• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Pemantauan Suhu Pada Pengolahan Makanan Menggunakan Data Logger

Sabtu, 20 April 2024

Fasilitas Pengolahan Makanan di California, National Raisin memproses hampir 50.000 ton kismis dan buah kering setiap tahun. Meskipun memproses begitu banyak kismis dan buah kering, namun kualitas yang diberikan National Raisin tetaplah yang terbaik. Fasilitas ini memiliki reputasi sebagai tempat produksi kismis terbesih di dunia dan hal itu tercantum dalam misi perusahaannya yaitu "Untuk mencapai standar kualitas setinggi mungkin dari setiap Industri Kismis di California."

 

Sebagai bagian dari strategi penjamin kualitas, National Raisin mengandalkan Data Logger bertenaga baterai untuk memantau dan memverifikasi suhu dalam proses produksi besar. Data Logger yang telah lama digunakan oleh fasilitas ini berguna sebagai pemantau suhu dan monitoring sistem kontrol di dalam fasilitas itu sendiri.

 

Data Logger merupakan perangkat perekam elektronik mini yang menggabungkan pemrosesan mikro bawaan, pendeteksian suhu dengan akurasi tinggi serta memiliki daya baterai sendiri. Data logger mudah digunakan, untuk konfigurasinya dapat melalui komputer dan menggunakan aplikasi data logger untuk mengatur berberapa pengaturan. Interval data yang direkam dapat diatur oleh pengguna dan dapat disimpan ke file digital di memori logger, data dapat diambil sewaktu-waktu melalui USB atau Wi-Fi sehingga data dapat dianalisis.

 

National Raisin menggunakan HOBO U12 Stainless Temperature Data Logger dari Onset untuk berbagai aplikasi pemantauan suhu selama proses pengolahan makanan berjalan. Logger ini memiliki sensor presisi yang dapat mengukur suhu dari -40°C hingga 125°C, dan logger ditempatkan dalam casing baja tahan karat yang mampu menahan berbagai kondisi proses, dari pasteurisasi hingga pembekuan dan pencucian.

 

 

Dalam operasi pemrosesan prem kering, data logger suhu diumpankan melalui blancher uap pada sistem umpan kontinu, di mana ia memonitor suhu tertinggi selama interval 15 hingga 30 menit, tergantung pada karakteristik plum mentah. Data dari logger berkorelasi dengan pembacaan pengukur suhu LED pada panel kontrol blancher.

 

Setelah data suhu dikumpulkan selama durasi yang ditentukan, data dipindahkan ke komputer melalui aplikasi data logger dan mengunduh data untuk dilakukan analisis dan pemodelan grafik sehingga mudah dibaca dengan jelas dan menunjukkan lonjakan waktu dan naik-turunnya suhu.

 

HOBO Data Logger digunakan untuk memantau suhu di tangki resapan kismis yang mengandung air pada suhu 82°C hingga 93°C. Di sini, logger dapat digunakan untuk memahami tren suhu pada kismis. Pada saat yang sama, pabrik dapat melacak suhu sterilisasi uap aktual dari tangki interior sehingga pabrik dapat membantu dengan Kosherisasi peralatan dan verifikasi tugas sanitasi tersebut.

 

Sejak Data Logger dibeli pada tahun 2003, manajemen telah mengumpulkan data secara andal di National Raisin meskipun pemantauan dilakukan pada tempat dan kondisi yang sulit untuk pengoperasian alat. Data logger digambarkan sebagai produk yang "tahan termal" dan lebih cocok dalam menangani pemantauan suhu daripada perangkat logger konvensional.




Produk Terkait dengan artikel Pemantauan Suhu Pada Pengolahan Makanan Menggunakan Data Logger


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji