• Alat Uji
  • sales@alatuji.com

     

  • Alat Uji
  • 021 8690 6777
    021 8690 6770
  • Alat Uji
  • 0812 9595 7914
    0813 1066 1358
    0878 7867 0721

Menguji Kekerasan Logam Dengan Leeb Hardness Tester

Jum'at, 6 Desember 2019

Leeb hardness tester adalah alat yang digunakan untuk menguji tingkat kekerasan suatu material, seperti logam, metal dan lain-lain. Lalu, apa itu logam ?

 

Pengertian Logam menurut para ahli kimia

Dalam kimia, sebuah logam atau metal adalah material (sebuah unsur, senyawa, atau paduan) yang biasanya keras tak tembus cahaya, berkilau, dan memiliki konduktivitas listrik dan termal yang baik.

 

Logam Pada Umumnya

Logam umumnya yaitu dapat ditempa atau ditekan permanen hingga berubah bentuk tanpa patah atau retak dan juga fusibel (bisa dilelehkan) dan ulet (dapat ditarik hingga membentuk kawat halus)

 

Logam

Logam atau Metal adalah salah satu dari tiga kelompok unsur yang dibedakan oleh sifat ionisasi dan ikatan, bersama dengan metaloid dan nonlogam. Dalam tabel periodik, garis diagonal digambar dari boron (B) ke polonium (Po) membedakan logam dari nonlogam. Unsur dalam garis ini adalah metaloid, kadangkala disebut semi-logam; unsur di kiri bawah adalah logam; unsur ke kanan atas adalah nonlogam.

 

Nonlogam lebih banyak terdapat di alam daripada logam, tetapi logam banyak terdapat dalam tabel periodik. Beberapa logam terkenal adalah aluminium, tembaga, emas, besi, timah, perak, titanium, uranium, dan zink.

 

Alotrop logam cenderung mengkilap, lembek, dan konduktor yang baik, sementara nonlogam biasanya rapuh (untuk nonlogam padat), tidak mengkilap, dan insulator.

Dalam bidang astronomi, istilah logam seringkali dipakai untuk menyebut semua unsur yang lebih berat daripada helium.

 

industri logam2

 

Sejak 2017, Indonesia sudah mulai memperkuat struktur industry logam. Kementerian Perindustrian bersama pelaku industri logam nasional sepakat menyatukan visi dan misi pada tahun 2017.

 

Ini untuk meningkatkan penguatan struktur industrinya di dalam negeri. Penguatan tersebut dilakukan mulai dari sektor hulu sampai hilir agar bisa saling bersinergi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Dengan diperkuatnya industry logam, sudah dipastikan jika Indonesia sudah lumayan cukup banyak dalam berdiri perusahaan – perusahaan logam(selengkapnya…)

 

Pada industri logam ini dipastikan melewati pengujian. Proses pengujian logam ini merupakan proses pemeriksaan bahan-bahan untuk diketahui sifat dan karakteriknya yang meliputi sifat mekanik, sifat fisik, bentuk struktur dan komposisi unsur - unsur yang terdapat di dalamnya. Salah satu pengujian pada logam ini adalah (leeb hardness tester).

 

Leeb Hardness Tester TH140

 

leeb hardness tester TH140

 

Leeb hardness tester TH140 merupakan salah satu dari banyak alat pengujian logam. Alat uji kekerasan bahan pengukur kekerasan besi alat uji kekerasan logam, material, machine venicle, spare parts. biasanya customer menghitung tingkat tingkat kekerasan untuk mengetahui tensile strenght dengan tidak merusak benda(Non-destructive testing/NDT).

 

Feature

  • Six Impact Devices are available for special application
  • Automatic identification of Impact devices
  • On-Board memory holds 48-350 groups of data
  • Software to connect with PC
  • Upper and lower limit and sound alarm
  • Large LCD with backlight, showing all functions and parameters
  • Press HELP key can obtain operating tips in any displaying interface
  • Direct display of hardness scales HRB, HRC, HV, HB, HS,HL
  • Conversion to tensile strength (U.T.S)
  • For all metallic materials
  • Test at any angle, even upside down
  • Removable printer includedWide measuring range
  • Battery low indication and sound alarm

 

Alatuji sebuah perusahaan yang memberikan solusi mudah untuk pengujian ini. leeb hardness tester ini bisa didapatkan di alatuji.com. Dengan produk unggulan dan terpercaya serta teruji banyak sekali konsumen yang menggunakan produk Time Instrument. Alatuji.com sebagai salah satu grup Time Instrument siap melayani konsumen Indonesia yang berminat untuk menggunakan Produk Time.




Produk Terkait dengan artikel Menguji Kekerasan Logam Dengan Leeb Hardness Tester


 


NEWSLETTER

 

TESTIMONIALS

B2TKS

B2TKS
Sangat jarang perusahaan seperti ini di Indonesia!  Mereka terus-menerus mengikuti perkembangan inovasi engineering test & measurement, “nyambung” berdiskusi teknis dan berpengalaman, memiliki visi pengembangan teknologi pengukuran, pengujian, inspeksi dan monitoring.(Dr.-Ing. Ir. May Isnan - NDT Specialist B2TKS-BPPT)

Chevron

Chevron
Tim kerja Alat Uji dapat diandalkan. Sangat bagus dalam implementasi di lapangan. Secara umum kami puas dengan services nya!(Andre - HSE Chevron)

BPPT

BPPT
Saya baru sekali ini bertemu perusahaan engineering yang eksis seperti ini di Indonesia.  Sangat terbantu dengan solusi yang diberikan, sangat memuaskan!(Muksin Saleh, ST., MT - Fuel Conversion and Pollution Control Specialist, B2TE - BPPT)

BALITBANG

BALITBANG
Sistem monitoring yang disuplai oleh Alat Uji adalah yang tertinggi ratingnya sampai dengan saat ini dibandingkan sistem lain yang pernah kami miliki, Dengan sistem monitoring dari Alat Uji, Pengujian kami jadi lebih terkontrol karena ada visualisasi di sistemnya. (Gatot Sukmara - Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pekerjaan Umum)

 
Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji Alat Uji