• sales@alatuji.com

     

  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • 0812 9595 7914 (Mr. Parmin)
    0813 1066 1358 (Ms. Eki)
    0812 8333 5497 (Mr. Muslim)
  • 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
    0819 4401 4959 (Mr. Arya)

Menguji Getaran Yang Berlebihan Pada Mesin Industri

Kamis, 28 Maret 2024

Getaran merupakan salah satu adanya masalah atau trouble pada suatu mesin, karena jika pada saat mesin bergetar dengan cepat maka dapat mengakibatkan aus pada mesin sehingga butuh perbaikan dengan cepat agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada mesin industri.

 

Jika mesin indusri mengalami kerusakan sedikit maka harus segera diperbaiki karena nantinya akan merambat hingga kesemua mesin sebab mesin industri terdiri dari komponen yang saling terhubung satu dengan yang lain.

 

Oleh karena itu getaran pada mesin industri harus dianalisa secara menyeluruh karena jika hanya satu komponen saja yang diperbaiki tanpa memperhatikan komponen yang lain maka yang ditakutkan adalah kerusakan pada komponen yang lainnya oleh karena itu harus dianalisa.

 

Bukan itu saja, getaran ini juga harus diwaspadai oleh pekerja atau operator. Pasalnya, tidak sedikit pekerja yang terlukan karena efek dari getaran mesin.

 

VIBRATION METER Digital Display Model-1332b

 

Vibration meter (Alat Uji Getaran)

Vibration Meter adalah alat uji atau instrument yang berfungsi untuk mengukur getaran sebuah benda, misalnya motor, pompa, screen, atau benda bergetar lainnya terutama dalam dunia industri. ... Cara yang dilakukan adalah pengukuran getaran dengan Vibration Meter lalu disesuaikan dengan nilai batas yang telah ditentukan.

 

Ada 2 jenis efek getaran yakni :

Hand Arm Vibration (HAV) : Getaran ini memberikan pengaruh pada tangan operator. Beberapa peralatan dan mesin yang dapat menimbulkan getaran ini yaitu chain saw, bor, gerinda, scalling hammer, dll.

 

Whole Body Vibration (WBV) : Jenis getaran ini berefek pada seluruh bagian tubuh seperti operator alat berat, melakukan pekerjaan di lantai pabrik yang terpengaruh getaran mesin produksi, operator mesin CNC, dan lainnya.

 

Dengan melakukan uji atau Analisa getaran mesin ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat uji yang disebut vibration meter. Namun, dibutuhkan orang yang berpengalaman untuk melakukan uji getaran mesin.

 

Keuntungan yang bisa didapat dengan melakukan pengujian getaran yaitu mengurangi terjadinya kerusakan yang berlebih pada mesin industri sehinga dapat menghemat anggaran untuk perawatan dan perbaikan.

 

Alatuji.com sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pengukuran dan perekaman data dapat menjadi partner terbaik Anda dalam melakukan pengukuran getaran anda dengan didukung instrument yang memadai dan engineering yang berpengalaman. Untuk informasi lebih lanjut terkait konsultasi dan pemesanan, jangan sungkan untuk menghubungi kami di : 

 

Telp : 0813 1066 1358 (Ms. Eki), 0812 9595 7914 (Mr. Parmin), 0878 7867 0721 (Mr. Arya), 0812 1248 2471 (Mr. Alfin)
Email : sales@alatuji.com
Website : www.alatuji.com





NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji