95 x 4.78 cm (3.0 x 5.1 x 1.88 inches)

Weight

267.4 g (9.43 oz)

Environmental Rating

IP50

 




Produk Terkait dengan artikel Memperoleh Kenyamanan Ruangan Dengan Menggunakan HOBO Data Logger


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji